Tanggal:13 June 2024

5 Tempat Wisata Keren di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi, Apa Aja Ya?

wisata-bromo

1. Raja Ampat

Baca Juga | 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia 2021

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia-lah tempatnya. Kepulauan yang berada di ujung barat laut pulau Papua ini memang sudah dikenal luas sebagai ‘tambang emas’ bagi para penggila petualangan. Sedangkan, bagi para penyelam dalam dan luar Indonesia, Raja Ampat dianggap sebagai surga yang tidak dapat diungkapkan kata-kata. Satu-satunya cara untuk membuktikan berbagai pendapat ini adalah dengan datang langsung menikmati ‘sang mutiara’ di ujung Papua ini.

Raja Ampat – Source: upload.wikimedia.org

Baca Juga | Tempat Wisata Untuk Kamu Petik Buah, Dimana Aja Ya?

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten dan merupakan bagian dari Propinsi Papua Barat. Untuk mencapai Kepulauan ini, kita harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan banyak menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai kota Sorong, kita dapat menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam saja dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai Raja Ampat.

2. Pulau Seribu

Terletak di Utara Jakarta, ada Kepulauan Seribu yang tentunya sudah tidak asing di telinga traveler ibukota. Karena jaraknya yang dekat dari pusat Jakarta, menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi favorit traveler pecinta pantai.

Baca Juga | 7 Pantai di Jogja ini Wajib Kamu Kunjungi!

Pulau Seribu – Source : maritim.go.id

Traver pun bisa mampir ke Pulau Kelor atau Onrust untuk wisata sejarah. Jika ingin seru-seruan, ada Pulau Tidung hingga Pari dan lainnya yang bisa dikunjungi. Apabila ingin bulan madu atau berduaan dengan pasangan, ada Pulau Macan dan Pulau Pantara.

Pemerintah sendiri telah menetapkan Kepulauan Seribu sebagai satu dari 10 destinasi prioritas yang akan dikembangkan. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, traveler cukup naik perahu motor dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Karang sekitar dua jam.

Baca Juga | 7 Tempat Untuk Kamu Healing di Bandung, Super Nyaman!

2. Bromo

Rasanya tidak lengkap menyebut destinasi terbaik tanpa menyertakan nama Bromo. Masuk ke dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tak sedikit wisatawan nusantara hingga asing yang berkunjung untuk mengagumi keindahannya.

Baca Juga | 6 Makanan Khas Jawa Timur!

Bromo – Source : @ShutterStock

Melihat dahsyatnya sunrise dengan latar Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Pananjakan, sampi foto seru di Bukit Teletubbies dan padang gurun Bromo. Bagi yang gemar petualangan, bisa seru-seruan bareng naik Jeep.

Sejumlah event seru pun rutin diadakan di Bromo. Contohnya seperti perayaan budaya Yadnya Kasada hingga perhelatan Jazz Gunung, sejumlah event yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga | 10 Makanan Khas Surabaya!

3. Pulau Komodo

Pulau Komodo memang jadi destinasi terbaik untuk dikunjungi. Kesempatan melihat hewan purba yang sudah ada sejak ribuan tahun silam sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga | Tertarik Berbisnis Travel? Simak Dulu 5 Tips Ini!

Panorama indah Pulau Padar juga jangan sampai terlewat. Meski untuk melihatnya, traveler perlu berpeluh-peluh trekking terlebih dahulu, namun semuanya sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

Pantai Pink yang menggoda juga pasti akan menarik perhatian traveler. Foto-foto di pantai berwarna unik ini pastinya akan jadi koleksi berharga di akun Instagram kamu.

Baca Juga | 6 Tips Cara Menabung Agar Keuanganmu Terjaga.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi budha terbesar di dunia dan ada di Indonesia. Kadang kita suka lupa dengan ini ya. Di negara kita banyak peninggalan yang sifatnya luar biasa, namun malahan kita anggap biasa saja.

Candi Borobudur – Source : upload.wikimedia.org

Baca Juga | 7 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Kamu Doyan!

Megahnya artitektur candi borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia. Sudah ditetapkan langsung oleh UNESCO. Wisata ke candi borobudur bisa bermanfaat banyak buat kita. Selain liburan, sekaligus juga belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dulu.

5. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai “Tîr na Nôg” mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Baca Juga | Tips Kerja Sambil Liburan dengan Mudah

Gili Trawangan – Source : cdn-2.tstatic.net

Trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Baca Juga | 10 Cara Meningkatkan Mood Kamu, Di Jamin Ampuh

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.pa

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar

Baca Juga | 7 Pantai di Jogja ini Wajib Kamu Kunjungi!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *