Tanggal:23 July 2024

Belajar Soal Makanan, Adakah Perbedaan Jurusan Gizi dan Teknologi Pangan?

Kamu yang memiliki ketertarikan pada dunia makanan mungkin tidak asing mendengar kedua jurusan yang populer dan memiliki banyak peminat. Apa saja jurusannya? Yap ilmu gizi dan teknologi pangan. Kedua jurusan tersebut sangat dicari oleh siswa yang menyukai hal berhubungan soal makanan. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Namun, tahukah apa yang membedakan kedua jurusan tersebut? Artikel ini akan membahas kedua perbedaan jurusan gizi dan teknologi pangan. Pasalnya, masih banyak orang yang menganggap sama terhadap dua jurusan tersebut sehingga kurang mengetahui secara spesifik apa yang membedakannya. 

Baca juga: Perilaku Orang Tua yang Membuat Anak Stres

Perbedaan Jurusan Ilmu Gizi dan Teknologi Pangan

Jurusan Gizi vs Teknologi Pangan. Sumber: pexels.com

Jurusan Ilmu Gizi banyak memisahkan ke dalam bidang kedokteran ataupun masyarakat di beberapa PTN/PTS. Terlepas dari ranahnya yang berbeda, mahasiswa yang mengambil jurusan Ilmu Gizi dan hampir menginjak tahun akhir kuliah akan memilih antara klinis dan nonklinis.

Ilmu gizi nantinya akan menguasai secara mendalam tentang pola diet yang baik sesuai asupan gizi yang harus masuk ke dalam tubuh tidak hanya diet, ahli gizi juga dapat mengurus segala hal yang berkaitan dengan pola makan sehat sehari-hari berdasarkan kebutuhan fisik maupun penyakit yang diderita seseorang.

Ilmu gizi dalam praktikumnya juga merancang makanan secara spesifik sesuai segmen seseorang misalnya oat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit jantung. Berbeda dengan teknologi pangan yang juga melakukan praktikum sejenis ilmu gizi dengan membuat teknologi pengolahan makanan yang cukup memakan banyak biaya hasilnya bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi tidak terlalu spesifik seperti Ilmu Gizi. 

Prospek kerja antara ilmu gizi dan teknologi pangan juga bisa berkaitan satu sama lain, jika Ilmu Gizi bisa menunjang karier di rumah sakit sebagai konsultasi gizi dan dietist, sementara teknologi pangan menjurus ke perusahaan FGCM (Fast Goods Consumer Manufacturing) walaupun sebetulnya bisa saja Ilmu Gizi juga menempati perusahaan tersebut sebagai nutritionist.

Baca juga: Cara Membuat Desain Stempel di Corel

Masih penasaran dengan perbedaan lainnya seputar jurusan Ilmu Gizi dan Teknologi Pangan? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Prinsip UX Design

1. Fokus Bidang yang Dipelajari

Sub bidang yang dipelajari memiliki perbedaan, untuk jurusan Ilmu Gizi berfokus pada kandungan dalam bahan makanan dan dampak yang ditimbulkan kepada seseorang agar dapat mengatur kebutuhan gizi sehari-hari. Berbeda dengan jurusan Ilmu Teknologi Pangan yang berfokus pada permasalahan pengolahan atau pemrosesan, pengawetan, pengemasan, serta penyimpanan makanan. Cukup berbeda, bukan?

2. Mata Kuliah

Selain fokus bidang yang dipelajari, tentu mata kuliah yang dipelajari pun memiliki perbedaan. Pada Ilmu Gizi mengarah kepada bidang yang berkaitan dengan biologi seperti fisiologi dan anatomi, sedangkan mata kuliah dalam Ilmu Teknologi Pangan banyak berkaitan dengan bidang kimia seputar proses kimiawi. 

Baca juga: Ciri-ciri Negara Agraris

3. Nama Fakultas

Fakultas yang menaungi kedua jurusan ini juga berbeda, ilmu gizi biasanya berada dalam fakultas kedokteran, fakultas kesehatan masyarakat, serta fakultas ekologi manusia tergantung asal kampus. Pada jurusan Ilmu Teknologi Pangan biasanya berada dalam naungan fakultas teknologi pertanian.

4. Prospek Kerja setelah Lulus

Telah disinggung sedikit di atas mengenai prospek kerja kedua jurusan tersebut. Bagi lulusan jurusan Ilmu Gizi biasanya akan bekerja sebagai seorang ahli gizi atau nutritionist di instansi kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit dan Ilmu Teknologi Pangan biasanya bekerja di dunia industri sebagai quality control di sebuah perusahaan makanan ataupun menjadi teknisi ilmu pangan.

Baca juga: Cara Mengatasi Orang Tua Toxic

Itu dia penjelasan mengenai perbedaan jurusan Ilmu Gizi dan Teknologi Pangan. Informasi tersebut dapat kamu ketahui agar dapat segera memilih antara kedua jurusan tersebut.

Untuk membaca artikel menarik lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki, kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Mengapa Indonesia di sebut Negara Agraris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *