Tanggal:30 April 2024
Komunikasi sangat penting untuk manajemen tingkat menengah - @rawpixel.com

Ingin Jadi Manajer Andal? Ini 7 Skill yang Wajib Kamu Miliki!

Dalam hierarki perusahaan, manajer menduduki salah satu jabatan penting dalam perusahaan. Manajer merupakan pihak yang bertanggung jawab atas pengelolaan kerja dan koordinasi antara satu divisi dan yang lainnya demi mencapai tujuan perusahaan. Serta pihak yang menjaga agar produktivitas kerja tetap teratur.

Sebab itu, seorang manajer perlu memiliki beberapa keterampilan atau skill yang baik dan mumpuni sebagai penunjang dalam melaksanakan pekerjaan. Berikut skill yang harus dimiliki manajer agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan maksimal, diantaranya sebagai berikut.

1. Kemampuan Kepemimpinan

Skill pertama yang harus dimiliki seorang manajer adalah kemampuan kepemimpinan. Seorang manajer mempunyai tanggung jawab kepada karyawan yang memiliki pemikiran yang beragam. Untuk memimpin banyak kepala tentu tidak mudah, terutama karyawan yang dipimpin merupakan sekumpulan anak muda yang memiliki berbagai idealisme.

Karena itu skill kemampuan kepemimpinan merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Dengan kemampuan kepemimpinan, kamu dapat menyatukan banyak ide dan memilih solusi yang paling tepat untuk masalah yang dihadapi. Kunci keberhasilan dalam kepemimpinan ialah dengan belajar mendelegasikan secara efektif baik tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas maupun otoritas yang diperlukan dalam menyelesaikannya.

2. Kemampuan komunikasi yang baik

Skill kedua yang harus dimiliki seorang manajer ialah menguasai kemampuan komunikasi, baik secara verbal dan nonverbal. Dalam pekerjaan, manajer akan menghadapi berbagai keadaan yang mungkin membutuhkan pemaparan. Dengan skill komunikasi yang baik, tentu akan sangat membantu dan memudahkan penyampaian maksud dan tujuan dengan pihak eksternal perusahaan. Sehingga komunikasi bisnis dapat berjalan semakin lancar.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka segala arahan kerja dapat terlaksana dengan optimal. Sehingga terciptanya sebuah hubungan baik. Hubungan antara manajer dan anggota tim yang baik akan menciptakan lingkungan pekerjaan yang sehat. Skill komunikasi seorang manajer juga dibutuhkan dalam penanganan konflik internal tim. 

3. Kemampuan interpersonal

Skill ketiga yang perlu dimiliki seorang manajer adalah kemampuan interpersonal. Kemampuan ini diperlukan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Seperti halnya hubungan dengan anggota tim yang kamu pimpin. manfaat lain dari memiliki kemampuan interpersonal adalah seorang manajer akan lebih dihormati dan disegani.  

Oleh karena itu, penting bagi seorang manajer untuk menguasai skill interpersonal. Banyak cara yang dapat kamu coba untuk mengembangkan kemampuan ini. Diantaranya, dimulai dari memahami setiap orang di dalam tim, mengadakan program pelatihan, team building, diskusi rutin bulanan, atau kegiatan lain yang membuat kalian saling mengenal dan menghormati. Sehingga batasan profesional-profesional tetap terjaga. 

4. Mengambil keputusan dan memecahkan masalah

Salah satu skill penting lainnya yang harus dimiliki seorang manager adalah kemampuan mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Sebab, seorang manajer harus mampu mengatasi segala masalah yang muncul selama bisnis berlangsung serta membantu menentukan arah tim. 

Karena itu, penting untuk manajer menguasai kemampuan menguasai skill tersebut. sehingga kamu dapat mengenali dan menyelesaikan masalah sebelum meluas. Tentu hal tersebut bukan hal yang mudah, dibutuhkan pemahaman dan kepekaan terhadap setiap detail proyek. Selain itu, kamu juga dituntut untuk tenang dalam tekanan.

Ketenangan yang dimiliki seorang manajer dapat memberi pengaruh yang positif bagi anggota tim. Serta dapat mengubah cara pandang mereka dan menumbuhkan kepercayaan terhadap kepemimpinan kamu. 

5. Kemampuan mengorganisasi

Skill selanjutnya yang harus dimiliki seorang manajer adalah kemampuan mengorganisasi yang baik. Sebagai, salah satu pihak penting, manajer mempunyai berbagai peran dan tanggung jawab. Diantaranya seperti bekerja dengan anggota tim, memantau pekerjaan yang dilakukan, menghadiri rapat strategi atau pelatihan, menyusun SOP, atau melakukan penilaian.

Sehingga diperlukan skill mengorganisasi yang baik agar semua pekerjaan dapat berjalan optimal. Untuk dapat mengorganisir berbagai kewajiban, manajer perlu mendelegasikan beberapa tugasnya kepada anggota tim lain. Namun sebelumnya, kamu perlu untuk menganalisis kemampuan dan pengetahuan  yang dimiliki oleh anggota tim yang akan ditugaskan.

6. Manajemen waktu

Skill keenam yang harus dimiliki seorang manajer adalah manajemen waktu yang baik. Skill manajemen waktu merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh semua profesional dalam berbagai bidang. kemampuan ini bermanfaat untuk merencanakan jadwal dan menyelesaikan tugas sesuai dengan acara dan tenggat waktu yang akan datang.

Keterampilan manajemen waktu yang dimiliki seorang manajer dapat membantu dalam menetapkan tenggat waktu yang realistis untuk penyelesaian tugas karyawan. Selain itu, bermanfaat untuk memutuskan peralihan waktu dalam menjalankan aktivitas manajerial yang satu ke prioritas tugas-tugas lainnya.

7. Perencanaan dan pemikiran strategis

Skill terakhir yang perlu dimiliki manajer ialah perencanaan dan pemikiran strategis. Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, manajer perlu memikirkan gambaran besar disamping memikirkan detail pekerjaan. Seorang manajer harus mempunyai kemampuan untuk melakukan perencanaan strategis yang melibatkan pertimbangan sistem dan pengembangan profesional berkelanjutan (CPD).

Sebagai pemimpin, kamu dapat mengarahkan anggota tim kamu untuk berpartisipasi dalam perencanaan dengan meminta saran, ide, dan opini. Selain itu, dengan melibatkan tim dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan jauh lebih cepat.

Baca juga :

Pahami Jenis-Jenis Manajer Perusahaan

Ingin Menjadi Seorang Manajer? Kenali Dahulu Tugas Dan Kewajiban Menjadi Seorang Manajer

3 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Manajer Adalah…

Management Trainee Adalah….

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *