Tanggal:16 May 2024

Mengenal People Development, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Sobat pernah mendengar istilah “People Development” dalam konteks bisnis dan perusahaan? Mungkin bagi sebagian orang People Development terdengar asing, tapi People Development sangat berpengaruh lho dalam berkembangnya suatu perusahaan. Jadi, sebenarnya apa itu People Development? Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang people development, coba simak artikel Vocasia berikut!

Apa Itu People Development?

Pada dasarnya People Development adalah suatu pendekatan yang terfokus pada pertumbuhan dan perkembangan karyawan di suatu perusahaan. Ini tidak hanya sebatas memberikan karyawan pelatihan teknis atau keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan mereka, tetapi tentang membantu mereka menjadi versi terbaik diri mereka sendiri secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan Dan Perusahaan

Dengan kata lain, People Development melibatkan upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kualifikasi profesional karyawan mereka. Ini bisa mencakup pengembangan keterampilan, pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pribadi dan karier, serta peningkatan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan.

Tujuan People Development

Apa pun yang direncanakan oleh perusahaan pastinya punya tujuan. Berikut beberapa tujuan People Development:

1. Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional dari People Development adalah agar perusahaan dapat mempertahankan kemampuan fungsionalnya. Hal ini berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tujuan ini untuk membuat karyawan lebih kompeten dan efisien dalam bekerja.

2. Tujuan Sosial

Tujuan sosial ini berkaitan dengan hubungan dalam lingkungan kerja. Hal ini mencakup pengembangan keterampilan komunikasi, empati, dan kerja sama tim. Tujuan ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis, di mana karyawan dapat bekerja sama dengan baik, mampu mengatasi konflik, dan memahami perspektif orang lain.

Baca Juga: Goal Setting: Definisi Dan Cara Mencapainya Dalam Pengembangan Karir

3. Tujuan Organisasi

Tujuan organisasi dalam People Development adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Dengan mengembangkan karyawan, perusahaan dapat mencapai tujuan ini dengan baik, yang di mana hal ini mencakup peningkatan efisiensi operasional, inovasi, dan pertumbuhan. Tujuan ini dimaksudkan untuk menjadikan perusahaan lebih kompetitif.

4. Tujuan Pribadi

Perusahaan membantu karyawan mencapai tujuan karier pribadi mereka merupakan tujuan pribadi dari People Development. Ini mencakup pengembangan keterampilan yang berguna untuk masa depan, memahami tujuan karier pribadi, dan merencanakan perkembangan karier yang lebih baik. Tujuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan, serta membantu mereka meraih kesuksesan dalam kariernya.

Manfaat People Development

Karyawan merupakan aset yang berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, dengan melakukan serangkaian kegiatan ini mendatangkan beberapa manfaat untuk perusahaan.

1. Peningkatan Produktivitas

Manfaat yang pertama adalah peningkatan produktivitas karyawan. Ketika keterampilan karyawan ditingkatkan maka mereka akan lebih cepat dan efisien dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Ini berarti pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik yang menyebabkan meningkatnya produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

2. Peningkatan Kepuasan Karyawan

Investasi dalam pengembangan karyawan dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap perusahaan, karena mereka merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan. Hal ini lah yang menyebabkan terciptanya lingkungan kerja yang positif.

Baca Juga: Apa Itu Learning And Development? Langkah Penting Untuk Karyawan

3. Inovasi dan Pertumbuhan Karyawan

Salah satu aspek penting dalam menjaga perusahaan untuk tetap kompetitif di pasar yang berubah dengan cepat adalah adanya kontribusi dari karyawan pada inovasi dalam perusahaan. Kontribusi ini tercipta dari karyawan yang terus berkembang. Ini sangat membantu perusahaan, karena karyawan yang terus berkembang pasti akan memiliki ide-ide segar dan kreatif yang dapat membantu perusahaan berkembang dan berinovasi dalam bisnisnya.

4. Pengembangan Pemimpin Masa Depan

People Development sangat berperan dalam menciptakan pemimpin masa depan perusahaan. Dengan memberikan pelatihan dan pengalaman yang diperlukan, perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengembangkan karyawan yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin.

Ruang Lingkup People Development

Ruang lingkup People Development ada empat, yaitu:

1. Motivasi

People Development dapat membantu memotivasi karyawan untuk mencapai potensi terbaiknya. Motivasi ini mencakup memahami apa yang mendorong bagi setiap individu, mengidentifikasi tujuan mereka, dan memberikan dorongan yang diperlukan agar karyawan mencapai pencapaian pribadi dan profesional.

2. Pelatihan

Perusahaan dapat memberikan pelatihan yang relevan dan efektif untuk karyawan mereka. Pelatihan ini mencakup beberapa topik mulai dari keterampilan yang teknis hingga keterampilan kepemimpinan.

Baca Juga: Pengertian Dan Tujuan Pelatihan Kerja Pada Karyawan

3. Pengelolaan Kinerja

Pengelolaan kinerja merupakan hal yang penting dalam ruang lingkup People Development. Ini mencakup penilaian kinerja karyawan, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan memberikan dukungan dalam pencapaian target kinerja.

4. Inovasi

Pengembangan karyawan dapat membantu perusahaan menciptakan lingkungan yang dimana karyawan merasa termotivasi, terampil, terkelola dengan baik, dan mampu berkontribisi pada inovasi. Hal ini menciptakan keuntungan bagi perusahaan dan membantu karyawan mencapai potensi penuh mereka.

Cara Membangun People Development di Perusahaan

Membangun program People Development yang efektif memerlukan beberapa langkah yang strategis. Berikut langkah-langkah kunci untuk memulai:

1. Evaluasi Tujuan Jangka Panjang

Langkah pertama adalah mengevaluasi tujuan jangka panjang perusahaan. Pertimbangkan dimana perusahaan ingin berada dalam beberapa tahun ke depan. Tujuan ini akan membantu merumuskan rencana pengembangan karyawan yang sesuai dengan visi perusahaan.

2. Rencana Pengembangan Karyawan yang Lebih Spesifik

Setelah tujuan jangka panjang telah ditetapkan, selanjutnya merinci rencana pengembangan karyawan. Identifikasi keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Buat rencana individual untuk setiap karyawan, dengan menentukan langkah-langkah spesifik yang harus diambil untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Efisiensi Karyawan, Bekerja Maksimal Tapi Tetap Ringan!

3. Evaluasi Program

Selama pelaksanaan program, evaluasi secara berkala. Pantau perkembangan karyawan dan sejauh mana mereka mencapai tujuan pengembangan mereka. Pastikan program yang diselenggarakan efektif dan sesuai dengan rencana.

4. Pertimbangkan Feedback Dari Karyawan

Sangat penting untuk mendengarkan feedback dari karyawan. Minta mereka untuk memberikan umpan balik tentang program-program pengembangan yang telah mereka ikuti. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki program ini dimasa depan dan memastikan keberlanjutan program ini.

Contoh Program People Development

Ada beberapa contoh program People Development yang bisa sobat terapkan di perusahaan, yaitu:

1. Analisis Skill Gap

Analisis skill gap sangat penting untuk dilakukan, karena dapat membantu perusahaan melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi area-area di mana karyawan mereka perlu pengembangan lebih lanjut. Ini bisa berupa keterampilan teknis yang diperlukan dalam pekerjaan mereka atau keterampilan kepemimpinan untuk peran masa depan.

2. Upskilling dan Reskilling

Dalam era perubahan teknologi yang cepat, program upskilling dan reskilling sangat penting untuk dilakukan. Program ini sangat membantu karyawan untuk mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan kemampuan sehingga mereka semakin percaya diri dalam mengambil peran di perusahaan.

3. Pembelajaran Mandiri

Pembelajaran mandiri memungkinkan karyawan memiliki kontrol atas pembelajaran mereka sendiri. Perusahaan memberikan sumber daya seperti buku, kursus online, dan platform belajar, serta waktu dan dukungan untuk memungkinkan karyawan belajar sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Ini memungkinkan karyawan merencanakan pengembangan pribadi mereka sendiri.

4. Mentorship Program

Mentorship adalah bagian penting dari pengembangan karyawan. Dalam program mentorship, karyawan yang lebih berpengalaman bertindak sebagai mentor dan membantu karyawan yang kurang berpengalaman dengan memberikan panduan, nasihat, dan dukungan. Ini memungkinkan karyawan meningkatkan keterampilan, memahami, dan belajar dari pengalaman orang lain.

5. Peer Coaching

Peer coaching adalah jenis pengembangan di mana rekan kerja memberikan dukungan dan umpan balik satu sama lain. Karyawan program ini bekerja dalam kelompok atau pasangan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan satu sama lain. Ini memungkinkan karyawan untuk tumbuh bersama dan menciptakan budaya pembelajaran kolaboratif di perusahaan.

Tips People Development

1. Sesuaikan Kebutuhan Individu

Ingatlah bahwa setiap karyawan memiliki kebutuhan pengembangan yang berbeda. Cobalah untuk memberikan peluang pengembangan yang sesuai dengan tujuan dan minat setiap karyawan. Dengan mempersonalisasi program, karyawan akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dan berkembang.

2. Jadikan Pengembangan Sebagai Bagian dari Budaya Perusahaan

Pengembangan karyawan harus menjadi bagian penting dari budaya perusahaan. Ini dapat dicapai dengan memberi tahu seluruh organisasi tentang pentingnya pengembangan dan memastikan bahwa pengembangan karyawan dihargai dan diakui secara terbuka.

3. Dukung Pembelajaran Mandiri

Dengan menyediakan akses ke buku, kursus online, dan platform pembelajaran yang relevan, fasilitasi pembelajaran mandiri memungkinkan karyawan mengambil inisiatif untuk mengembangkan diri mereka sendiri.

Jika sobat masih bingung tentang platform mana yang dapat membantu program pengembangan karyawan ini, sobat dapat mengunjungi website vocasia.id, yang menawarkan berbagai macam pelatihan, mulai dari kursus hingga bootcamp yang  dapat membantu pengembangan karyawan di perusahaan sobat.

4. Evaluasi dan Umpan Balik Berkala

Evaluasi rutin program peningkatan manusia harus dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif program tersebut. Dengan melacak kemajuan dan hasil, sobat dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan program.

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami betapa pentingnya program People Development untuk perusahaan. Jika sobat sedang mencari pelatihan terbaik untuk meningkatkan keterampilan karyawan di perusahaan sobat, kunjungi situs web vocasia.id. Di sana, sobat dapat menemukan berbagai pelatihan mulai dari kursus online hingga bootcamp yang dapat membantu sobat mengembangkan potensi karyawan.

Apakah sobat ingin mengetahui lebih lanjut tentang Vocasia dan program-program unggulannya? Klik tombol di bawah ini sekarang!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *