Tanggal:13 June 2024

Penggemar Animasi? Yuk Ikuti 8 Tips Ini untuk Membuat Desain Karakter Versimu Sendiri

(Sumber: unsplash.com/moramiller)

Buat kalian yang suka film animasi, terutama penggemar berat Disney atau Studio Ghibli, mungkin sudah tidak asing dengan desain karakter. Pernahkan terbesit di pikiranmu bagaimana mereka membuat desain karakter yang memiliki daya tarik memikat?

Hal tersebut terjadi karena dalam pembuatannya animasi favoritmu melalui serangkaian proses panjang. Desain karakter mungkin terlihat sebagai proses yang rumit, namun sebenarnya siapapun dapat membuatnya dengan mudah dan menyenangkan.

Lalu bagaimana sih cara membuat desain karakter yang menarik dan menyenangkan? Nah, kamu tidak perlu bingung karena Vocasia punya 8 tips yang dapat membantumu untuk membuat desain karakter versimu sendiri. Tunggu apalagi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentukan Konsep

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat desain karakter versimu sendiri adalah menentukan konsep dari karaktermu. Pada dasarnya membuat desain karakter hampir mirip dengan  membuat karakter-karakter fiksi lain seperti novel maupun film. Kamu harus menentukan kesan apa yang ingin kamu tampilkan dari karakter yang kamu  ciptakan. Untuk siapa target dari karakter yang kamu ciptakan. Selanjutnya sederhanakan konsep tersebut menjadi satu kalimat deskriptif. Konsep tersebutlah yang menjadi modal kamu untuk mengembangkan dan memperkuat karakter yang kamu ciptakan.

Baca juga: Membuat website gratis

2. Buat Latar Belakang

Tips kedua yaitu membuat latar belakang cerita. Buatlah cerita seolah-olah karakter yang kamu ciptakan mempunyai kehidupan sebenarnya. Deskripsikanlah dimana tempat tinggal mereka, bagaimana cara mereka menjalankan kehidupannya dan informasi pendukung lainnya. Informasi pendukung ini bisa kamu dapatkan dari hasil pengamatan dan penelitian ke berbagai tempat, budaya, dan profesi sehingga kehidupan dari karakter yang kamu ciptakan benar-benar hidup. Nantinya dengan bantuan latar belakang inilah, kamu dapat mengembangkan desain karakter versimu sendiri. 

Baca juga: Membuat konten youtube yang menarik

3. Tentukan Jenis Karakter

(Sumber: pixabay.com/irissnebula)

Tips ketiga untuk membuat desain karakter versimu sendiri ialah menentukan jenis karakter. Pada tahapan ini mengharuskan kamu menentukan termasuk ke dalam kategori mana jenis karakter yang kamu ciptakan. Apakah masuk ke dalam kategori manusia, hewan, tumbuhan atau lainnya. Penentuan jenis karakter ini tidak terbatas hanya pada karakter yang berasal dari bumi. Kamu bisa mengkreasikan dan menggunakan imajinasimu jenis karakter baru, seperti sosok peri, robot, monster bahkan alien. Jadi kamu tidak perlu takut untuk berkreasi pada karakter yang akan kamu ciptakan.

Baca juga: tips mengatur waktu

4. Berikan Sentuhan Kehidupan

(Sumber: pixabay.com/saydung89)

Salah satu tips penting ketika membuat desain karakter versimu sendiri adalah memberi sentuhan kehidupan. Yang dimaksud dalam memberikan sentuhan kehidupan ialah memberikan nama, menentukan bentuk kepribadian, dan menentukan bentuk fisik pada karakter yang kamu ciptakan. Pemberian nama harus kreatif. Kamu juga dibebaskan untuk eksplorasi bentuk tubuh dan rupa dari karakter yang akan kamu ciptakan. Karena bentuk fisik tersebutlah yang akan memperkuat penampilan desain karakter versimu sendiri.

Pemberian nama, penentuan bentuk kepribadian dan bentuk fisik karakter hendaknya selaras dengan latar belakang cerita yang telah kamu buat. Sehingga akan memudahkan kamu untuk merealisasikan ke dalam bentuk desain karakter yang ciamik.

Baca juga: trik agar lulus test cpns 2021

5. Beri Komponen Pendukung

(Sumber: pixabay.com/saydung89)

Tips kelima dalam membuat desain karakter versimu sendiri ialah memberikan komponen pendukung. Komponen pendukung tersebut terdiri dari style, baju, aksesoris dan warna karakater. Dalam pemberian komponen pendukung pada karakter buatanmu, kamu dianjurkan untuk mengkreasikan sesuka hatimu. Berikan ciri khas yang berbeda pada style, baju, aksesoris karakter yang kamu ciptakan.

Berhati-hati saat memberikan warna pada karakter ciptaanmu. Sebab setiap warna memiliki artinya tersendiri. Bereksperimenlah dengan warna, berilah warna yang belum pernah digunakan untuk karakter versimu sendiri. Hal tesebut dapat memperkuat penampilan karakter buatanmu dan menciptakan kesan sendiri bagi audien yang melihat.

Baca juga: Cara social media marketing

6. Buatlah Pose yang Dinamis pada Karakter

Tips keenam adalah membuat pose yang dinamis pada karakter. Hal ini dimaksudkan untuk membuat karakter yang kamu ciptakan terlihat lebih hidup. Kamu harus menciptakan pose dengan berbagai gerakan. Tuangkan semua kreativitas dan imajinasi yang kamu miliki. Jangan takut untuk menciptakan pose yang unik. Selain dari imajinasimu, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari dengan memperhatikan orang sekitar atau melihat pose melalui fotografi. Namun yang perlu diingat pose dinamis tersebut harus selaras dengan latar belakang cerita yang telah kamu buat.

Baca juga: Tips menjadi barista

7. Buatlah Ekspresi Wajah Karakter

(Sumber: pixabay.com/saydung89)

Tips ketujuh dalam membuat desain karakter versimu sendiri ialah membuat ekspresi pada karakter. Ekspresi merupakan alat komunikasi utama dalam desain karakter. Kamu harus membuat bermacam-macam ekspresi untuk mewakili perasaan karakter. Dalam pembuatan ekspresi karakter kamu harus memperhatikan detail seperti alis, mata, mulut saat berekspresi. Hal tersebut akan membantumu saat mendesain karakter.

Baca juga: Pengertian investasi reksadana

8. Buatlah Beberapa Versi Karakter

Tips yang terakhir dalam membuat desain karakter versimu adalah membuat beberapa versi karakter. Kamu harus melakukan eksplorasi terhadap desain karakter yang kamu ciptakan. Hal yang dapat lakukan adalah mencoba memadupadankan style dan baju dari karaktermu, sehingga tercipta beberapa versi berbeda. Dari percobaan tersebut kamu dapat menentukan mana versi yang lebih cocok dengan latar cerita yang telah kamu buat.

Baca juga: Tips agar karyawan betah bekerja bersamamu

Nah, sekian 8 tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat desain karakter versimu sendiri. Kunci utama dalam menciptakan desain karakter versimu adalah dengan tidak takut untuk eksplorasi kreativitas yang kamu miliki. Jangan lelah untuk mencoba. untuk mengetahui tips-tips lain tentang animasi 3D dan desain lainnya kamu bisa cek dan update di Vocasia.id!

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *