Tanggal:08 May 2024

5 Tips Memanfaatkan Instagram Untuk Membangun Karir

Instagram menjadi salah satu media sosial yang hampir dimiliki semua orang, dari beragam usia hingga segala kalangan sosial pasti menggunakannya. Jika biasanya Instagram hanya digunakan untuk posting foto liburan hingga kegiatan sehari-hari, kini kamu juga bisa memanfaatkan Instagram untuk membangun karir.

Berdasarkan riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Polling Indonesia pada tahun 2016, popularitas Instagram di Indonesia berada dibawah Facebook dan sukses mengalahkan Youtube, Google Plus, beserta Twitter.

Dengan adanya riset tersebut, menunjukkan bahwa Instagram memiliki prospek yang bagus untuk masa mendatang, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, populernya Instagram harus bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi bisnis, keahlian dan beberapa hal lainnya. Berikut di bawah ini tips memanfaatkan instagram untuk karirmu, yuk simak!

Baca juga: Ingin Membuat Feed Instagram Menarik? Simak Ulasan Berikut!

5 Tips Memanfaatkan Instagram Untuk Membangun Karir

5 Tips Memanfaatkan Instagram Untuk Membangun Karir. Sumber: unsplash.com

Melalui media sosial banyak kesempatan tidak terduga datang, termasuk dalam hal karir. Nah, supaya Instagram kamu bisa bermanfaat untuk karirmu kedepannya, kamu dapat melakukan beberapa tips di bawah ini.

Baca Juga : Apa itu Personal Branding?

1. Gunakan Profil Asli

Menggunakan nama dan foto asli sebagai profil di media sosial bertujuan agar orang lebih mengenal siapa diri kamu. Gunakan nama yang sama untuk semua akun media sosial kamu, tambahkan alamat email dan link portofolio agar perusahaan bisa melihat potensi dan lebih mudah menghubungi kamu. Tidak hanya itu, kamu juga perlu menuliskan informasi pribadi tentang dirimu secara singkat. Agar ketika manajer perekrut mencoba untuk mencari tahu tentang kamu, ia mendapatkan informasi dan juga gambarannya.

Baca Juga : Gaya Foto Keren di Intagram

2. Bangun Image Positif

Untuk bisa membangun karir yang cemerlang lewat media sosial kamu harus menjadi pribadi yang positif. Unggah foto atau status yang tidak mengandung SARA dan perkataan negatif. Jika ada unggahan lama kamu yang berisi hal tersebut segera hapus agar jauh dari penilaian buruk.

Biasakan untuk berpikir ulang dalam menyatakan pendapat di media sosial, terutama jika dalam keadaan kesal/marah. Sebab hal tersebut akan merugikan image kamu di kemudian hari. Media sosial bisa jadi portofolio kamu di hadapan HR saat proses perekrutan, karena itu bangun image positif. Sebarkan hal-hal yang bermanfaat untuk banyak orang, atau setidaknya untuk diri kamu sendiri.

Baca Juga : Membangun Personal Branding

3. Unggah Karya

Manfaatkan media sosial sebagai ruang pameran karya yang pernah kamu buat. Dengan mengunggah prestasi dan karya yang pernah dibuat, kamu juga bisa menjadi inspirasi untuk orang lain yang melihatmu di media sosial. Hal ini tentu akan membuatmu bersemangat menciptakan karya lain yang lebih keren.

Selain memperlihatkan karya yang telah jadi, kamu juga bisa memperlihatkan proses pembuatan karya tersebut. Digital Surgeons mengatakan bahwa membagikan proses pembuatan karyamu adalah salah satu cara untuk menarik klien. Ini akan membuat akun Instagram yang kamu khususkan untuk portofolio terasa lebih interaktif.

Baca juga: Apa Itu Instagram Ads? Manfaat serta Rate Harga

4. Perluas Relasi dan Aktif Berinteraksi

Kamu bisa mulai dengan meninggalkan pesan di kolom komentar seseorang untuk membangun koneksi. Sekedar mengapresiasi karya/postingan yang mereka unggah bisa menjadi pintu masuk menuju relasi yang lebih luas lho.

Hal-hal kecil seperti ini dapat membuat hubungan kamu dan rekan lainnya menjadi hangat. Kamu menjadikan namamu dikenal dan diingat oleh mereka. Hal ini juga mampu mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu memberikan dukungan dan apresiasi mereka kepadamu.

Baca Juga : Dampak Interaksi Virtual

5. Follow Influencer di Industrimu

Saat ini banyak akun-akun media sosial yang memberikan beragam informasi dan wawasan untuk dipelajari. Akan sangat bermanfaat jika kamu mengikuti akun mereka dan belajar dari karya-karyanya. Beberapa tokoh di bidang bisnis dan karir profesional yang punya banyak pengalaman juga bisa kamu ikuti untuk menambah motivasi dan inspirasi kamu dalam mengembangkan karir.

Baca Juga : Jenis Tingkatan Influencer

Tak hanya itu, kamu pun bisa dapatkan beberapa saran dan bimbingan harian (dan bahkan perluas jaringan profesional kamu) dengan mengikuti orang-orang besar di bidangmu. Beberapa komunitas dan organisasi yang sering membahas beragam topik menarik dan mengadakan kegiatan positif juga bisa kamu ikuti untuk menambah wawasan dan pengalaman kamu.

Selain menjadi tempat untuk menunjukkan keahlian, Instagram juga bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan, informasi beasiswa, update berita dan beberapa hal lainnya. Intinya adalah semakin kamu cerdik memanfaatkan media sosial, maka disitu ada peluang sukses. Daripada media sosial digunakan untuk sesuatu hal yang tak berguna, lebih baik digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk masa depanmu. Yuk segera buat peluang membangun karir dengan memanfaatkan Instagram-mu.

Baca juga: 14 Cara Berjualan di Instagram untuk Pemula

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *