Tanggal:05 May 2024

Cara Membuat Live Chat di Website Dengan Mudah, Ikuti Langkah-Langkah Berikut!

Fitur Live Chat mungkin merupakan salah satu fitur yang sedang digunakan sekali pada era digital saat ini. Ditambah juga, saat terjadinya pandemi kemarin, kita terpaksa harus menggunakan hal-hal yang terkait dengan digital media dan internet. Mulai dari sekolah, pekerjaan, berjualan, dan hiburan. Contohnya saja fitur Live Chat ini yang kita akan bahas! 

Live Chat sendiri sudah hampir ada di banyak aplikasi-aplikasi. Contohnya saja Instagram, Tiktok, dan Facebook. Tetapi, kamu tahu tidak bagaimana caranya untuk membuat Live Chat di Website? Kalau tidak tahu, kamu akan tahu pastinya karena kita akan membahas cara-caranya  membuat Live Chat di Website! Kali ini, kita gunakan website WordPress dengan Plugin WP Live Chat Support ya!

1. Login ke WordPress 

Langkah pertama pastinya kamu harus login ke website WordPress-mu menggunakan username dan password kamu. Ini merupakan langkah pertama yang tentunya kamu harus ikuti ya!

2. Install Plugin WP Live Chat Support 

Setelah login, pilih menu Plugin > Add New. Lalu cari plugin WP Live Chat Support atau 3CX Live Chat di kolom pencarian. Kemudian, klik Install Now dan Activate. 

  • Setelah itu, Plugin yang sudah kamu install akan teraktivasi. 
  • Setelah plugin aktif, pilih menu Live Chat > Settings. 
  • Kemudian kamu akan langsung mengarah ke General Settings. Pilih di channel mana saja kamu akan menggunakan live chat. Pilih opsi bawah jika kamu hanya menggunakan live chat dengan login WordPress. 
  • Lalu klik Next.
  • Selanjutnya, masukkan nama dan email agent kamu yang akan membalas chat dari pengunjung. Tinggal masukkan username, nama, dan alamat email agent kamu. 
  • Selanjutnya klik Next. Kemudian, pilih warna tampilan live chat. Lalu klik Next. 
  • Tunggu beberapa saat hingga live chat kamu berhasil dibuat.

3. Pengaturan Tambahan 

Setelah Live Chat berhasil ditampilkan, kamu masih membutuhkan beberapa pengaturan. Lalu, kamu klik menu Live Chat di dashboard dan pilih settings. Selanjutnya, aktifkan kolom chat dengan memilih Yes. Jika terdapat user yang mungkin sudah login ke member area website,  kamu dapat mengatur supaya mereka tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum chatting. Kamu juga dapat mengaktifkan live chat pada perangkat mobile, mengaktifkan notifikasi suara ketika ada pesan masuk, dan lainnya.

4. Tampilan Live Chat Box

Untuk tampilan dari Live Chat Box sendiri, dapat kamu atur di Live Chat Settings sesuka desain yang kamu inginkan. Jangan lupa berkreasi ya! Lalu, Untuk membalas pesan, silakan klik menu Live Chat, kemudian pilih chat pada daftar yang sesuai, kemudian klik tombol Join Chat.

5. History Live Chat  

Fitur lain dari plugin WP Live Chat Support yang dapat memungkinkan kamu untuk melihat history chatting adalah dengan memilih tab History untuk mengaksesnya. Plugin ini juga memiliki fitur untuk mengecek pesan pada live chat ketika ada user yang mengirimkan pesan ketika live chat kamu offline. Untuk mengeceknya sendiri silahkan pilih menu Offline Messages.

Nah kamu sudah tahu nih cara-caranya, kalau kamu penasaran ingin mencoba, jangan lupa untuk ikuti cara-cara diatas ya! 

Referensi: NiagaHoster

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *