Tanggal:20 July 2024

6 Tips Menjadi Seorang Barista

tips menjadi seorang barista

Istilah barista akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan terlebih lagi dikalangan pecinta kopi yang sering duduk di kedai kopi. Meningkatnya peminat kopi maka meningkat pula kreasi kopi dan meningkat pula peminat untuk menjadi seorang barista kopi. Kata barista sendiri datang dari bahasa Itali yang berarti pelayan bar dan merupakan posisi yang terhormat.

Baca Juga : Cara Untuk Kalian Yang Ingin Menjadi Barista

Profesi barista sangat penting bagi sebuah kedai kopi, bar kopi, atau pun coffee shop karena kopi barista merupakan kunci keberhasilah sebuah kedai kopi. Hal tersebut dikarenakan barista merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan penuh keterampilan dimana seorang barista melakukan pengukuran seberapa tinggi suhu dan besar tekanan dalam pembuatan espresso. Karena kesulitan dalam proses pembuatan espresso secara manual inilah yang membuat banyak anak muda mulai menggeluti profesi barista.

Baca Juga : Perbedaan Barista Dan Bartender

Langkah – langkah menjadi Barista

kopi diseduh
Kopi americano berbahan espresso dan air panas – @pixabay.com

1. Memahami Jenis – jenis Kopi

Pengetahuan tentang kopi harus dimiliki oleh setiap barista karena kopi merupakan titik inti dari dunia kebaristaan yang akan kamu masuki. Pengetahuan yang perlu kamu pelajari dimulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi. Bila kamu hanya meminum frappe dan kopi-kopi bercampur gula dan krim maka sekarang saatnya kamu coba menikmati cappuccino tanpa gula untuk lebih masuk ke kopi itu sendiri. Jika pengetahuan kopi telah tamat, maka kamu siap untuk pindah ke langkah selanjutnya.

2. Berlatih Meracik Kopi Dengan Baik

Kopi yang berkualitas tak akan datang sendiri dari tangan seorang barista, diperlukan komitmen dan kesabaran yang tinggi karena untuk menumbuhkan feel meracik kopi tidak akan didapatkan dalam hitungan hari. Latihan yang banyak bisa menjadi kunci yang harus kamu pegang. Kamu bisa belajar dan berlatih sendiri dari buku, internet, atau berdiskusi dengan sesama pecinta kopi, dimana kamu jangan malu untuk bertanya serta banyak mencoba walaupun pada awalnya menemui kegagalan.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi Americano Tanpa Mesin

3. Melihat Tutorial Youtube Atau Ikut Kelas Training

Bila ilmu yang kamu miliki sudah ada dan pola pikirmu tentang kopi sudah mulai terbentuk, maka kamu bisa mengikuti kelas barista yang terbagi dua yaitu basic dan latte art. Pada kelas basic kamu akan diajarkan teori dasar tentang kopi, mulai dari berbagai jenis kopi hingga ke metode penyeduhan kopi, yang mana sesi akhir kelas ini akan menghasilkan kopi espresso dalam percobaan pertamanya

4. Mencari Pengalaman Bekerja Di Kedai Kopi

Dengan praktik langsung kamu akan menjadi lebih dekat untuk menjadi seorang barista yang profesional dimana kamu bisa mengikuti program magang sebuah kedai kopi. Selama program magang kamu akan belajar banyak hal bukan hanya tentang kopi namun pada rekan kerja, tanggung jawab yang dipikul, jenjang karier, maupun suasana kantor.

5. Mengikuti Komunitas Kopi

Supaya ilmu yang kamu miliki tetap berkembang maka tak ada salahnya kamu mencoba ikut bergabung dalam komunitas kopi yang terdapat di kotamu. Kamu bisa juga bergabung ke Komunitas Pecinta Kopi Noesantara dimana kamu akan belajar lebih dalam tentang seluk beluk kopi yang tidak akan pernah kamu dapatkan dibuku atau internet, karena diskusi akan menjadi lebih asik bila kamu berkumpul dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama soal kopi.

6. Mencari Tahu Mengenai Kopi

Dengan banyak membaca berarti membuka pengetahuanmu akan perkembangan kopi di dunia. Menjadi barista yang hebat tidak harus melulu soal pembuatan resep kopi barista yang nikmat, tetapi bagaimana caranya kamu dapat mengembangkan ilmu yang sudah kamu miliki menjadi lebih berkembang pesat untuk menaikan kualitasmu sebagai seorang barisata.

Kesimpulan

Jalan menjadi seorang barista penuh perjuangan dan jerih payah. Namun di balik itu semua, kepuasan saat menyeduh kopi barista terlezat untuk pecinta kopi benar-benar tak bisa ditandingi oleh apapun juga. Yuk tetapkan langkahmu jadi barista, dan jangan menyerah mencoba tips dan panduan yang kami berikan di atas!

Baca Juga : Skill Yang Harus Dimiliki Barista

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *