Tanggal:29 April 2024

Perkembangan Teknologi Komunikasi Bagi Kalangan Anak Muda

Pada awalnya manusia bertukar informasi melalui bahasa, dengan bertukar informasi secara langsung melalui percakapan sehari – hari. Akan tetapi bertukar informasi melalui percakapan hanya bertahan sebentar saja. Biasanya setelah seseorang menerima informasi dari seseorang informasi tersebut tidak bisa bertahan dengan lama. Selain itu bertukar informasi melalui percakapan hanya bisa di lakukan dengan jangkauan tertentu tidak dapat tersebar secara luas. Karena hanya mengandalkan percakapan sehari-hari. Seiring perkembangan teknologi, informasi saat ini, manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembanganya dan pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.

Seseorang dikatakan berhasil jika ia sudah bisa menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi dan mempraktekannya dengan menggunakan teknologi di kehidupan sehari – hari. Dan jika sesorang tidak tahu akan teknologi. Mereka bisa dikatakan tidak berhasil atau gagal dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Dengan berkembangnya teknologi saat ini semakin memudahkan proses komunikasi tanpa memikirkan jarak, ruang dan waktu. Dan lebih mudah dalam memperoleh informasi dengan memperolehnya lebih cepat. Teknologi juga berperan penting dalam proses membantu seseorang dalam melakukan pekerjaanya. Seperti mengolah data, berbisnis, berbagi informasi tanpa di batasi oleh ruang, dan waktu. Tergantung oleh penggunanya yang mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

Baca Juga | Begini Realitas Pelaksanaan Etika Komunikasi Massa

Fenomena Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Anak Muda

Anak muda(pexels.com/helena lopes)

Kenyamanan yang dirasakan oleh adanya perkembangan teknologi tersebut dapat berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang. Cara pandang dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat tertentu terutama dikalangan anak muda milenial. Masa-masa mereka merupakan suatu masa dimana tumbuhnya seseorang dalam masa anak-anak menjadi ke dewasa. Yang meliputi semua perkembangan baik perkembangan fisik maupun perkembangan pikiran. Sekarang ini teknologi, informasi dan komunikasi berkembang sangatlah pesat seiring berjalannya waktu ke waktu.

Beberapa dari dampak perkembangan teknologi tersebut adalah munculnya beberapa alat komunikasi baru seperti handphone, internet, televisi dan lain-lain. Hal inilah yang menjadikan akses informasi menjadi semakin cepat dan mudah. Oleh karena itu perkembangan teknologi tersebut di harapkan mampu menjadi media untuk berkembangnya pola pikir masyarakat.

Akibat pesatnya perkembangan teknologi tersebut membuat para remaja milenial sangat bergantung dengan namanya teknologi, terutama internet. Anak muda milenial adalah yang paling aktif dalam menggunakan media sosial. Biasanya mereka menggunakan media sosial hanya untuk sekedar menanyakan informasi ataupun hanya untuk sekedar sebagai media hiburan saja. Apalagi saat ini banyak bermunculan aplikasi di smartphone seperti facebook, twitter, whatapps dan aplikasi aplikasi lainnya.

Tidak hanya aplikasi saat ini perkembangan teknologi juga memunculkan beberapa jenis game baru yang cara kerjanya menggunakan bantuan internet. Para anak-anak muda biasanya bermain game berjam jam tanpa memikirkan waktu. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut telah mengubah perilaku remaja menjadi perilaku yang individualis. Karena asik bermain dengan smarthphone tanpa memikirkan aktivitas sosialnya. Kebiasaan tersebut telah mengubah perilakunya karena tidak memikirkan keadaan sosial di lingkungannya. Untuk itu di butuhkan peran dan pengawasan dari orang tua agar dapat membimbing anak – anaknya. Supaya tidak menjadi sebuah kebiasaan yang terus menerus karena akan menggangu sifat dan perilakunya.

Dari ulasan di atas maka kita mengetahui bahwa perkembangan teknologi komunikasi memiliki berbagai dampak untuk kehidupan anak muda. Selanjutnya kita akan membahas dampak positif dan negatif perkembangan teknologi komunikasi secara rinci. Yuk simak dibawah!

Baca Juga | Apakah Cara Berkomunikasimu Sudah Efektif? Ini Lho 5 Teknik Dalam Komunikasi!

Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi Bagi Kalangan Anak Muda

1. Dampak Positif

Dilansir dari Nurudin (2017) dalam bukunya perkembangan teknologi komunikasi. Berikut adalah dampak positif dari perkembangan teknologi komunikasi bagi kalangan anak muda.

  • Internet sebagai media berkomunikasi. Dengan adanya internet tersebut para anak muda dapat mudah untuk berkomunikasi secara luas. Yaitu dengan pengguna dari seluruh dunia tanpa di batasi oleh ruang dan waktu.
  • Dengan adanya internet sebagai media pertukaran data, remaja dapat saling bertukar informasi dengan cepat.
  • Media untuk mencari informasi atau data, dengan perkembangan internet yang pesat. Menjadikan www (World Wide Web) sebagai salah satu sumber informasi yang sering digunakan karena keakuratanya dalam menyajikan informasi.
  • Mempermudah proses pembelajaran bagi para anak muda khususnya dibidang pendidikan. Apalagi mahasiswa sangat terbantu dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen.
  • Mempermudah komunikasi untuk menyambung silaturrahmi antar sesama penggunan sosial media.
  • Memudahkan untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan. Sehingga tidak perlu pergi ke tempat penawaran atau penjualan sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.
  • Tidak ketinggalan teknologi, anak muda milenial dapat mengikuti perkembangan Era Teknologisasi Dunia. Sehingga para anak muda lebih efektif, produktif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena adanya teknologi.
  • Sebagai media untuk hiburan, beberapa teknologi telah menciptakan fasilitas game, audio dan video sebagai media hiburan di kalangan anak muda pada saat ini.

Baca Juga | Begini Pentingnya Komunikasi Dan Proses Komunikasi Dalam Sebuah Organisasi

2. Dampak Negatif

Tidak hanya mempunyai dampak positif, Teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki beberapa dampak negative yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari.   Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi. Ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman pengguna akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi. Pengguna kebanyakan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara berlebihan, dan tidak memikirkan dampaknya. Dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik karena terlalu asik dan berlebihan dalam menggunakan teknologi.
  • Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber karena salah dalam menyalah gunakan kemudahan dan kecangihan teknologi sehingga muncul banyak tindakan kejahatan.
  • Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas. Karena kebebasan dalam berpendapat di media sosial oleh karena itu memicu adanya tindakan tersebut.
  • Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan, karena terlalu sering asik sendiri dengan bermain game ataupun bermain di media sosial.
  • Menguras biaya karena memerlukan biaya dalam penggunaan internet.
  • Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna, dengan adanya teknologi ia mengabaikan kehidupan sosialnya dan asik sendiri dengan teknologi yang dimainkan.
  • Menurunnya semangat untuk belajar bagi anak muda. Akibatnya prestasi di sekolah atau diperguruan tinggi menjadi dampaknya.
  • Konten negatif yang berkembang dengan pesat. Walaupun pemerintah sudah berusaha membatasi agar tidak ada konten negatif di internet ataupun di media sosial. Namun hal itu sama saja, masih banyak konten negatif yang masih beredar sampai saat ini.
  • Cyber Bullying yang marak terjadi terutama di media sosial.

Nah itu dia tadi dampak perkembangan teknologi komunikasi bagi kalangan anak muda. So, buat kamu nih yang anak muda millenials harus bisa memanfaatkan teknologi komunikasi dengan sebaik-baiknya yaa. Jangan gunakan teknologi untuk hal-hal yang tidak baik!. Bagaimana menurutmu penjelasan di artikel ini, yuk berikan komentarmu dibawah ini!

Baca Juga | 7 Cara Mengatasi Overthinking, Cobalah Perlahan

Kursus membuat Aplikasi website
Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *