Tanggal:25 May 2024

8 Prospek Kerja Manajemen SDM dan Gajinya

Peran manajer sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan. Pasalnya, selama perusahaan itu bergerak dan maju, karyawan yang menjadi aset utama di balik itu semua. Maka dari itu, tim pengelola sumber daya manusia pasti dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Manejer SDM mampu memenuhi setiap kebutuhan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.

Bidang sumber daya manusia mampu menciptakan perubahan siginfikan dalam peningkatan produktivitas dan berfokus pada bagaimana meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu institusi atau perusahaan.

Pengertian Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia adalah upaya perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Target perusahaan, jadi tujuan utama semua pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.

Meski demikian, manajemen SDM kekinian tak lagi hanya berfokus pada pemenuhan target perusahaan saja, tetapi juga memikirkan perkembangan dari setiap talent yang dimiliki perusahaan. Hal ini bergeser karena talent kini tak hanya berperan sebagai mesin saja, tapi juga sebagai aset yang dimiliki perusahaan.

Orientasi pragmatis kemudian diubah jadi orientasi proses. Harapannya, semakin baik perkembangan individu talent yang dimiliki, maka semakin baik pula kinerja yang diberikan untuk perusahaan. Akhirnya, performa perusahaan bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pahami Jenis-Jenis Manajer Perusahaan

Prospek Kerja Manajemen SDM Beserta Gajinya

Pixabay

1. Hubungan Tenaga Kerja

Tugas utama pekerjaan ini adalah menjadi jembatan antara manajemen perusahaan dan pegawai yang meliputi prihal negoisasi gaji, mengkoordinasikan prosedur komplain dan lain sebagainya. Ada beberapa profesi yang bisa kamu coba jika bekerja di bidang hubungan tenaga kerja, seperti Agen Bisnis, Manajer Keluhan, Perwakilan Bisnis, Manajer Hubungan Tenaga Kerja, Gaji yang diperoleh jika bekerja di bidang ini rata-rata sekita 3,5 juta sampai 5 juta rupiah.

Baca Juga : Mengenal On The Job Training: Tujuan, Bentuk, Dan Manfaatnya

2. Konsultan Imigrasi

Profesi ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, jangan sampai kamu remehkan profesi ini. Konsultan imigran bertugas untuk memberi nasihat dan masukan untuk orang yang akan pindah negara, bukan hanya itu, kamu juga bertanggung jawab antuk mengurus orang-orang yang bermasalah terkait imigrasi. Jabatan yang biasanya ada di konsutan imigrasi adalah Staf Kantor Imigrasi, Biro Konsultan Imigrasi.

Selain menjadi peluang kerja bagi lulusan Manajemen SDM, profesi konsultan imigrasi juga bisa menjadi peluang kerja bagi lulusan. Gaji rata-rata orang yang berprofesi sebagai konsultan imigrasi ada di angka 3.9jt – 7jt, dan bisa lebih besar tergantung perusahaan di mana kamu bekerja.

3. Asesor

Asesor bertugas untuk Melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja pegawai sesuai dengan metode yang diterapkan perusahaan. Tapi biasanya bekerja sebagai Asesor itu tidak menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan, tapi lebih ke pekerja lepas atau Gaji rata-rata seorang yang bekerja sebagai Asesor adalah 4.5jt – 7.9jt.

4 HRD

HRD atau Human Resource Departement adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan. Pekerjaan dan tugas mereka sehari-hari melakukan proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Biasanya, divisi ini selalu ada di perusahaan-perusahaan berskala besar atau induk grup suatu perusahaan. HRD menangani berbagai masalah di dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, manajer, dan karyawan dari level lain. Tujuannya tentu saja untuk menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan dalam mencapai target perusahaan yang telah ditentukan.

Di sisi lain, divisi Human Resource Departement juga terlibat dalam prosedur berkelanjutan yang bertanggung jawab untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan SDM yang tepat. Nantinya, SDM tersebut akan ditempatkan pada posisi dan jabatan yang sesuai ketika perusahaan sedang membutuhkannya.

Gaji seseorang yang berprofesi sebagai HRD bisa mencapai 5 juta rupiah dengan gaji paling rendahnya sekitar 3 juta rupiah.

Baca Juga : Ingin Menjadi Seorang HRD? Yuk Miliki Skill-Skill Berikut!

Pixabay

5. Manajer Umum dan Operasional

Tugas dari manajer umum dan oprasional adalah Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi pelaksanaan organisasi, baik di bidang publik atau swasta. Manajer umum dan operasional juga bertugas merumuskan kebijakan operasional, mengatur pelaksanaan harian, serta merencanakan pengunaan bahan dan sumber daya manusia.

Gaji rata-rata seorang manajer umum dan oprasional cukup besar yaitu berkisar 7.7jt-11jt rupiah. Karena sesuai beban dan tanggung jawab yang dijalankan.

Baca juga: Ingin Jadi Manajer Operasional? Berikut Tugas, Tanggung Jawab, Dan Syaratnya!

6. Manajer Sumber Daya Manusia

Setiap perusahaan tentu memiliki divisi manajemen sumber daya manusia yang perannya sangat besar. Pekerjaan pada divisi ini memang sangat menentukan kualitas dari setiap karyawan dan juga kesuksesan yang bisa diraih perusahaan berdasarkan jumlah sumber daya manusia yang mereka miliki.

Tugasnya adalah merencanakan, mengarahkan, melaksanakan dan mengkoordinasi kegiatan dan fungsi-fungsi yang terkait dengan kepegawaian dan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan/organisasi. Dengan kehadiran sistem manajemen sumber daya manusia, maka tujuan perusahaan yang hendak dicapai bisa diraih dengan lebih maksimal. Gaji yang diterima manajer sumber daya manusia rata-rata mencapai 9-12 juta rupiah perbulannya.

Baca Juga : Pahami Jenis-Jenis Manajer Perusahaan

7. Manajer Pelatihan dan Pengembangan

Seorang manajer pelatihan dan pengembangan bertugas untuk merancang, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja suatu organisasi. Selain itu, membekali para staf dalam sebuah perusahaan dengan pengetahuan, keterampilan praktis dan motivasi untuk melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dengan baik.

Dengan peran yang sangat penting tersebut, biasanya seorang manajer pelatihan dan pengembangan rata-rata mendapatkan gaji 5jt – 10jt. Tren karir dari manajer pelatihan dan pengembangan pun saat ini sedang bagus dan mengalami kenaikan, menjadikan manajer pelatihan dan pengembangan sebagai prospek kerja yang bagus.

Baca juga: Ingin Jadi Manajer Andal? Ini 7 Skill Yang Wajib Kamu Miliki!

8. Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan

Profesi ini bertugas untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kompensasi serta tunjangan sebuah perusahaan. Selain itu, profesi ini juga bertanggungjawab dalam merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengatur gaji, bonus, serta paket tunjangan untuk pegawai sebuah perusahaan.

Ada beberapa jabatan di profesi tersebut yang bisa menjadi prospek kerjamu yaitu Analis Kompensasi, Analis Sumber Daya Manusia, Generalis Sumber Daya Manusia, Spesialis Sumber Daya Manusia, Spesialis Pegawai, Administrator Benefit, Analis Tunjangan, dan Manajer Tunjangan. Gaji seorang Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan berkisar ada angka 4 juta hingga 8 juta rupiah.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Manajer SDM, prospek kerja, dan gajinya. Semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *