Tanggal:12 May 2024

5 Kebiasaan Buat Kamu Mudah Mengatur Waktu, Coba Yuk!

Semua orang diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh 24 jam sehari. Satu hari tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Terkadang 24 jam belum juga cukup untuk kita habiskan sehari-hari. Oleh sebab itu, cara mengatur waktu yang baik akan menentukan keberhasilan kamu untuk banyak mencapai segala hal seperti pekerjaan, karir, keluarga, sosial dan dirimu sendiri.

Mengatur waktu atau sering kita kenal dengan istilah time management harus dibuat dengan baik karena sedikit kesalahan akan berdampak kepada segala aspek. Untuk mengurangi rasa stres karena dikejar banyak deadline, alangkah lebih baik kamu dapat membuat time management yang baik agar hidup terasa lebih damai dan tentram.

Tips Mengatur Waktu

Mengatur waktu dengan baik jadi tantangan tersendiri buat kamu, sebab banyak cara yang bisa kamu lakukan tapi tidak akan sempurna. Hal tersebut akan kembali pada situasi yang melingkupimu sehari-hari. Selain itu, perasaan dan suasana hati yang kamu ciptakan kepada dirimu sendiri akan berpengaruh terhadap waktu yang akan kamu habiskan dalam sehari.

Berikut ini 5 tips ini bisa kamu jadikan kebiasaan agar dapat mudah mengatur waktu dan mampu meningkatkan produktivitasmu sehari-hari.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Bisnis

1. Kenali diri dan tujuan hidup

Kenali diri dan ketahui tujuan hidup. Sumber: pexels.com

Untuk mengatur waktu dengan baik, kamu perlu melakukan strategi yang sesuai dengan kepribadianmu sendiri. Tidak semua strategi time management seseorang bisa dilakukan untuk semua orang. Kamu perlu mengenali dirimu sendiri dengan mengetahui apa tujuan hidup kamu? Apa yang ingin kamu tuju dibeberapa tahun kedepan? Dan cara hidup seperti apa yang kamu inginkan dimasa yang akan data? Semua akan bergantung pada diri sendiri dan apa yang kamu lakukan saat ini.

Sederhananya, kamu dapat mengenali diri dan tujuan hidupmu dengan menjabarkannya melalui tulisan atau dengan cara ternyaman versi kamu. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa yang menjadi hambatan kamu dalam menggapai tujuan tersebut. Ketahui segalanya secara eksplisit agar kamu dapat betul-betul menyadarinya.

Baca Juga : 7 Alasan Kamu Harus Open Minded

2. Catat kegiatan penting

Pentingnya mencatat kegiatanmu mulai dari yang terpenting. Sumber: pexels.com

Mengetahui tujuan hidup terlebih dahulu akan memudahkan kamu mencatat berbagai pekerjaan penting yang dapat kamu lakukan esok hari dan seterusnya. Buat skala prioritas terhadap kegiatan yang perlu kamu jalani. Kamu tidak mungkin mengerjakan seluruhnya secara bersamaan.

Jadwalkan segera hal-hal penting yang dapat kamu lakukan satu persatu. Melansir dari satupersen.net, menurut pakar psikologi Beverly Flaxington, fokuskan diri kepada Top 3 Prioritas di hari itu. Walaupun konsentrasi kamu terpecah, tetap fokus untuk menyelesaikan 3 prioritas yang perlu kamu selesaikan segera.

Baca Juga : Cara Menerima Diri Sendiri

3. Fokus dalam mengerjakan sesuatu

Fokus saat memulai pekerjaan. Sumber: pexels.com

Setelah menentukan jadwal dari skala prioritas yang kamu miliki, kamu juga perlu segera menyelasaikannya. Terkadang kita banyak mengalami kesulitan saat harus fokus mengerjakan sesuatu, nih. Untuk itu, pertama-tama kamu bisa mencoba untuk berada dalam kondisi dan tempat paling nyaman sepeti ruang kerja, cafe, atau bahkan saat berada di kamar. Kedua, jauhkan segala hal yang mengganggu konsentrasi kamu. Misalnya kamu cenderung membuka ponsel disaat mengerjakan sesuatu, maka matikan atau kunci ponselmu saat kamu perlu menyelesaikan pekerjaan yang mengharuskan kamu memiliki konsentrasi tinggi.

Baca Juga : Tips Hidup Bahagia dari Hal yang Kecil

Baca Juga : Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

4. Hentikan kebiasaan menunda

Stop menunda-nunda pekerjaan. Sumber: pexels.com

Kebiasaan menunda ini sering tanpa sadar dilakukan dan terus berkelanjutan. Tanamkan dipikiranmu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Menunda hanya akan membuat kamu menyelesaikan pekerjaan secara terburu-buru. Selain itu, mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru tidak membuat pekerjaan kita maksimal, kebanyakan yang terjadi malah menimbulkan banyak kesalahan. Gak mau kan kalau sampai itu terjadi? Kamu juga bisa mengatasi kebiasaan menunda dengan membaca artikel berikut

5. Buat target dengan estimasi waktu

Tetapkan target dengan menyesuaikan estimasi waktu. Sumber: pexels.com

Buat target yang ingin kamu capai dalam kurun waktu tertentu. Hal ini bisa dengan mudah kamu ketahui jika terbiasa melakukan cara-cara sebelumnya di atas. Setiap pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan pasti terdapat target yang juga berhasil kamu raih. Entah itu berupa pengetahuan maupun pengalaman baru saat menyelesaikan sesuatu. Efisiensikan segala hal dengan estimasi waktu yang tepat. Saat kamu menentukan target, kamu perlu tau kapan kamu akan meraih target tersebut. Hal tersebut tidak hanya membuat kamu konsisten, tetapi kamu juga bersemangat untuk dapat mencapai suatu hal.

Nah, itu dia 5 kebiasaan yang bisa kamu terapkan agar mudah mengatur waktu. Perlu digarisbawahi bahwa time management yang baik akan kamu dapatkan ketika kamu berusaha mencoba kebiasaan yang pas dan nyaman untuk kamu sendiri, Pastikan semuanya kamu lakukan dengan maksimal, ya! Tips lainnya bisa kamu akses lebih lanjut disini. Kamu juga dapat menemukan berbagai pelatihan online dengan klik tautan berikut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hubungan Toxic Pasangan

Baca Juga : Cara Komunikasi yang Baik dengan Orang Tua

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *