Tanggal:09 May 2024

5 Prospek Kerja bagi Akuntansi yang Menjanjikan

Sampai saat ini akutansi adalah salah satu jurusan yang paling populer dan banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Selain itu, jurusan ini layak untuk dipertimbangkan karena mengingat jenjang kariernya yang menjanjikan. Jurusan ini berkaitan erat dengan keuangan dan dunia bisnis, maka tak heran jurusan akutansi sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri kerja baik itu perusahaan hingga pemerintahan. Apa saja prospek kerja akutansi? Yuk, simak artikel berikut.

Baca Juga : Memahami Pengertian dan Nomor Akun Pada Akuntansi Dasar

Pengertian Akutansi

Secara garis besar, pengertian atau definisi akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Dengan demikian, informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Seorang praktisi yang ahli dalam bidang ini disebut sebagai akuntan.

Accounting artinya bisa disebut sebagai bahasa bisnis untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi serta menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk manajemen, investor, kreditor, dan regulator. Berbagai teori berkembang seiring dengan semakin banyaknya orang yang ingin mempelajarinya.

Meskipun sistem akutansi memberi berbagai kemudahan dalam melakukan kegiatan, ilmu dan pemahaman mengenai prinsip dasar akuntansi juga sangat penting untuk dipahami oleh para pengusaha.

Baca juga: Akuntansi Dasar Adalah

Prospek Kerja Akutansi

Jika kamu berminat ingin masuk ke jurusan ini, ada beberapa jenis prospek kerja seorang akuntan yang wajib kamu ketahui sebagai berikut.

Pixabay

1. Akuntan Publik

Jika kamu tertarik menjadi akuntan publik, kamu dapat bekerja di perusahaan atau individual. Tugasnya mulai dari menyiapkan dan menganalisa laopran dan dokumen keuangan. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami regulasi perpajakan dengan baik serta mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

Profesi ini dapat bekerja di berbagai macam industri yang memanfaatkan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat bekerja sebagai akuntan publik. Untuk bisa berkarir sebagai akuntan publik, kamu harus punya kemampuan analisa yang tinggi, teliti, dan memiliki sertifikasi profesi akuntansi publik di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Profesi Akuntan Publik

2. Financial Analyst

Prospek kerja lulusan akuntansi selanjutnya adalah menjadi financial analyst. Umumnya, tugas utamanya ialah menilai stabilitas dan profitabilitas suatu usaha hingga proyek. Nantinya, analisis ini disajikan dalam sebuah laporan berbentuk rasio kepada pimpinan suatu usaha. Laporan ini menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan perusahaan.

Misalnya, manajemen dapat memutuskan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan operasional suatu usaha serta bagian dari usaha tersebut. Selain itu, mereka juga mempelajari investasi kinerja seperti obligasi, komoditas, dan saham untuk memberikan panduan bisnis yang dapat digunakan dalam keputusan investasi.

Baca juga: 5 Tips Menjadi Konsultan Keuangan Yang Andal!

3. Internal Auditor

Perusahaan apapun pasti membutuhkan peran internal auditor yang bertugas memastikan hasil laporan keuangan perusahaan. Selain itu, internal auditor harus memastikan seluruh manajemen telah melakukan usaha secara efisien dan tidak terjadi penyimpangan. Secara keseluruhan, tugas kamu memastikan kegiatan bisnis sesuai dengan prosedur yang berlaku.

4. Manajer Akuntan

Manajer akuntansi bertugas mengelola dan mengawasi departemen akuntansi serta semua bidang pelaporan keuangan. Ia kemudian bertugas memelihara prinsip akuntansi dan mengembangkan berbagai praktik terbaik, serta sistem untuk menganalisis, mengumpulkan, dan melaporkan informasi. Seorang Manajer Akuntansi juga harus dapat memiliki pemahaman yang kuat mengenai beragam Prinsip Akuntansi yang diterima Secara Umum (GAAP).

Manajer akuntansi juga akan memberi saran tentang pelaporan keuangan, anggaran, strategi keuangan, dan perkiraan. Ia juga bertanggung jawab mengelola tim akuntansi,  menyiapkan buku besar, membantu mengaudit, dan mendukung manajer lintas tim dengan prosedur keuangan.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

5. Account Officer

Tugas account officer meliputi penanganan kebutuhan produk klien pada perusahaan finansial maupun sektor perbankan. Account officer juga bertanggungjawab menjalin hubungan baik dengan para nasabah ketika kamu akan berperan sebagai petugas yang menangani berbagai permasalahan yang dihadapi nasabah.

Tentunya kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan berpikir analitis, teliti, mampu mengoperasikan QuickBooks, mampu mengopersikan berbagai software berbasis keuangan, dan memiliki sertifikasi profesi.

6. Konsultan Pajak

Kalau kamu punya keinginan membantu orang lain atau organisasi dalam meningkatkan perpajakan, kamu bisa berkarier sebagai konsultan pajak. Konsultan pajak bertugas membantu individu hingga badan usaha dalam membuat keputusan tentang masalah perpajakan.

Singkatnya, kamu akan membantu mereka dalam menghitung, menyusun, melaporkan, hingga membuat keputusan bijak yang berkaitan dengan pajak. Ingat, kamu harus bernaung di bawah kewajiban pajak dan hukum perpajakan yang berlaku.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Jenis-Jenis Pajak Yang Berlaku Di Indonesia

7. Assisten Controller

Sebagai lulusan akuntansi yang berpengalaman, kamu bisa berkarir menjadi assistant controller bagi suatu perusahaan maupun organisasi. Assistant controller melakukan dukungan kontrol perusahaan dalam semua aktivitas yang berhubungan dengan akuntansi, termasuk akuntansi manajerial, akuntansi lanjutan, dan aktivitas keuangan dalam perusahaan.

Sebagai seorang yang berkarir dalam bidang ini, kamu harus mempunyai berbagai keterampilan analitis, komunikasi, organisasi, dan kemampuan teknologi yang kuat. Untuk berkarir di posisi ini, umumnya perlu setidaknya pengalaman lima tahun di bidang akuntansi, atau keuangan, atau pengalaman akuntan publik.

Nah, itulah informasi mengenai prospek kerja Akutansi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 9 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *