Tanggal:23 July 2024

Cara Menanam Buah Anggur yang Baik dan Benar

Anggur merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari di dunia. Selain memiliki rasa yang khas, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah melindungi organ jantung, meningkatkan kesehatan otak, hingga mencegah penyakit mata seperti katarak. Namun, kebanyakan anggur yang beredar di Indonesia adalah produk impor. Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui cara menanam buah anggur yang baik dan benar. Padahal menanam anggur adalah aktivitas yang mudah dan menjanjikan.

Anggur termasuk buah dengan nilai jual yang tinggi jika dibanding buah lain. Permintaan anggur di Indonesia juga tergolong tinggi karena peminatnya yang cukup banyak. Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia belum mengetahui cara menanam buah anggur yang baik dan benar. Menanam buah anggur bisa dilakukan di pekarangan rumah. Cara menanamnya sangat mudah, begitu pula dengan perawatannya. Sebelum membahas tentang bagaimana cara menanam buah anggur, kita juga perlu mengetahui beberapa manfaat buah anggur di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia, 5 Cara Menanam Buah Kiwi Untuk Pemula!

Manfaat Buah Anggur

Selain lezat, anggur juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena senyawa yang terkandung di dalamnya memiliki berbagai khasiat untuk manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah anggur yang penting untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Anggur memiliki kandungan resveratrol yang dapat memperlambat berkembangnya sel tumor dan kanker. Kandungan resveratrol juga dapat menghalau radiasi berbahaya, seperti sinar UVA dan sinar UVB.

2. Melawan Penuaan Dini

Anggur memiliki banyak kandungan yang mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh, diantaranya adalah kandungan antioksidan dan quercetin. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, serta keseimbangan di dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Selain untuk mencegah kanker, kandungan resveratrol dalam anggur juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah menuju otak, darah dibutuhkan untuk oksigen dan zat gizi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga : 6 Cara Budidaya Jambu Madu, Buah Sangat Manis!

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anggur merupakan salah satu buah yang bagus untuk mendukung aktivitas diet. Anggur merah bisa menjadi camilan lezat yang bisa dijadikan alternatif makanan diet karena dalam setiap 100 gram buah anggur hanya terdapat 69 kalori.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Anggur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang berguna bagi kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut dapat menghalau gelombang cahaya biru pada sebuah gadget. Anggur terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di bawah ini adalah cara menanam buah anggur yang baik dan benar.

Baca Juga : 13 Tanaman Pembersih Udara Dalam Ruangan, Cocok Dijadikan Hiasan Kamar

Image: Freepik

Cara Menanam Buah Anggur

1. Memilih Bibit Anggur

Sebelum menanam buah anggur, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bibit anggur yang akan ditanam. Ada beberapa ciri bibit buah anggur yang berkualitas, kulit dengan batang berwarna hijau serta tidak mengandung air, tunas bibit anggur padat dan besar.

Baca juga| Mudah Dan Praktis! Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula

2. Penyemaian Bibit Anggur

Penyemaian dilakukan agar proses perawatan bibit lebih mudah dikontrol dan mendapat asupan unsur hara yang cukup. Berikut adalah langkah-langkah penyemaian bibit anggur.

  1. Pilihlah tempat semai, bisa di dalam pot atau polybag.
  2. Campur tanah dan pupuk dengan rata, lalu masukkan ke dalam tempat semai.
  3. Pindahkan bibit anggur ke dalam tempat semai, baik itu pot atau polybag.
  4. Siramlah bibit anggur setiap pagi dan sore hari. Setelah proses 

Baca Juga : Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

3. Pengolahan Lahan

Penyemaian selesai, selanjutnya kamu bisa melakukan proses pengolahan lahan. Berikut adalah langkah-langkah mengolah lahan untuk menanam buah anggur.

  1. Pertama, siapkan alat seperti cangkul dan sabit.
  2. Bersihkan lokasi dari hama atau rumput pengganggu lain.
  3. Gemburkan tanah menggunakan cangkul.
  4. Jika lokasi lahan memiliki ph di bawah 5, lakukan proses pengapuran agar anggur dapat tumbuh dengan baik.
  5. Setelah itu, diamkan selama beberapa hari. Selanjutnya buatlah bedengan dengan tinggi 40 cm dan lebar 140 cm.
  6. Selanjutnya buat lubang pada bedengan dengan ukuran diameter 50 x 50 cm.
  7. Diamkan bedengan selama dua minggu.

Baca Juga : 7 Cara Budidaya Buah Semangka, Manis Dan Besar!

Setelah bibit anggur disemai dan sudah berumur dua bulan, bibit yang sudah siap tanam adalah bibit yang memiliki dua atau tiga helai daun dan akar yang kuat. Setelah bibit anggur siap dipindahkan, masukkan ke dalam lubang yang sudah dibuat lalu tutup kembali menggunakan tanah dan pupuk kandang. Langkah selanjutnya adalah membuat tempat dengan panjang 2 meter, tempat ini digunakan untuk proses perambatan buah anggur. 

Baca juga| Sistem Hidroponik: Pengertian dan Cara Menanamnya

Image: freepik

Perawatan Tanaman Anggur

Melakukan perawatan akan menentukan subur atau tidaknya tanaman anggur yang ditanam. Tahap ini sangat penting jika kamu menginginkan hasil buah yang maksimal.

1. Penjarangan dan Penyulaman

Penjarangan dilakukan setelah umur tanaman telah mencapai satu bulan, proses ini bertujuan untuk menjaga kualitas buah. Tanpa proses penjarangan rasa pada buah akan kurang lezat. Sementara itu, penyulaman adalah kegiatan mengganti tanaman anggur yang sudah mati dengan tanaman anggur yang masih segar atau bagus kualitasnya. Proses ini dilakukan setelah tanaman anggur sudah berumur dua minggu.

Baca Juga : Miliki Peluang Menjanjikan, Berikut 6 Cara Budidaya Sawit

2. Penyiangan

Proses penyiangan merupakan kegiatan membersihkan lahan dari rumput liar atau hama yang mengganggu proses tumbuhnya tanaman anggur. Tahapan ini sangat penting karena lahan yang memiliki banyak hama atau tanaman liar akan memengaruhi nutrisi yang didapat tanaman anggur.

3. Pemupukan

Ada dua tahap proses pemupukan tanaman anggur, pertama pada saat tanaman berumur 0-1 tahun. Ketika tanaman anggur berumur 3 bulan harus mendapatkan 1 gram pupuk urea selama 10 hari, ketika umur tanaman anggur 3 bulan harus mendapatkan 1 gram pupuk urea selama 10 hari, tanaman anggur yang berusia 6 bulan mendapatkan 15 gram pupuk selama 15 hari, umur 1 tahun mendapatkan 50 gram. 

Ketika tanaman anggur telah berumur lebih dari satu tahun mendapat 5 kaleng pupuk kandang lalu diberi lagi pupuk TSP sebanyak 80 gram.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabe Rawit Yang Baik dan Benar

4. Penyiraman Tanaman Anggur

Menanam anggur tidak bisa dilakukan di lahan yang tergenang air. Namun, tanaman anggur masih membutuhkan asupan air yang cukup. Penyiraman dihentikan setelah tiga minggu proses pemangkasan. 

5. Panen Buah Anggur

Memanen hasil tanaman yang ditanam adalah proses yang paling ditunggu oleh para petani, mereka akan mengetahui hasil anggur yang mereka tanam selama ini. Buah anggur sudah bisa dipanen ketika telah memiliki tekstur kenyal dan lunak serta warna buahnya yang merata. Proses panen yang dilakukan adalah memetik buah yang telah siap panen pada pagi hari agar hasil panen tetap segar.

Baca juga| Selada Hidroponik, Ketahui Cara Menanam yang Mudah dan Keunggulannya

Sekian informasi mengenai bagaimana cara menanam anggur. Tahapan di atas bisa dilakukan bagi para pemula yang ingin mencoba peluang menanam anggur, jika dilakukan dengan benar dan telaten tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Menanam buah anggur ini bisa menjadi sumber mata pencaharian utama. Bagaimana, mudah bukan? tertarik berkebun tapi tidak punya cukup lahan yang luas? Ikuti kursus Hydroponics Series – Basic Learning hidroponik hingga praktik disini. Kursus ini akan membantu para petani modern yang ingin memiliki skill hidroponik.

Baca Juga : 5 Cara Menanam Buah Strawberry Untuk Pemula

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *