Tanggal:20 July 2024

5 Peralatan YouTuber Paling Penting Untuk Menghasilkan Konten Terbaik

Menjadi seorang YouTuber adalah salah satu profesi yang saat ini cukup diminati. Mulai dari usia remaja hingga dewasa, berlomba-lomba untuk membuat karya terbaiknya di platform YouTube. Bahkan saat ini anak-anak pun ikut mengambil peran dalam dunia konten kreatif YouTube.

Dengan beragamnya konten yang ditawarkan di YouTube, membuat penonton bebas untuk memilih konten yang sesaui dengan seleranya. Selain mencari konten yang cocok dengan selera penonton, biasanya tayangan yang memiliki kualitas gambar yang baik juga banyak dipilih.

Untuk itu, jika kamu ingin memulai karier sebagai YouTuber atau telah membuat beberapa konten di YouTube, tapi ingin mengembangkannya. Kamu perlu mengetahui bebera paerlatan berikut yang dapat memunjang dalam membuat konten yang berkualitas.

Yuk, simak artikel yang akan membahas tentang 5 peralatan YouTuber yang penting untuk menghasilkan konten terbaik berikut!

1. Kamera

Merekam video menggunakan kamera. (Sumber: Unsplash)

Salah satu alat yang krusial untuk pembuatan video adalah kamera. Pasalnya, jika tidak ada alat yang digunakan untuk mengambil gambar dan merekamnya maka tidak bisa diabadikan dan disebut sebagai video.

Kamera profesional memang memiliki harga yang tidak murah, akan tetapi memiliki hasil yang lebih baik juga dibandingkan dengan kamera biasa. Untuk pemilihan kamera, kamu bisa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jika tidak ada budget untuk membeli kamera digital, kamu bisa memanfaatkan kamera handphone untuk merekam. Namun, beberapa hal juga perlu dipertimbangkan. Terkait kualitas yang nantinya dapat memengaruhi hasil videomu.

Baca juga: Penting! 7 Cara Agar Channel YouTube Cepat Terkenal!

2. Laptop atau Kamputer

Laptop atau Komputer berfungsi untuk mengedit video. (Sumber: Unsplash)

Setelah kamu membuat konten melalui rekaman video, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan proses editing. Dalam melakukan proses editing yang maksimal kamu dapat menggunakan laptop atau komputer.

Kedua perangkat tersebut biasanya sudah dimiliki sebagian orang, khususnya para pelajar/mahasiswa. Namun, jika kamu tidak memilikinya tenang saja. Saat ini banyak rekomendasi aplikasi di handphone yang dapat ditemukan untuk mengedit videomu.

Akan teteapi dengan pertimbangan jika melakukan proses editing melalui handphone, hasilnya tidak akan semaksimal ketika kamu menggunakan laptop/komputer. Biasanya beberapa hal yang perlu dipertimbangakan adalah mengenai ukuran file video dan perbedaan fitur antara mengedit menggunakan handphone dengan laptop/komputer.

Untuk itu, jika kamu memiliki budget membeli laptop/komputer, opsi ini dapat dipilih untuk memaksimal konten yang kamu buat.

3. Software untuk Editing

Editing video adalah prosese selanjutnya setelah kamu telah selesai merekam video. Software atau aplikasi yang digunakan untuk editing berfungsi untuk memotong, menggabungkan, memberi efek, hingga menambahkan teks pada videomu.

Melalui proses editing, videomu akan terlihat lebih menarik. Selain itu editing juga dapat berfungis sebagai branding atau menunjukkan keuinakkanmu dengan YouTuber lainnya.

Software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video beragam, jika kamu tidak banyak membutuhkan efek dalam kontenmu. Kamu dapat menggunakan software ringan, seperti Sony Vegas, Wondershare Filmora, atau Videopad.

Kemudian jika kamu mengedit menggunakan aplikasi handphone dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi dan file yang ringan. Kamu dapat menggunakan aplikasi Capcut yang dapat kamu download di handphone.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Di YouTube Untuk Pemula

4. Stabilizer atau Tripod

Tripod handphone untuk membuat video stabil. (Sumber: Unspalsh)

Saat merekam video untuk kebutuhan konten YouTube, terkadang terjadi guncangan pada hasil video. Hal ini disebabkan oleh tidak stabilnya kamera saat pengambilan gambar. Ketika hasil videonya goyang maka terasa kurang nyaman saat ditonton, kecuali itu merupakan efek khusus yang sengaja diciptakan supaya video terasa lebih intens.

Akan tetapi, jika video yang ditampilkan goyang terus menerus dari awal hingga akhir, tentu kurang enak dilihat. Untuk itu, kamu membutuhkan bantuan alat yang dapat menimalisir terjadinya guncangan atau goyangan pada gambar.

Alat yang dapat kamu gunakan adalah stabilizer, alat ini dapat dipasang di kameramu dan digunakan saat merekam video. Fungsinya, untuk mengurangi goncangan pada kamera. Namun, jika kamu yang merekam menggunakan handphone tidak perlu khawatir.

Biasanya pada beberapa handphone yang canggih, terdapat fitur kamera yang dapat mengurang guncangan. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal kamu dapat menggunakan tripod.

Tripod juga bisa digunakan untuk kamera juga, lho. Tinggal kamu pilih saja, antara tripod kamera atau handphone. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama. Tripod ini berfungsi untuk menahan kamera. Misanya, saat kamu membuat vlog, terkadang membutuhkan tempat untuk menaruh kamera.

Nah, tripod ini bisa menjadi solusi supaya tanganmu tidak pegal untuk memgang kamera atau handphone terus menerus saat merekam video.

Baca juga: 8 Cara Menjadi YouTuber Pemula Yang Sukses

5. Microphone

Selain visual, suara menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat konten di YouTube. Pasalnya, apabila kualitas suara buruk dapat memengaruhi kualitas konten yang dibuat. Saat video yang dihasilkan sudah baik, akan tetapi suara yang dihasilkan kurang mumpuni. Akan membuat kualitas video tersebut jadi menurun.

Bahkan ada penonton yang sangat mementingkan kualitas suara saat menonton video di YouTube. Hal ini lah yang menjadi salah satu tugas YouTuber untuk memaksimalkan hasil suara pada video.

YouTuber dapat memaksimalkan tangkapan suara saat merekam video dengan menggunakan perangkat tambahan. Alat yang dapat digunakan adalah microphone eksternal. Microphone menjadi salah satu solusi bagi kamu yang bingung dengan masalah bocornya suara saat merekam video.

Microphone memiliki harga variatif, tergantung dengan kualitas dan merek yang disediakan. Hal ini dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

Namun, jika kamu tidak memiliki budget khusus untuk membeli microphone, kamu bisa mengakalinya dengan mencari tempat yang tidak bising dan dirasa kondusif saat merekam video. Hal ini untuk menimalisir suara dalam videomu bocor.

Untuk itu kamu perlu memperhatikan aspek suara pada videomu, supaya konten yang dihasilkan juga bisa maksimal dan meningkatkan viewers kontenmu.

Itu tadi 5 peralatan penting YouTuber untuk menghasilkan konten terbaik yang bisa kamu coba. Tingkatkan kualitas videomu untuk meraup lebih banyak penonton di YouTube. Selain itu, kamu juga bisa sesuaikan perlatan yang kamu gunakan untuk membuat konten sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Bagi YouTuber pemula, selain 5 perlatan tadi. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang dapat menambah pengetahuanmu soal profesi YouTuber. Jika kamu bingung harus belajar dari mana, tidak perlu khawatir karena Vocasia menyediakan kursus “Sukses Menjadi YouTuber”.

Dengan pemateri berpengalaman di bidangnya, kamu akan mempelajari banyak hal seputar pembuatan konten di YouTube. Seperti mengethaui konten apa saja yang menarik, dasar editing video, hingga cara mengunggah video di YouTube. Ikuti kursusunya melalui tautan berikut. Klik di sini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *