Tanggal:05 May 2024
Tips beriklan di YouTube (rawpixel.com)

Cara Membuat Iklan di YouTube untuk Pemula

Apa itu YouTube Advertising

Iklan Youtube berarti beriklan di Youtube, platform berbagi video online, mempromosikan konten video, atau dalam istilah pencarian yang relevan di Pencarian Youtube. Karena Google memiliki Youtube, iklan Youtube hanya dimungkinkan melalui Google Ads.

Baca Juga : Mengenal Iklan Online

Dalam periklanan Youtube, perusahaan dapat memanfaatkan banyak format iklan videonya atau menggunakannya sebagian dengan kampanye tampilan.

Youtube sendiri memiliki lebih dari dua miliar pengguna login bulanan, dengan 500 jam konten video diunggah setiap menit ke platform. Setiap pengunjung rata-rata menghabiskan 11 menit 24 detik di Youtube setiap hari, dan setiap kunjungan ke Youtube rata-rata menghasilkan 6,5 pageview.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Beriklan di Youtube, oleh karena itu, menghasilkan banyak peluang bagi perusahaan untuk memperluas strategi pemasaran online mereka.

Pentingnya video dalam pemasaran online telah meningkat sepanjang waktu, dan berinvestasi dalam iklan video online berkualitas akan membawa lebih banyak hasil untuk setiap kampanye iklan online.

Menggabungkan video dalam pemasaran konten Anda, dan menggunakan iklan Youtube dalam strategi distribusi konten Anda, merupakan langkah penting dalam strategi pemasaran online modern.

Jika Anda ingin mengembangkan saluran YouTube Anda secara organik, baca panduan kami tentang cara memberi peringkat video dengan SEO YouTube.

Perusahaan dapat memanfaatkan iklan Youtube untuk meningkatkan kesadaran merek mereka, meningkatkan penjualan, berinteraksi dengan audiens target, mempromosikan acara, atau berbagi konten terkait produk dan layanan yang bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan Spanduk Yang Efektif

Manfaat iklan Youtube termasuk peningkatan:

  • Jangkauan dan visibilitas
  • Peluang penargetan yang bervariasi
  • Data dan analitik
  • Pengoptimalan Kampanye Iklan
  • Saluran pemasaran dan penjualan yang menguntungkan

Baca Juga | Apa itu Google Ads?

Tipe YouTube Advertising

Mari kita bahas tentang perbedaan dari 5 jenis iklan YouTube dan bagaimana pengiklan dapat menggunakan setiap jenis iklan untuk melakukan hal-hal yang baik.

  1. Iklan Video In-Stream yang Dapat Dilewati

Yang pertama dalam daftar adalah iklan video in-stream yang dapat dilewati, yang dapat ditayangkan baik sebelum video atau selama video. Iklan ini diputar minimal 5 detik dan kemudian pemirsa memiliki pilihan untuk melewatinya. Secara umum, iklan video harus berdurasi minimal 12 detik dan disarankan agar durasinya di bawah 3 menit. Salah satu keuntungan dari jenis iklan YouTube ini adalah Anda hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang menonton setidaknya 30 detik, seluruh iklan (untuk iklan apa pun di bawah 30 detik), atau jika mereka mengkliknya.

Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan bahwa iklan video in-stream yang dapat dilewati juga disertai dengan iklan spanduk di kanan atas layar. Bagian yang nyaman di sini adalah bahwa meskipun pengguna melewatkan iklan video, iklan spanduk tetap di tempatnya.

  1. Iklan Video In-Stream yang Tidak Dapat Dilewati

Iklan ini juga dapat diputar tepat sebelum video atau selama video, sungguh, satu-satunya perbedaan adalah tidak ada tombol lewati sama sekali. Mengingat persentase yang tinggi, sekitar 76% orang, melewatkan iklan yang ditayangkan di video youtube, iklan yang tidak dapat dilewati adalah yang terbaik ketika merek Anda benar-benar perlu meningkatkan kesadaran dan tidak ingin mengambil risiko mendapatkan ratusan dan ribuan iklan melompat.

  1. Iklan Bumper

Iklan bumper adalah iklan video enam detik yang tidak dapat dilewati yang diputar tepat sebelum video sebenarnya. Iklan ini sangat cocok untuk siapa saja yang memiliki pesan sederhana untuk disampaikan dan tidak memerlukan produksi penuh video berdurasi beberapa menit. Sekali lagi, iklan ini adalah tempat yang bagus untuk segala upaya kesadaran seperti mempromosikan suatu acara, atau mendorong jangkauan dan frekuensi merek. Jika tempat 6 detik tampaknya terlalu singkat untuk membuat dampak yang bertahan lama, Google menganalisis 300 iklan bumper dan menemukan bahwa 90% menciptakan peningkatan besar dalam ingatan iklan.

  1. Iklan Penemuan

Iklan Discovery sangat berbeda dengan ketiga jenis iklan sebelumnya. Faktanya, mereka sebenarnya sangat mirip dengan iklan pencarian Google, muncul di antara hasil pencarian dengan cara semi-organik. Iklan ini membantu kami melihat YouTube sebagai mesin pencari. Seperti iklan teks Google, Iklan Penemuan YouTube juga mengatakan “Iklan” di dalam kotak untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka dibayar untuk hasil. Iklan Discovery terdiri dari gambar mini dan tiga baris teks. Yang juga menarik adalah iklan ini dapat tampil di halaman hasil pencarian, halaman tontonan video, dan halaman beranda YouTube yang memberi mereka sedikit visibilitas.

  1. Iklan Non-Video

YouTube juga menawarkan iklan non-video untuk merek yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Pertama, Anda dapat memilih untuk menayangkan iklan bergambar di sisi kanan hasil saat video diputar. Iklan ini menampilkan gambar, beberapa teks di sebelah kanan gambar, dan tombol untuk mengklik ke situs web Anda. Selain itu, dapat menayangkan hamparan iklan spanduk yang muncul selama video dari saluran yang diputuskan untuk dimonetisasi. Iklan non-video ini mengenakan biaya berdasarkan biaya per klik.

Baca Juga : Iklan Advertorial

Tips membuat iklan di youtube ads

Banyaknya orang yang menonton konten, dan jumlah jam yang mereka tonton, menjadikannya metode beriklan yang sangat efektif dengan ROI yang berharga. Setiap platform unik dalam hal apa yang akan membuat iklan paling menarik bagi pengguna, dan YouTube tidak berbeda. Jika Anda ingin mendapatkan klik sebanyak mungkin, ikuti tiga kiat berikut untuk membuat iklan YouTube yang efektif.

Baca Juga : 5 Jenis Iklan Google Ads

  • Sertakan informasi penting dalam 5 detik pertama

Setelah berapa lama pengguna dapat melewati iklan Anda tergantung pada jenis iklan yang Anda beli, tetapi sebagian besar iklan video YouTube dapat dilewati hanya setelah lima detik diputar. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memasukkan informasi iklan yang paling penting dalam beberapa detik yang berharga itu. Garis atau gambar yang akan memikat pemirsa dan membujuk mereka untuk menonton lebih lama memang efektif, tetapi jika semuanya gagal, pastikan nama dan logo perusahaan Anda segera ditampilkan. Logo ini akan menjadi akrab bagi orang-orang semakin mereka melihat iklan tersebut, sehingga bahkan hanya dengan lima detik eksposur, Anda dapat meninggalkan kesan pada pemirsa. Menyebarkan kesadaran merek adalah salah satu hal terbesar yang dapat Anda harapkan untuk dicapai dengan iklan sosial, jadi meskipun mereka tidak mengklik untuk membeli, mereka akan mengingat Anda saat mereka menjelajah.

  • Libatkan penonton dengan elemen interaktif

Ada lima cara utama untuk membuat iklan YouTube Anda interaktif: kartu, layar akhir, ajakan bertindak, TrueView for action, & kartu belanja. Jenis interaktivitas ini memungkinkan Anda menautkan ke produk, video, dan konten lain baik di dalam maupun di luar platform. Mempelajari perbedaan antara elemen-elemen ini dan mana yang terbaik untuk sasaran periklanan bisnis Anda akan membantu Anda meningkatkan peluang keterlibatan secara eksponensial. Dengan memasukkan elemen interaktif yang sesuai, Anda memudahkan pemirsa untuk mengunjungi situs web Anda, membeli produk, atau mempromosikan konten lainnya. Membuat interaksi semudah mungkin bagi konsumen, pada gilirannya, akan membuat mereka lebih mungkin terlibat dengan iklan Anda dan menjelajahi lebih banyak hal yang Anda tawarkan.

  • Manfaatkan opsi penargetan

Sama seperti Anda akan menyesuaikan demografis target iklan Anda di Facebook atau Instagram, pastikan Anda tidak membuang-buang uang iklan yang berharga untuk beriklan kepada seseorang yang kemungkinan besar tidak akan pernah tertarik dengan produk Anda. YouTube memungkinkan fleksibilitas dan penyesuaian yang luar biasa dalam penargetan iklan. Anda tidak hanya dapat menyesuaikan demografi, tetapi Anda juga dapat menambahkan audiens minat dan audiens dalam pasar berdasarkan minat mereka pada topik tertentu. Menargetkan iklan Anda secara efektif akan meningkatkan rasio tampilan terhadap klik, yang akan membuat dolar Anda melangkah lebih jauh dan membuat kampanye iklan YouTube Anda lebih berhasil.

Baca Juga : Pentingnya Jingles Untuk Iklan

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *