Tanggal:18 May 2024

Tugas Sudah Numpuk? Yuk Ikuti Cara Berikut Untuk Menolak Tugas!

Dalam suatu pekerjaan, sangat wajar kalau kamu terkadang merasa lelah karena kuantitas tugas dari atasan itu banyak banget. Dampaknya, kamu menjadi gampang emosi, kurang semangat, sampai hilang rasa nafsu untuk makan. Hal ini sangat bahaya sekali kalau kamu tidak menanganinya dengan cepat. Memang ada cara untuk menolak menerima tugas dari atasan? Tentu ada dong! 

Memang kita tidak bisa menolak begitu saja atas perintah dari atasan, terutama perihal tugas atau kerjaan yang diberikan untuk kita. Tetapi, ada cara-caranya kok kalau kamu sudah merasa terbebani dengan tugas yang sedang kamu kerjakan. Kamu juga tidak bisa memaksakan bukan kalau sudah banyak tugas? Ingin tahu gak caranya? Yuk ikuti cara-caranya berikut!

1. Memberikan Alasan Yang Efektif 

Hal pertama yang mungkin dapat kamu lakukan adalah untuk menjawab dengan alasan yang sangat efektif untuk atasan. Berikan alasan yang atasan kamu langsung mengerti bahwa kamu sedang sibuk atau terbebani dengan tugas-tugas lainnya sebagai contoh.

2. Memberikan Solusi 

Kamu juga dapat memberikan solusi bagaimana jika kamu tidak bisa menerima pekerjaan tambahan saat ini kepada atasan. Kalau kamu menolak saja terkadang itu tidak bisa bukan? Maka dari itu, coba buat skenario atau rencana kalau kamu tidak bisa, berikan solusi yang tepat agar terjadinya win-win solution.

3. Menunjukkan Kesibukan Dari Tugas-Tugas Lainnya 

Tunjukkan saja kalau kamu memiliki kesibukan dengan tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan, pasti atasan juga akan mengerti bahwa kamu sudah banyak sekali yang harus dikerjakan. Pastikan itu benar dan tidak dibuat-buat ya!

4. Menunjukkan Empati 

Kamu juga bisa berbicara baik-baik, misalnya dengan curhat dengan atasan. Ceritakan bahwa kamu sudah sangat penuh saat ini oleh pekerjaan yang banyak harus diselesaikan. Cara ini memang sulit untuk berhasil, tetapi tidak salahnya untuk mencoba bukan! 

5. Meminta Deadline Yang Cukup 

Kalau memang tidak bisa menolak dan harus menerima tugas baru dari atasan, mungkin kamu bisa meminta tambahan waktu pengerjaan. Dengan itu, kamu tidak menolak dan tetap mengerjakan tugas tambahan tersebut. Tetapi ingat, kalau sudah diberikan waktu tambahan jangan lupa untuk menyelesaikannya tepat waktu ya!

6. Meminta Bantuan Tambahan

Salah satu solusi yang dapat kamu berikan adalah dengan memberikan saran meminta bantuan tambahan dalam pengerjaan tugas dari atasan. Dengan itu, kamu dapat mengerjakan tugasnya lebih cepat karena adanya bantuan tambahan dari rekan kerja kamu!

7. Mengucapkan Terima Kasih

Dengan mengucapkan hal sederhana seperti terima kasih juga sudah cukup lho! Kok bisa? Bisa dong! Karena kamu harus ambil sisi positifnya, bisa saja kamu dipercaya oleh atasan dengan tugas itu dibandingkan dengan rekan kerja lainnya. Kamu juga bisa bilang terima kasih lalu memberikan alasan keberatan dan lain-lain. Asal dibicarakan secara profesional saja ya!

Sekarang sudah tahu kan cara-caranya untuk menolak tugas dari atasan dengan baik? Jangan lupa diterapkan pas nanti atasan ngasih ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *