Tanggal:22 June 2024
Tanggung jawab yang berbeda - @rawpixel.com

Perbedaan Graphic Designer dan Visual Designer

Apakah kamu salah satu orang yang ingin berkecimpung di dunia desain? mungkin kamu sudah sering mendengar profesi visual designer dan graphic designer.

2 pekerjaan ini memang sekilas terlihat sama, namun pada kenyataannya kedua pekerjaan ini memiliki beberapa perbedaan mendasar lho!

Buat kamu yang masih penasaran tentang perbedaan visual designer dan graphic designer maka merasa beruntunglah karena sudah menemukan artikel ini, Pada artikel ini Vocasia akan membahas apa saja yang membedakan visual designer dan graphic designer.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini sampai tuntas!

Tanggung jawab yang berbeda - @rawpixel.com

Tanggung jawab yang berbeda – @rawpixel.com

1. Tanggung jawab

Tanggung jawab yang diemban oleh seorang graphic desaigner yakni memasikan penyampaian suatu pesan kepada pelanggan bisa tersampaikan dengan baik.

Tidak hanya melalui visual namun juga dengan penyusunan kata-kata sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh desain tersebut bisa tersampaikan.

Sedangkan untuk ruang lingkup kerja graphic designer bisa dikatakan lebih kecil daripada ruang lingkup kerja visual designer.

Selain bertanggung jawab atas pembuatan desain, visual designer juga bertanggung jawab untuk membentuk suatu brand awareness perusahaan melalui desain tersebut.

Penjelasan tadi setidaknya sudah bisa memberikan sedikit gambaran mengenai perbedaan visual designer dan graphic designer.

Jadi bisa disimpulkan bahwa graphic designer bertanggung jawab untuk menyampaikan suatu pesan sedangkan visual designer bertanggung jawab untuk membentuk brand dari perusahaan.

Pekerjaan yang dilakukan secara teknis juga berbeda

Pekerjaan yang dilakukan secara teknis juga berbeda – @pixabay.com

2. Pekerjaan teknis

Pekerjaan seorang graphic designer dengan visual designer tentu saja berbeda, bisa dilihat dari penjelasan sebelumnya bahwa tanggung jawab yang diemban masing-masing posisi jelas berbeda.

Visual designer bekerja untuk menangani desain secara digital saja karena melalui desain digital seorang visual designer bisa menggabungkan dunia desain dan branding perusahaan.

Di jaman sekarang ini visual designer menggunakan UI design untuk membentuk brand perusahaan dan mengembangkan user experience.

Sedangkan seorang graphic designer bertugas khusus dalam desain secara cetak seperti iklan, informasi dan lain-lain.

Perbedaan tools dalam bekerja - @pixabay.com

Perbedaan tools dalam bekerja – @pixabay.com

3. Tools

Penjelasan sebelumnya menjelaskan kedua perbedaan pekerjaan visual designer dan graphic designer secara teknis, maka dari itu tools yang digunakan ketika bekerja berbeda pula.

Seorang graphic designer lebih sering menggunakan adobe photoshop, illustrator dan lain-lain ketika bekerja.

Berbeda dengan visual designer yang lebih sering menggunakan tools untuk mendukung kegiatan desain produk seperti Sketch, Adobe XD, dan lain-lain.

Buat kamu yang berimat menjadi seorang designer, kamu bisa mengikuti kursus “Langkah awal belajar Photoshop” dari Vocasia. Kamu akan mendapatkan manfaat berupa:

  • Mampu mengoperasikan software Photoshop
  • Mampu mengenali dan menggunakan toolbar Photoshop
  • Mampu mengedit foto
  • Mampu membuat pasfoto
  • Mampu membuat desain spanduk, baliho, dan poster

Nikmati diskon hingga 27%!

Kamu akan mendapatkan 1 jam+ video yang terbagi dalam 18 materi pembelajaran dan bisa diakses seumur hidup!

Klik disini untuk daftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *