Tanggal:24 July 2024
prospek jurusan biologi

7 Prospek Kerja untuk Jurusan Biologi, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Prospek kerja bagi kamu yang lulus dari jurusan biologi sangat banyak, lho! Tidak hanya profesi di sektor pendidikan, kamu juga dapat melebarkan kariermu di bidang lain yang memiliki masa depan menjanjikan. Wah, apa saja ya profesinya? Simak penjelasan berikut, yuk! 

Kursus online belajar grammar vocasia

Baca juga: Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup Dalam Ilmu Taksonomi

Keahlian dan Pengetahuan yang Didapat dari Jurusan Biologi 

biologi

Ilustrasi jurusan biologi (cr. pixabay)

Pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan apabila memilih jurusan biologi untuk kelanjutan studimu tidak hanya akan memberikan pemahaman mengenai biologi saja, lho! Untuk lebih jelasnya, simak paparan di bawah, yuk! 

1. Kemampuan Melakukan Pengamatan 

Menjadi mahasiswa jurusan biologi akan membekalimu dengan kemampuan observasi yang mumpuni. Hal ini dikarenakan selama menjalani proses pembelajaran, kamu akan sering melakukan observasi terhadap makhluk hidup atau berkaitan dengan anatomi. 

2. Keahlian Meneliti 

keahlian meneliti

Ilustrasi peneliti (cr. pixabay)

Seorang lulusan biologi juga akan memiliki kemampuan meneliti yang bagus. Tak heran apabila seorang lulusan biologi menjadi peneliti profesional. 

3. Kecakapan Melakukan Analisis 

Nah, selain pandai meneliti, mereka juga mampu melakukan analisis dengan baik. Bekal ini sangat berguna dalam memperluas prospek kerja jurusan biologi. 

4. Mampu Berpikir Secara Rasional 

Menjadi seorang ahli di bidang ilmu pengetahuan sains akan menuntutmu menjadi seseorang yang berpikir secara rasional. Mereka yang menggeluti bidang sains akan menggunakan pertimbangan logis serta akan berpikir secara sehat dan jernih dalam menentukan sesuatu. 

Baca juga: 6 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

5. Berorientasi Pada Detail 

Para saintis juga akan memfokuskan diri pada setiap detail hal-hal yang dilakukannya. Hal ini dikarenakan mereka bergelut dengan ilmu sains yang mengedepankan analisis dan rasionalisme dalam berpikir dan mengambil keputusan. 

6. Pemahaman Biologi 

Tentu, kamu akan dibekali dengan pemahaman mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan biologi secara mendalam. Pemahaman yang mendalam terhadap ilmu biologi akan mengantarkan pada luasnya prospek kerja di masa depan.

Alasan Memilih Jurusan Biologi 

Ada beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbanganmu untuk memilih jurusan biologi, di antaranya: 

1. Luasnya Prospek Kerja di Masa Depan

Cakupan prospek kerja lulusan biologi termasuk luas. Hal ini dikarenakan ilmu biologi memiliki cakupan pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang. Sebut saja bidang kedokteran, pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, dan bidang lainnya yang memerlukan latar belakang pemahaman biologi yang mumpuni.

2. Makin Dibutuhkannya Ahli Bioteknologi 

Perkembangan teknologi yang makin masif di bidang bioteknologi berdampak pada kebutuhan tenaga ahli bioteknologi yang profesional. Hal ini semakin memperluas prospek kerja bagi jurusan biologi.  

Baca juga: Belajar Soal Makanan, Adakah Perbedaan Jurusan Gizi Dan Teknologi Pangan?

3. Dapat Bekerja di Bidang Biodiversitas 

Mereka yang lulusan biologi juga dapat bekerja di bidang analisis biodiversitas, seperti ahli di Taman Nasional atau lembaga non pemerintah lainnya yang bergerak di bidang lingkungan. Misalnya, World Wildlife Fund (WWF) atau Flora Fauna International (FFU). 

4. Bekerja Sebagai Peneliti 

Kamu yang senang melakukan eksperimen di laboratorium dapat memilih sebagai peneliti, analisis, maupun teknisi untuk mengembangkan karier di masa depan. 

peneliti

Ilustrasi peneliti (cr. pixabay)

5. Wirausahawan 

Tak hanya berkutat di bidang sains atau peneliti, kamu juga dapat melebarkan kariermu di bidang kewirausahaan dengan menjadi peternak, mengelola perkebunan, atau membuka usaha florist

Prospek Kerja Lulusan Biologi  

Tidak hanya di bidang pendidikan, ilmu biologi juga diperlukan untuk organisasi, lembaga, instansi, pemerintahan, atau perusahaan untuk menunjang perkembangan sumber daya manusia dan makhluk hidup. Berikut ini profesi yang mampu digeluti bagi lulusan biologi, check it out

1. Food Scientist 

Apabila kamu tertarik dalam proses pembuatan makanan dan lulusan dari jurusan biologi, profesi food scientist sangat cocok untuk kamu! 

Seseorang yang berprofesi sebagai food scientist akan mempelajari perihal rusak dan cara pengolahan makanan dengan teknik rekayasa, mikrobiologi, atau kimiawi. Selain itu, tingkat nutrisi dari makanan juga akan diidentifikasi dan dianalisisnya kandungan dalam makanan tersebut. Seorang food scientist juga akan meneliti makanan bergizi yang baru dengan pengolahan tertentu agar terasa enak, aman, dan sehat. 

Di samping itu, food scientist akan memeriksa kestabilan dan kematangan bahan yang digunakan agar produk yang dihasilkan memenuhi standar, kualitas, dan nilai gizi yang ditentukan. 

Pengemasan dari produk juga menjadi menjadi tanggung jawab food scientist untuk dapat didistribusikan, diolah, dan diawetkan dengan cara yang benar. Tentunya, seluruh ketentuan yang diberlakukan dalam pengawasan dan pengolahan bahan makanan perlu memenuhi regulasi yang diatur oleh pemerintah. 

Baca juga: Daftar Makanan Yang Wajib Kamu Konsumsi Untuk Melancarkan Pencernaan!

2. Ahli Biokimia

Seorang ahli biokimia akan bekerja secara profesional di laboratorium dengan mempelajari dan mengeksplorasi proses kimia yang terjadi pada makhluk hidup. Ahli biokimia akan menggunakan pemahaman kimia untuk memecahkan masalah biologis di dalam organisme mengalami proses kimiawi alami. 

Ahli biokimia akan mengoptimalisasi produk pada industri makanan, medis, bioteknologi, atau layanan laboratorium. Di samping itu, mereka juga perlu memastikan keamanan, efektivitas, dan kelayakan produk yang dikembangkan. 

3. Science Writer atau Content Writer 

scient writer

Ilustrasi scient writer (cr. pixabay)

Selain bekerja di bidang sains, seseorang yang lulus dari jurusan biologi juga dapat melebarkan kariernya di dunia kepenulisan. Mereka dapat menjadi penulis yang mengangkat topik mengenai sains atau lainnya. Mereka juga akan mengkurasi tulisan dan mengoreksi berita yang berhubungan dengan ilmiah, jurnal ilmiah, ataupun media umum lainnya. 

Selain memerlukan kemampuan menulis, seorang penulis ilmiah juga perlu paham mengenai informasi yang akan dibagikan, baik secara teori maupun praktik kompleksnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi dengan bahasa yang jelas, singkat, dan akurat sehingga mampu dipahami oleh masyarakat awam. 

4. Analisis Finansial 

Ternyata, seorang lulusan biologi juga dapat bekerja di bidang finansial, lho! Mereka akan berfokus mengelola keuangan di industri farmasi, bioteknologi, farmasi, peralatan medis, dan layanan kesehatan. 

Meski begitu, mereka tetap mengelola keuangan dengan mengumpulkan data, mengatur informasi, menganalisis riwayat, membuat prediksi dan proyeksi, serta mempresentasikan laporan keuangan dalam bentuk excel. Mereka juga akan bertanggung jawab dalam mengevaluasi saham, obligasi, reksadana, dan investasi lainnya. 

Baca juga: Mengenal Multifinance: Pengertian, Jenis, Dan Contohnya

5. Konselor Genetik 

Profesi konselor genetik merupakan mereka yang mempunyai pemahaman secara profesional mengenai genetika, sehingga kredibel untuk memberikan konselor perihal genetika. 

Sebagai konselor genetik, pelatihan lanjutan yang diperlukan, seperti penafsiran hasil tes genetik dan bimbingan untuk mendukung pasien dalam mencari informasi. Informasi yang diperoleh dapat dijadikan sebagai acuan apabila ada suatu penyakit yang dapat diturunkan ke keluarga pasien atau pasien sendiri. 

6. Forensic Scientist 

forensic scientist

Ilustrasi forensic scientist (cr. pixabay)

Bagi lulusan biologi yang tertarik pada identifikasi Tempat Kejadian Perkara (TKP), kamu dapat melebarkan karier dengan menjadi seorang ahli forensik. Ahli forensik sendiri menggunakan ilmu sains dan fisika dalam menganalisis bukti-bukti yang terdapat di TKP untuk digunakan di pengadilan dalam mengadili dan menuntut proses investigasi kriminal atau perdata. 

Selayaknya, detektif ahli forensik akan mencari materi jejak yang berkaitan dengan kasus kejahatan. Materi tersebut biasanya meliputi bagian kecil dari anggota, seperti rambut, bercak darah, dan cairan tubuh. Dapat juga berupa bekas ban, pecahan kaca, cat, zat yang mudah terbakar, atau lainnya. 

7. Occupational Health and Safety Specialist

Seorang lulusan biologi yang memiliki concern terhadap kesehatan dan kesejahteraan orang banyak cocok menjadi seorang occupational health and safety specialist atau spesialis kesehatan dan keselamatan kerja. Profesi ini bertugas menganalisis dan mengumpulkan data mengenai lingkungan kerja dan prosedur yang berjalan di dalamnya. 

Mereka pun akan memastikan keselamatan pekerja di lingkungan kantor, pabrik, maupun sekolah. Mengevaluasi lingkungan kerja, prosedur, dan alat yang digunakan sudah mematuhi aturan atau belum pun menjadi tanggung jawab seorang spesialis kesehatan dan keselamatan kerja. 

Itu dia paparan mengenai prospek kerja bagi lulusan biologi. Apa pilihanmu? Yuk, bagikan jawabanmu di kolom komentar! 

Nah, bagi kamu yang masih bingung mengenai karier di masa depan, kamu bisa melengkapi kursus keahlian bersama vocasia. Telah hadir kelas Mengoperasikan Ms.Word, Ms.PowerPoint dan Ms.Excel Bagi Pemula yang menawarkan pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel lengkap! Yuk, gabung bersama vocasia dan raih peluang karier yang lebih cemerlang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *