Tanggal:30 April 2024

7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis

Jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi, tentu memiliki prospek kerjannya masing-masing. Prospek kerja merupakan salah satu hal yang menyebabkan perbedaan tinggi rendahnya peminat pada suatu program studi.

Kumpulan jurusan yang paling diminati kebanyakan berasal dari bidang bisnis. Hal demikian dapat terjadi akibat anggapan bahwa ilmu di dunia bisnis dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Tak hanya itu, prospek kerja di bidang tersebut sangat berlimpah.

Baca Juga : 11 Pengusaha Muda Tersukses di Indonesia

Salah satu jurusan bisnis dengan peminat cukup tinggi di Indonesia adalah manajemen bisnis. Manajemen bisnis memiliki banyak peminat karena dianggap dibutuhkan di setiap perusahaan. 

Anggapan-anggapan di atas memang benar adanya. Hampir seluruh perusahaan besar membutuhkan seseorang yang ahli dalam manajemen untuk mencapai tujuan bisnis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lulusan manajemen bisnis dibanjiri banyak peluang.

Baca Juga : Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Lalu, apa saja karier dan profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan manajemen bisnis? Di bawah ini akan dibahas secara lengkap mengenai prospek kerja dari jurusan tersebut. Simak dan cermati hingga akhir, ya!

Baca Juga : 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Banyak Dibutuhkan!

Jurusan Manajemen Bisnis

Ilustrasi Jurusan Manajemen Bisnis (Source: pixabay)

Berkuliah di jurusan manajemen bisnis dianggap menjadi jalan pembuka untuk masa depan yang cerah. Bagaimana tidak, lulusan-lulusannya akan dicari dan ditempatkan di perusahaan dalam posisi apa pun.

Ketika tidak ingin menjadi seorang pegawai pun, kamu dapat memiliki bisnis sendiri, lho. Tentu saja ilmu yang kamu dapatkan akan sangat berguna bagi kemajuan bisnismu.

Dengan menggeluti jurusan ini, kamu akan diberikan ilmu mengenai cara menyusun dan mengeksekusi sebuah rencana secara efektif dan efisien. Tak hanya itu, proses pengumpulan data dan cara analisis yang baik juga akan diajarkan. 

Dengan ilmu yang sangat luas dan dapat diimplementasikan pada banyak bidang, tak jarang bahwa jurusan ini memiliki peminat cukup tinggi.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Menjadi PNS

Prospek Kerja Manajemen Bisnis

prospek kerja jurusan manajemen bisnis

Ilustrasi Prospek Kerja Manajemen Bisnis (Source: pixabay)

Setelah memahami ilmu apa saja yang diajarkan dalam jurusan manajemen bisnis, kamu juga harus tahu prospek kerjanya. Berikut adalah tujuh profesi menjanjikan yang dapat ditekuni oleh lulusan-lulusan manajemen bisnis:

1. Dosen

Lulusan manajemen bisnis dapat menjadi seorang dosen. Berbekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dikantonginya, mereka dapat melakukan transfer ilmu secara maksimal kepada para mahasiswa. Namun, syarat untuk menjadi seorang dosen manajemen bisnis adalah harus menyelesaikan studi minimal magister atau bergelar M.M.

Baca Juga : Syarat Menjadi Dosen

2. Pebisnis atau Enterpreneur

Seperti pada pembahasan sebelumnya, profesi ini berlaku ketika kamu tidak ingin menjadi seorang bawahan. Kamu dapat merintis usaha sendiri dengan bekal modal dan ilmu yang sudah terkuasai dengan baik. 

Baca Juga : 6 Pola Pikir Pengusaha

Lulusan-lulusan manajemen bisnis tentu mengetahui cara mengatur strategi dan mengeksekusinya dengan efektif dan efisien. Sehingga, kemungkinan perusahaan dapat berkembang pesat sudah di depan mata.

Baca Juga : Tips Menjadi Pengusaha Muda

3. Project Manager

Seorang project manager, difokuskan pada tujuan pengembangan proyek. Tugasnya adalah merencankan, mengendalikan, memantau dan menyelesaikan sebuah project. Oleh karena itu, dibutuhkan orang dengan bekal ilmu-ilmu perencanaan yang efektif, seperti lulusan manajemen bisnis.

Gaji dari posisi ini menyetuh angka 10,5 juta rupiah tiap bulannya.

Baca Juga : Kenali Posisi Frontliner

4. Risk Manager 

Prospek kerja jurusan manajemen bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang risk manager. Risk manager atau manajer risiko, kinerjanya dibayar berkisar 8 juta rupiah/bulan. Tentunya besaran gaji tersebut sebanding dengan tugas-tugas yang diemban.

Mereka diharuskan untuk mampu menganalisis segala risiko yang mungkin terjadi. Tentunya dengan menyiapkan solusi-solusi atas permasalahan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa seorang risk manager memiliki andil besar terhadap perkembangan perusahaan.

Baca Juga : 10 Skill Risk Manager

5. Business Development

Prospek kerja lain yang dapat diraih oleh jurusan manajemen bisnis adalah bussiness development. Profesi dengan gaji berkisar 6,7 juta per bulan ini memiliki tanggung jawab sebagai perencana dalam suatu bisnis. 

Tanggung jawab yang diembannya antara lain adalah melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan, menjaga relasi dengan klien, dan menyusun rencana pengembangan bisnis yang sedang digeluti.

Baca Juga : Job Desk Business Development

6. Marketing Executive

Marketing Executive menjadi prospek kerja yang ke-tujuh dari  jurusan ini. Tugas dari profesi ini lebih difokuskan pada bagian pemasaran dan promosi. Seorang marketing executive diharuskan menyusun strategi terbaik demi memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. 

Dalam prosesnya, mereka akan melahirkan posisi-posisi baru sebagai penyokongnya, seperti content marketing, digital marketing, dan social media marketing.

Baca Juga : Tugas Marketing Executive

7. Chief Operational Officer (COO)

Chief Operational Officer (COO) merupakan posisi tertinggi kedua setelah pimpinan perusahaan. Sebagai direktur operasional, mereka bertanggung jawab atas segala kegiatan operasional yang tengah berlangsung. Oleh karena itu, mereka harus memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa. Tugas yang diembannya adalah mengawasi beberapa departemen dalam perusahaan. 

Baca Juga : Macam-Macam Direktur Perusahaan

Penutup

Itulah beberapa prospek kerja yang dapat diperjuangkan oleh para lulusan manajemen bisnis. Dengan menekuni berbagai profesi yang telah disebutkan, ilmu yang didapat saat berkuliah dapat diterapkan dengan baik. Sehingga, tidak perlu mempelajari ulang dasar-dasar dari ilmu bisnis. 

Tak hanya itu, seluruh profesi di atas sangat menjanjikan dan memiliki gaji tak main-main. Jadi, berjuanglah lebih keras untuk menjadi bagian dari mahasiswa manajemen bisnis, ya. Semoga artikel ini cukup membantu!

Baca Juga : Yuk, Simak Prospek Kerja Jurusan Geografi

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *