Tanggal:20 June 2024

Ingin Menjadi Seorang HRD? Yuk Miliki Skill-Skill Berikut!

Menjadi seorang HRD bukanlah tugas yang mudah. Banyak sekali rangkaian dan list tugas-tugas bagi seorang HRD yang harus dikerjakan dalam perusahaan. Beberapa contohnya seperti menjadi rekrutmen karyawan baru yang akan masuk ke perusahaan hingga mengurus manajemen perusahaan dan masih banyak lagi. 

Tetapi kamu sudah tahu belum bahwa ada beberapa skill yang harus kamu miliki agar menjadi seorang HRD yang baik dan benar? Tentu saja kamu tidak bisa menjadi HRD karena kamu mengetahui tugas-tugasnya dan teorinya, tetapi kamu juga harus mengetahui bagaimana menjadi seorang HRD yang sesungguhnya.

Skill-skill ini merupakan bagian dari seorang HRD. Kalau kamu merasa memiliki skill-skill ini, mungkin saja kamu bisa menjadi seorang HRD.

1. Multitasking 

Kalau kamu ingin menjadi seorang HRD yang handal, harus bisa banget nih memiliki skill yang satu ini. Karena pekerjaan HRD itu meliputi banyak sekali hubungan dengan semua hal yang ada di perusahaan, tidak aneh kalau kamu harus memiliki skill yang satu ini. Kamu sanggup gak nih kira-kira?

2. Problem-Solving

Pemecahan masalah juga biasanya dilakukan dan diketahui oleh pihak HRD. Mungkin saja sedang ada masalah dalam pekerjaan hingga pertengkaran antar rekan kerja, pastinya HRD akan mengetahuinya dan membantu menyelesaikannya secara baik-baik. Tidak mungkin kan kamu atau pekerjaan yang sedang ada masalah tidak diselesaikan segera?

3. Organizational 

Skill organisasi kamu juga harus ada nih, karena pastinya akan digunakan setiap harinya. Kalau kamu ingin menjadi seorang HRD, akan sangat sulit banget kalau kamu tidak memiliki skill organizational. Dalam lingkungan kerja, kamu pasti akan bekerja dalam organisasi juga bukan?

4. Recruitment 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, HRD memiliki tugas yaitu dalam proses rekrutmen masuknya karyawan baru dalam perusahaan. HRD memiliki wewenang untuk menentukan apakah proses rekrutmen seseorang akan lanjut atau tidak, pastinya akan dibantu oleh user di beberapa perusahaan juga. 

5. Communication 

Skill yang pastinya paling penting adalah komunikasi. Tidak hanya pada pekerjaan ini juga, hampir setiap pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik. Jika kamu tidak bisa memiliki komunikasi yang baik dengan rekan kerja lainnya, akan mempersulit melakukan pekerjaan kamu bukan? Sama halnya dengan HRD, ia akan membutuhkan banyak komunikasi dengan banyak orang di hari pada saat sedang bekerja. 

Skill-skill di atas lah yang menentukan apakah kamu bisa menjadi seorang HRD apa tidak. Kira-kira kamu bisa gak nih?

Baca juga :

Beberapa Perbedaan Personalia & HRD

7 Cara Menjadi HRD Yang Benar

Tata Cara Email Untuk HRD Saat Setelah Interview, Wajib Untuk Kamu Ikuti!

Perbedaan Interview HRD Dan User Yang Perlu Kamu Ketahui!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *