Tanggal:16 May 2024

10 Cara Meningkatkan Mood Kamu, Di Jamin Ampuh

Suasana hati atau yang biasa di sebut juga dengan mood bisa berubah setiap saat. Mood merupakan keadaan emosional yang timbul pada diri seseorang. Di lansir dari halo doc, pada dasarnya perasaan mood ini terbagi menjadi dua. yaitu suasana hati yang baik good mood dan suasana hati yang buruk bad mood. Memang timbulnya mood tidak berlangsung lama bisa sementara dalam hitungan menit , ataupun hari. Namun walaupun begitu mood yang buruk bad mood ini dapat menghambat aktivitasmu lho!

Apa itu Moody ?

Saat dalam suasana hati yang buruk, kebanyakan orang cenderung menjadi tertutup dan tidak ingin bertemu dengan orang lain. Selain itu bad mood membuat seseorang merasa sulit dalam mengontrol emosi. Kemudian timbul perasaan-perasaan yang tidak karuan, alhasil akan sulit berkonsentrasi saat melakukan sesuatu. Nah di sisi lain, ada pula orang yang selalu merasa suasana hati bisa berubah-ubah setiap saat. Orang yang mengalami hal tersebut kerap di panggil moody, atau si nggak mood-an. Apakah kamu termasuk si moody ini teman-teman ? 

Setiap orang pasti selalu menginginkan suasana yang baik setiap saat. Suasana hati yang buruk bad mood ini pasti sangat menyiksa sekali untuk si moody. Karena bad mood bisa merusak segalanya, baik itu untuk aktivitas yang sedang dilakukan, maupun dalam berkomunikasi dengan orang lain. Saat seseorang tidak mood, dirinya ingin sekali untuk tidak diganggu pada waktu itu.

Namun segala pekerjaan harus segera diselesaikan, pada akhirnya itu akan menghambat semuanya. Belum lagi kalau ada yang mengajak berbicara saat suasana hati tidak karuan. Ini nih yang bisa membuat kesalahpahaman. Dan nantinya pun si moody juga akan menyalahkan dirinya sendiri, dengan sifatnya yang tidak mood-an itu.

Untuk kamu yang sering banget nih, nggak mood-an. Kamu bisa lho, mengelola pikiranmu agar bisa meningkatkan good mu dengan baik. Gimana caranya nih ? eitss gak perlu khawatir. Di artikel ini udah dirangkum sepuluh cara yang bisa kamu lakuin untuk meningkatkan mood kamu, di jamin ampuh. Simak dibawah ini yuk!

10 Cara Meningkatkan Mood Kamu

1. Tidur Yang Cukup

Ilustrasi Wanita Sedang Tidur(pexels.com/ron lach)

Coba deh kamu jujur, kapan terakhir kali kamu tidur nyenyak dan bangun di pagi hari dengan perasaan nyaman ?. Kalau kamu memiliki kualitas tidur yang kurang baik, kamu perlu sekali untuk mengatasinya. Karena tubuhmu sangat membutuhkan tidur yang cukup agar bisa menopang segala aktivitas yang kamu kerjakan setiap hari.

Tidur yang cukup dapat membantu kamu untuk menghilangkan segala penat dalam pikiranmu, sehingga dapat meningkatkan mood. Selain itu tidur yang cukup juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tidur yang cukup membuat imun tubuh kita kuat, sehingga membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang di terbitkan pada The Journal Of Experimental Medicine. Bahwa periset menemukan tidur cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T yang berperan dalam melawan infeksi penyakit.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

2. Mendengarkan Musik

Ilustrasi Wanita Mendengarkan Musik(pexels.com/andrea piacquadio)

Kamu bisa meningkatkan mood mu dengan mendengarkan musik. Dilainsir dari mainmain.id. Berdasarkan apa yang dipublikasikan di Mamiverse, para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat mengatakan bahwa dengan mendengakan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh kita menghasilkan hormon dopamin. Meningkatnya hormon dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik. Dengarkanlah musik dengan genre yang kamu sukai, agar kamu bisa mendapatkan rasa bahagia. Sehingga hal itu bisa meningkatkan moodmu.

3. Menonton Film

Ilustrasi Menonton Film(pexels.com/pavel danilyuk)

Menonton film akan membuat beban pikiranmu terlepas, serta memberi efek rileks dan menenangkan. Kamu bisa mencoba menonton film dari genre yang kamu suka. Seperti kamu menonton film dengan genre comedy. Maka candaan yang ditayangkan di film akan membuatmu sangat terhibur.

4. Main Game

Ilustrasi Main Game(pexels.com/jeshoots)

Walaupun main game sering dianggap negatif, karena terkadang seseorang yang main game sering lupa waktu. Namun nyatanya main game juga merupakan aktivitas yang bisa membuat pikiranmu rileks lho!. Dengan bermain game kamu akan mengalihkan perhatianmu kepada permainan game yang lebih seru. Tapi yang perlu kamu ingat, jangan berlebihan dalam bermain game ya!

5. Makan-Makanan Yang Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat(pexels.com/trang doan)

Jika kamu konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan maka akan membuat tubuhmu sehat.Tubuh yang sehat akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Sehingga dapat mengusir bad mood dan mengubahnya menjadi good mood. Sesuai dengan istilah yang sering dipakai oleh netizen saat ini good food is good mood. Karena makanan yang baik akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

6. Kumpul Dengan Teman-Teman

Ilustrasi Teman-Teman(pexels.com/diva plavaguna)

Berkumpul dengan teman-teman juga merupakan alternatif cara agar kamu bisa meningkatkan moodmu. Candaan dan tawa dari mereka bisa menghibur kamu disaat tidak mood. Mungkin kamu akan jadi tertutup saat tidak mood. Tapi beberapa diantara orang yang mengalami bad mood dikarenakan ada masalah yang menimpa dirinya. Nah maka dari itulah teman-temanmu hadir sebagai support systemmu. Kamu bisa curhat, dan mengeluarkan keluh kesah yang ada di dalam dirimu.

7. Relaksasi Diri

Ilustrasi Relaksasi Diri(pexels.com/andrea piacquadio)

Kamu bisa merelaksasikan dirimu agar moodmu menjadi meningkatkan. Kamu bisa melakukan yoga, ataupun pijat relaksasi agar tubuhmu bugar dan pikiranmu menjadi lebih tenang.

8. Berolahraga

Ilustrasi Olahraga(pexels.com/anna shvets)

Dengan berolahraga tubuhmu menjadi lebih segar dan sehat. Olahraga yang rutin dapat membuat pikiran kita jauh lebih tenang dan good mood kita menjadi meningkat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian baru yang menyebutkan bahwa olahraga mampu menurunkan peluang depresi hingga 26 persen.

9. Kurangi Berselancar Di Sosial Media

Ilustrasi Sosial Media(pexels.com/pixabay)

Hiruk pikuk di sosial media sering membuat kepala kita berdenyut pusing, dan alhasil kamu menjadi bad mood. Oleh karena itu, coba deh kurangi melihat-lihat hal-hal di sosial media. Yang perlu kamu tanamkan adalah apa yang sosial media tampilkan tidak seindah apa yang menjadi kenyataannya. Jadi jika kamu mengurangi melihat isi sosial media tidak akan membuatmu kekurangan banyak hal.

10. Liburan

Ilustrasi Liburan(pexels.com/telens fix)

Cara terakhir yang ampuh banget bisa kamu lakuin untuk meningkatkan mood kamu adalah pergi berlibur. Setiap orang pasti suka sekali kalau ditawarkan liburan. Apalagi jika liburan ketempat rekreasi alam yang bisa menjadi penyejuk hati di saat segala ketidak mood-an itu melandamu.

Nah, Itu tadi sepuluh cara meningkatkan mood kamu, yang pastinya dijamin ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *