Tanggal:10 May 2024

Perbedaan WordPress .com dan .org? Berikut Lengkapnya!

Memang ada perbedaanya ya? Pasti ada dong! Apakah kamu tahu? Bahwa WordPress memiliki dua versi, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Kedua jenis WordPress ini juga memiliki spesifikasi masing-masing tentunya yang sangat berbeda. Tetapi, sebelum kita membahas perbedaan dari kedua jenis WordPress, kamu sudah tahu belum apa itu WordPress? Kalau belum, yuk kita bahas dulu! 

WordPress sendiri pertama kali dibangun pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Website ini adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik. Menarik banget bukan! 

WordPress sendiri digunakan untuk banyak hal, salah satunya untuk blog. Lalu, manfaat-manfaatnya apa aja sih? Banyak lho! Salah satunya adalah untuk dijadikan blog website. Nah sekarang saatnya kita bandingkan perbedaan antara versi .com dan .org nih, kira-kira apa aja ya? Yuk kita cek bareng! 

1. Gratis dan Berbayar 

Perbedaan pertama adalah biaya dan harga dari kedua jenis WordPress. Yang satu gratis dan yang satunya lagi berbayar. Tentu saja dengan harga yang berbeda, fitur yang ditawarkan juga beda. Kalau versi .com, kamu gratis tidak perlu membayar, tetapi kamu tidak bisa memiliki hosting dan domain sendiri ya, layaknya versi .org.

2. Domain 

Seperti yang sudah dijelaskan dalam poin sebelumnya, domain dari versi .com tidak bisa memilih. Sedangkan versi .org bisa memilih sendiri.

3. Iklan 

Perbedaan selanjutnya terdapat di iklan. Kalau versi .org, kamu bisa memilih iklan sebebas-bebasnya untuk dipasangkan dalam websitemu, tetapi tidak untuk versi.com.

4. Powered By 

Untuk logo Powered By sendiri, versi .org dapat kamu hapus jika diinginkan. Tetapi, kamu tidak bisa menghapus pada versi.com. Nantinya, akan ada tulisan Powered By WordPress.

5. Plugin 

Untuk perbedaan di plugin sudah sangat jelas dari kedua jenis WordPress ini. Untuk .com, kamu tidak bisa memasang Plugin gratis maupun berbayar, sedangkan versi .org bisa keduanya.

6. Analytics

Pastinya kamu ingin menggunakan analytics pada WordPress-mu. Tetapi, kamu hanya bisa menggunakan analytics lain pada versi .org, karena dari versi .com, kamu harus menggunakannya langsung dari WordPress.

7. SEO 

Untuk perbedaan yang terakhir, ini sangat penting dan krusial lho! Karena pada versi .com, kamu tidak bisa install plugin untuk meningkatkan kualitas SEO-mu, tetapi pada versi.org, kamu bisa menginstall plugin dan meningkatkan kualitas SEO-nya.

Setelah melihat perbedaan-perbedaanya, udah tahu kan cara membedakan WordPress jenis .org dan .com?

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *