Tanggal:20 June 2024

Mengenal Direct Marketing? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Apakah kamu pernah mendapatkan SMS yang berisikan penawaran potongan harga? SMS berisi penawaran produk tersebut merupakan salah satu bentuk direct marketing, lho.

Sebagai salah satu strategi marketing, banyak orang menganggap bahwa direct marketing merupakan teknik yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Sebab, teknik ini dinilai efektif karena langsung mengarah kepada pelanggan, tanpa perlu melibatkan perantara lain.

Nah sebenarnya, apa sih pengertian direct marketing itu sendiri? Seberapa efektif menerapkannya dalam kegiatan marketing?

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing merupakan strategi marketing yang mengandalkan komunikasi atau distribusi langsung kepada pelanggan. Maksud dari komunikasi secara langsung di sini adalah memperkenalkan ataupun menjual produk atau layanan. Strategi ini biasa dilakukan secara tatap muka atau lewat media komunikasi seperti telepon, email, dan SMS.

Strategi yang digunakan direct marketing tidak melibatkan perantara lain seperti media iklan. Meski sekarang ini banyak marketer yang memanfaatkan iklan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Strategi direct marketing dinilai lebih efektif dibandingkan periklanan konvensional. Sebab, kamu bisa langsung menerima respons dari pelanggan.

Jenis Direct Marketing

Kalau kamu tertarik mencoba direct marketing,kamu tidak perlu khawatir kehabisan cara. Sebab, ada banyak jenis direct marketing yang biasa digunakan diantaranya:

1. Email Marketing

Email marketing adalah cara yang sederhana, ekonomis, dan bisa diatur skalanya dalam menjangkau pelanggan kamu. Penggunaan email marketing juga memungkinkan kamu menampilkan kesan profesional. 

Email marketing bisa berupa buletin elektronik, email promosi, atau penawaran baru untuk pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli, atau iklan yang kemungkinan muncul dalam email perusahaan.

2. Social Media Marketing

Media sosial adalah sasaran promosi bisnis paling potensial saat ini. Social media marketing mempermudah kamu berkomunikasi langsung dengan pelanggan di seluruh dunia. Selain itu, penggunaan media sosial dapat digunakan untuk promosi produk secara rutin.

Penggunaan media sosial juga akan memudahkan pelanggan untuk membagikan konten kamu dengan seluruh jaringan yang secara eksponensial mampu meningkatkan jangkauan brand.

3. Telemarketing

Telemarketing adalah upaya promosi kepada konsumen potensial lewat sambungan telepon. Keuntungan telemarketing adalah sifatnya yang personal dan interaktif.

Selain itu, telemarketing juga memungkinkan kamu untuk melakukan penjualan langsung. Serta bentuk komunikasi yang tepat untuk mempengaruhi ketertarikan pelanggan. Salah satu bisnis yang menggunakan jenis direct marketing ini adalah bank.

4. SMS Marketing

SMS marketing merupakan bentuk promosi yang menggunakan pesan singkat. Salah satu bentuk dari SMS marketing adalah penawaran diskon produk dalam waktu pendek. Dibandingkan dengan strategi direct marketing lainnya, SMS marketing memiliki beberapa keunggulan.

Di antaranya bentuk promosi yang mobile friendly. Ini tidak lepas dari fakta bahwa SMS adalah salah satu fitur bawaan ponsel. SMS marketing juga dapat menyasar berbagai kalangan. Termasuk calon konsumen yang tidak menggunakan smartphone.

5. Katalog

Meski area distribusinya terbatas, promosi lewat katalog merupakan jenis direct marketing yang efektif. Kamu bisa memberikan rincian produk dan harga yang jelas di katalog, lalu menyebarluaskannya secara fisik maupun digital.

Biasanya katalog digunakan usaha lokal yang menargetkan konsumen dari daerah yang sama. Jadi jika ada orang tertarik, mereka bisa langsung datang ke lokasi dan memeriksa ketersediaan produk. 

6. Penjualan Langsung

Penjualan langsung merupakan cara yang efektif dalam mempromosikan bisnis dengan anggaran yang lebih terjangkau dan fleksibel. Penjualan langsung memungkinkan konsumen untuk melihat langsung produk yang ditawarkan. Selain itu, penjualan langsung memberi kesempatan kamu memperkuat hubungan dengan pelanggan. 

Manfaat Direct Marketing

Adapun beberapa manfaat direct marketing yang bisa langsung kamu rasakan, diantaranya:

1. Mendapat Respons Langsung dari Pelanggan

Pemasaran langsung ke pelanggan berpotensi menaikkan pendapatan bisnis. Pelanggan bisa langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilisan terbatas produk yang kamu tawarkan.

Selain dari segi pendapatan, respons pelanggan dapat menjadi ukuran keberhasilan strategi marketing kamu.

2. Hemat Biaya Promosi

Dengan strategi direct marketing yang tepat, bisnis kamu akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Itu artinya kamu tidak perlu menggunakan jasa media iklan yang menghabiskan banyak biaya.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Direct marketing memungkinkan kamu berkomunikasi langsung dengan pelanggan. kamu secara personal dapat menanyakan kebutuhan pelanggan dan melakukan penyesuaian. Semakin kamu mengenal pelanggan, maka pelanggan akan semakin loyal.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *