Tanggal:25 April 2024

Daftar Makanan Yang Wajib Kamu Konsumsi Untuk Melancarkan Pencernaan!

Saat kamu sedang memiliki gangguan pencernaan, pastinya kamu ingin sekali cepat kembali normal dan melakukan konsultasi ke dokter dan ahli internis untuk mengetahui lebih lanjut apa yang harus kamu lakukan berikutnya. Ada kesempatan besar bahwa kamu akan diberikan obat dan tips-tips dalam bagaimana kamu harus menjaga pola makan dan makanan apa saja yang harus konsumsi.

Pencernaan merupakan salah satu sistem dalam tubuh kita yang sangat penting. Apa yang kamu konsumsi itu berpengaruh kepada sistem pencernaan kamu nantinya. Jadi, perhatikan baik-baik ya apa yang kamu makan, jangan sampai kamu jatuh sakit karena hal sepele atau seringnya mengkonsumsi makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan. Lalu makanan apa saja sih yang harus kita konsumsi? Yuk kita cek bareng!

Baca juga : 10 Makanan Berwarna Biru Yang Bikin Mood Naik, Wajib Dicoba!

1. Sayuran

Fresh Vegetables
Fresh Vegetables. Photo: iStock

Sayuran pastinya adalah makanan sehat yang dapat kamu konsumsi setiap harinya. Kamu tahu kan bahwa sayuran merupakan hal yang sangat praktis untuk dikonsumsi, terutama leluhur kita yang zaman dahulu pastinya mengkonsumsi sayuran dengan bercocok tanam untuk bertahan hidup dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran yang mereka tanam. Serat yang dimiliki oleh sayuran juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Mau sayuran itu ditumis, sop, dan sebagainya, kamu harus mengkonsumsinya dan sangat terjamin kesehatan pencernaan kamu kedepannya!

Baca juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

2. Buah-Buahan

Healthy Fresh Mixed Fruits
Healthy Fresh Mixed Fruits. Photo: iStock

Selain sayuran, buah-buahan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Banyak sekali manfaat buah-buahan untuk tubuh kamu, tetapi yang sangat penting adalah untuk memperkuat sistem pencernaan kamu. Contohnya saja seperti pisang. Buah-buah lainnya yaitu mangga, semangka, pepaya juga dapat membantu kamu saat sedang memiliki penghambatan di sistem pencernaan. Jadi, sudah pasti buah-buahan akan membantu sistem pencernaan kamu lebih segar, sehat dan juga kuat. Buah favorit kamu apa nih?

Baca juga : 6 Makanan Khas Jawa Timur!

3. Air Putih

Glasses of Water
Glasses of Water. Photo: iStock

Hal sesederhana dengan kamu mengkonsumsi air putih juga dapat membantu pencernaan kamu loh! Air putih yang biasanya sering kamu konsumsi untuk minum juga penting karena tubuh manusia juga membutuhkan cairan seperti air putih ini. Dalam satu hari, manusia sendiri diwajibkan untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dehidrasi. Jangan lupa untuk menjaga rutinitas minum kamu ya!

Baca Juga :

4. Yogurt

Yogurt with Strawberry
Yogurt with Strawberry. Photo: Pixabay

Siapa yang suka makan yogurt nih? Yogurt adalah susu fermentasi yang bagus sekali untuk kamu konsumsi. Jenis-jenis yang terdapat dalam yogurt juga banyak, ada greek yogurt, traditional yogurt, australian yogurt, dan masih banyak lagi. Rasa yang populer dari yogurt sendiri adalah stroberi, vanilla, dan peach. Kandungan yang terdapat dalam yogurt sendiri itu berupa bakteri baik, protein, sodium, vitamin, dan lain-lain. Kamu kalau makan yogurt dibarengin sama apa nih?

Baca juga : Makanan Khas Solo Ini Yang Wajib Kamu Coba! 

5. Jahe

Ginger Tea
Ginger Tea. Photo: iStock

Rempah-rempah yang satu ini kamu sering konsumsi ngak? Jahe sering kali digunakan untuk dijadikan bahan makanan masakan. Tetapi, jahe juga dapat kamu konsumsi dengan cara diminum. Banyak sekali produk jahe yang dapat kamu beli di toko minimarket dan lainnya dan langsung siap untuk diseduh. Tinggal siapkan air panas dan tuangkan bubuk jahe ke gelas, kamu sudah siap minum jahe tersebut. Jahe sendiri dapat membantu melancarkan pencernaan dan penyakit lainnya seperti flu, radang, dan lain-lain.

Baca Juga :

6. Salmon

Raw Salmon Tartare. Fresh Salmon and Avocado
Raw Salmon Tartare. Fresh Salmon and Avocado. Photo: iStock

Salmon? Iya ikan salmon yang mungkin sering kamu konsumsi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan kamu lho! Salmon juga sering kali terdapat dalam makanan jepang sushi. Tetapi, jarang sering-sering juga mengkonsumsi salmon dalam bentuk sushi yang masih mentah ya, karena tidak baik. Kamu harus mengkonsumsi salmon yang sudah matang agar pencernaan kamu akan jauh lebih bagus dan sehat dari sebelumnya.

Baca juga : Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

7. Tempe

Slices of Tempe
Slices of Tempe. Photo: iStock

Bagi kamu yang suka makan tempe, kamu tahu tidak kalau tempe itu bagus untuk pencernaan kamu? Tempe sendiri dapat kamu sajikan dengan cara digoreng, dikukus, ditumis dengan sayuran dan lain-lain. Dengan kamu konsumsi tempe, kamu dapat membantu pencernaan kamu lebih sehat dan menghindari gangguan pencernaan. Kamu sering makan tempe gak nih?

Baca Juga :

8. Jus

Three Bottles of Juice
Three Bottles of Juice. Photo: iStock

Kata siapa buah-buahan tidak bisa dibuat jus dan ternyata bisa membantu pencernaan kamu? Tentu bisa kok! Tidak hanya langsung dikonsumsi, kamu juga dapat mengubah buah tersebut menjadi jus yang nantinya kamu minum dan dijamin, pencernaan kamu akan jauh lebih bagus dan akan jarang dan sulit untuk kamu bertemu dengan gangguan pencernaan. Kamu dapat membuat jus pepaya, jus pisang, jus buah naga, dan masih banyak lagi. Jus favorit kamu apa nih?

Baca juga : Mengenal Intermitten Fasting Dan Manfaatnya

9. Salad

Fresh Salad
Fresh Salad. Photo: Pixabay

Kalau tadi buah-buahan dapat dijadikan jus, sekarang sayuran juga dapat kamu jadikan salad. Salad sendiri sangat sehat untuk dikonsumsi dalam tubuh kamu. Mulai dari untuk sarapan, makan siang, dan malam hari. Salad sendiri memiliki beberapa jenis seperti bowl, wrap, roll, dan masih banyak lagi. Sayuran-sayuran kamu ini dapat kamu variasikan ke salad jika kamu sudah bosan dengan dimasak. Tentunya, manfaat salad untuk pencernaan kamu sangatlah membantu untuk menghindari gangguan pencernaan. Dijamin pencernaan kamu langsung bagus dengan kamu mengkonsumsi salad.

Jangan lupa juga untuk menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti susu, kafein, soda, makanan asam, makanan pedas, makanan berlemak, dan masih banyak lagi. Kamu harus memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi agar pencernaan kamu terjaga dengan baik.

Makanan favorit kamu dari list di atas yang mana nih?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *