Tanggal:04 May 2024

5 Alasan Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sejak dahulu kala, manusia di kenal sebagai makhluk tuhan yang paling cerdas. Hal ini dibuktikan bahwa manusia telah hidup berabad-abad. Manusia mampu membangun peradaban kehidupan, bangunan-bangunan megah, menciptakan ilmu pengetahuan, seni, dan adat budaya yang diteruskan turun temurun. Manusia memiliki kecerdasan yang khas yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.

Setiap manusia memiliki beberapa kecerdasan yang ada pada dirinya. Pertama ada kecerdasan intelektual IQ, yaitu kecerdasan dalam berpikir dan bertindak secara logis. Yang kedua kecerdasan spritual SQ, yang merupakan kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya dalam nilai-nilai positif spriritual. Ketiga kecerdasan emosional SQ, yaitu kemampuan mengerti dan mengendalikan emosi. Dan yang terakhir kecerdasan AQ, yaitu kecerdasan seseorang dalam mengatasi tantangan atau kesulitan hidup tanpa merasa putus asa.

Kecerdasan intelektual atau IQ selama ini sering dijadikan tolak ukur kesuksesan seseorang khususnya dalam bidang akademik. Kecerdasan lain yaitu SQ atau kecerdasan spiritual, dan kecerdasan Aq atau kecerdasan ilmu ketahanan juga tidak kalah pentingnya. Selain tiga kecerdasan tadi ada hal lain yang tak kalah penting yaitu kecerdasan emosional atau EQ. Penelitian menjelaskan bahwa kecerdasan EQ berkontribusi 2 kali lebih penting dalam mempengaruhi kesuksesan dalam kehidupan seseorang dibandingkan kecerdasan IQ. 

Elemen Kecerdasan Emosional, Apa Sajakah ?

Dikutip dari pip unpad, kecerdasan emosional EQ memiliki lima elemen yang penting untuk menunjang seseorang sukses dalam berkehidupan sosial. Berikut dibawah ini ulasannya!

Self Awareness: Kemampuan seseorang dalam mengenali emosi, kemampuan, kekuatan, kelemahan dan batasan diri.

Self Regulation: Kemampuan seseorang dalam mengontrol emosi dan tindakan dengan baik sehingga jauh dari tindakan impulsif yang merugikan.

Motivation: Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dengan baik.

Emphaty: Kemampuan seseorang memahami dan menumbuhkan koneksi dengan orang lain secara emosional.

Social skill: Kemampuan seseorang untuk dapat berkomunikasi dan membangun relasi dengan baik.

Kecerdasan emosional memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat, termasuk didalamnua membina hubungan, dan bersosialisasi. Selain itu masih ada beberapa alasan penting yang harus kamu ketahui apabila memiliki kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari. Simak ulasannya dibawah ini yuk!

5 Alasan Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

1. Memiliki Ketenangan Jiwa

Ilustrasi Pria Duduk Tenang(pexels.com/s migaj)

Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional, pasti mampu untuk mengendalikan dirinya sendiri. Disaat mampu mengendalikan diri, maka seseorang dapat memeroleh ketenangan jiwa. Karena ketenangan jiwa didapati dari menghindari hal-hal yang dapat membuat seseorang merasa stress, ataupun memiliki pikiran yang negatif.

Seseorang yang memiliki ketenangan jiwa, maka dalam kehidupannya akan sangat bermakna. Karena segala bentuk kecemasan yang datang akan dapat dihadapi dengan baik. Selain itu seseorang yang memiliki ketenangan jiwa maka mereka mencintai diri sendiri. Mengapa demikian ? karena bagaimana mungkin kamu tidak tenang saat mencintai dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri akan dapat membuatmu menggali segala potensi yang kamu punya.

2. Mampu Mendewasakan Diri

Ilustrasi Seorang Wanita Berjalan(pexels.com/julia avamotive)

Kecerdasan emosional membuat seseorang mampu mengontrol emosi yang ada di dalam dirinya, Alhasil hal tersebut mampu membuat seseorang mendewasakan dirinya. Saat seseorang mampu mengontol dirinya, maka mereka mengerti apa yang salah, dan apa yang benar. 

Seseorang yang sudah dewasa secara emosional membuat semua keputusannya dibuat dengan pertimbangan yang matang-matang. Selain itu seseorang yang dewasa tidak menyimpulkan keputusan dengan secara langsung. Namun mereka mencari fakta-fakta yang ada terlebih dahulu.

3. Bisa Bersikap Terbuka dan Bijaksana

Ilustrasi Seorang Pria Paruh Baya(pexels.com/andrea piacquadio)

Sikap terbuka dan bijaksana sangat berperan penting dalam kegiatan bersosialisasi. Karena dengan adanya sikap terbuka dan bijaksana maka akan menghindari dari segala pertentangan yang ada di antara banyak orang di kehidupan nyata. Salah satu alasan mengapa seseorang penting mempunyai kecerdasan emosional adalah karena dengan kecerdasan ini, seseorang mampu dalam mengendalikan emosi pada dirinya. Seseorang yang mampu mengendalikan emosi pada dirinya, seseorang tersebut dapat berpikiran terbuka dan membuat segala keputusan dengan bijaksana.

Berpikiran terbuka dalam hal ini adalah seseorang memiliki bentuk pemikiran yang tidak dibatasi oleh pikiran-pikiran yang tertutup. Namun masih berpegang teguh terhadap norma-norma yang ada pada masayarakat.

4. Menjadi Pribadi Yang Sabar

Ilustrasi Puzzle Melatih Kesabaran(pexels.com/tara winstead)

Pengendalian emosi yang baik atau disebut juga kecerdasan emosional mampu menumbuhkan sikap kesabaran diri. Sebab, segala sesuatu hal yang mampu memicu perasaan emosional dapat dikendalikan dengan baik. Seseorang yang mampu mengendalikan emosi, maka akan dapat menghadapi segala permasalahan yang terjadi dengan sabar. Mereka mampu menahan amarah, dan mengubahnya menjadi pikiran yang tenang agar bisa menyelesaikan masalah yang terjadi. 

Sabar merupakan salah satu cara menahan emosi yang bisa dilakukan. Namun sikap sabar ini perlu dilatih agar bisa tertanam dalam diri seseorang. Untuk itu penting sekali memiliki pengendalian diri agar bisa memiliki sikap sabar.

5. Menjadi Pribadi Yang Positif

Ilustrasi Tangan Jempol(pexels.com/donald tong)

Pengendalian emosi dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang positif. Karena mereka membuang semua pikiran-pikiran negatif yang hadir di dalam kepalanya. Melalui pengendalian diri mereka bisa menyaring apa saja yang baik untuk dirinya sendiri.

Nah itu tadi lima alasan mengapa kecerdasan emosional itu penting dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sukses!

Baca Juga : 7 Cara Berkomunikasi Yang Efektif Di Dunia Kerja

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *