Tanggal:18 May 2024

Perbandingan Desain Penelitian Kualitatif Burhan Bungin dan Craswell

Dalam penelitian kualitatif terdapat perbandingan antara desain penelitian kualitatif Burhan Bungin dan juga Craswell. Berdasarkan sumber buku Penelitian Kualitatif edisi ke-2 (2007). Berikut adalah penjelasan mengenai perbandingan desain penelitian kualitatif Burhan Bungin dan Craswell. Simak dibawah ini, ya!

Baca juga : Tips Menemukan Sumber-sumber Masalah Penelitian

Perbandingan Desain Penelitian Kualitatif Burhan Bungin dan Craswell

Beberapa literatur John W. Craswell. Seperti “Educational Research; Planning. Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research” (2011). Atau “Reseach Design; Qualitative Quantitative, and Mixed Methods Appoaches” (2008). Membagi desain penelitian kualitatif yang terdiri dari beberapa tipe desain. Menurut Craswell, bahwa desain penelitian kualitatif terdiri dari desain etnografi, desain naratif, dan desain grounded.

Yang dimaksud Craswell dengan grounded theory designs adalah bagaimana mempelajari suatu kelompok. Maka peneliti akan meneliti atau memeriksa sejumlah individu yang memiliki pengalaman dan mengalami pengalaman. Di dalam tindakan, interaksi atau proses sosial di dalam masyarakat. Grounded theory designs (disebut grounded theory) akan membantu menjelaskan sebuah proses, tindakan dan atau interaksi antara orang-orang itu.

Prosedur untuk mengembangkan teori ini termasuk yang paling utama mengumpulkan data wawancara. Kemudian mengembangkan dan memberikan keterkaitan kategori (tema) dari informasi. Serta menyusun sosok atau model visual yang menggambarkan penjelasan umum yang “membumi” dalam data peserta. Dari data ini, peneliti mengembangkan pernyataan prediksi tentang pengalaman individu. Jadi menurut Craswell, apabila peneliti mengeksplorasi pengalaman-pengalaman orang banyak (umum) dari individu. Tujuannya untuk mengembangkan teori maka itu adalah model grounded theory designs.

Ethnographic Designs menurut Craswell yaitu apabila peneliti ingin mengeksplorasi proses berbagi budaya dari kelompok dan masyarakat. Jadi peneliti mungkin mungkin tertarik mempelajari satu kelompok individu. Dalam memeriksa mereka, peneliti melihat bagaimana pengaturan tempat tinggal mereka. Selanjutnya bagaimana mereka bekerja dan bagaimana mengembangkan potret mereka berinteraksi. Alhasil studi etnografi cocok untuk tujuan ini.

Desain Etnografi adalah prosedur kualitatif untuk menggambarkan, menganalisis, dan menafsirkan pola-pola kelompok budaya. Serta keragaman perilaku, keyakinan, dan bahasa yang berkembang dari waktu ke waktu. Dalam etnografi, peneliti memberikan gambaran rinci tentang proses berbagai budaya antara kelompok dan masyarakat. Kemudian menggambarkan sumber informasi yang dapat digunakan. Etnografer juga menggambarkan kelompok dalam setting-nya. Lalu mengeksplorasi tema-tema atau isu-isu yang berkembang dari waktu. Sebagai tema yang berkembang di dalam interaksi kelompok dan rincian potret kelompok.

Persamaan Desain Penelitian Kualitatif Burhan Bungin dan Craswell

Ada persamaan antara desain kualitatif yang dikembangkan oleh penulis. Dan desain apa yang dikembangkan oleh Craswell. Yaitu pada grounded theory designs dan narrative research designs. Pada grounded theory designs tidak perlu dijelaskan lagi karena memiliki kesamaan baik pada pemahaman maupun pada aplikasinya. Namun persamaan yang perlu dijelaskan adalah pada desain verifikatif dan desain naratif. Karena persamaannya adalah pada sasaran utamanya yaitu menggali cerita pengalaman beberapa individu di dalam proses sosial. Yakni mengungkap ulang cerita-cerita yang pernah dialami seseorang di dalam kelompok. Di dalam kelas, di kantor mereka, pengalaman bersama program yang dilakukan. Proses verifikasi sosial ini kemudian dinarasikan di dalam suatu laporan yang dilakukan oleh peneliti.

Selanjutnya, persamaan yang sangat penting dijelaskan adalah pada desain deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh penulis dan desain mixed method research. Dalam hal ini dikembangkan oleh Craswell pada pembahasan desain kombinasi kuantitatif-kualitatif. Walaupun Craswell mengungkapkan berbagai model desain kombinasi. Tetapi penggunaan teori di dalam desain kombinasi ini. Hampir sama dengan apa yang dijelaskan oleh penulis di dalam desain deskriptif kualitatif. Namun kesamaan itu menunjukkan perbedaan antara penulis dan Craswell di dalam mengembangkan desain penelitian kualitatif. Karena desain deskriptif kualitatif adalah varian dari desain kualitatif. Sedangkan Craswell menjelaskan mixed method research adalah bagian dari model desain kombinasi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbandingan desain penelitian kualitatif Burhan Bungin dan Craswell. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Merancang Judul, dan Konsep Penelitian Kualitatif

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *