Tanggal:23 April 2024

7 Franchise Minuman Terlaris Paling Menguntungkan

Berencana memulai usaha franchise? Nah, bisnis franchise minuman yang saat ini sedang viral bisa jadi salah satu pilihanmu untuk meraup cuan, lho. Terlebih, sekarang sudah banyak tersedia paket  franchise minuman, jadi kamu tinggal siapkan modal dan pilih jenis franchise minumannya.

Di antara banyaknya brand minuman di Indonesia, beberapa di antaranya menjelma menjadi raksasa berkat tren atau pun sustain yang berkembang perlahan. Bagi kamu yang ingin bergabung, berikut kami uraikan daftar rekomendasi franchise minuman kekinian terbesar, yang mungkin salah satunya bisa kamu jajaki. Yuk simak satu per satu!

Baca juga: Bisnis Franchise Di Bawah 5 Juta, Mau Coba?

Rekomendasi Franchise Minuman Terlaris

Belakangan ini, minuman kekinian menjadi tren tersendiri di masyarakat Indonesia. Mulai dari es kopi susu, thai tea, cheese tea, boba milk tea, hingga minuman dengan campuran brown sugar. Minuman tersebut umumnya dijual dengan sistem franchise. Berikut daftarnya untukmu.

1. Haus

Franchise Haus

Haus merupakan franchise minuman thai tea yang muncul pada tahun 2018. Tahun di mana thai tea tidak lagi menjadi tren karena munculnya banyak produk kopi susu kekinian. Tapi siapa sangka, minuman yang satu ini malah menjadi angin segar bagi para peminum minuman non kafein.

Usaha ini dinaungi oleh PT Inspirasi Bisnis Nusantara dan diprakarsai oleh Gufron Syarif bersama 3 orang temannya. Gerai pertama Haus berada di lokasi kampus Binus Jakarta Barat. Hingga 2020 sudah ada 113 gerai Haus di Indonesia, sebagian besar lokasinya berada di area Jabodetabek.

Salah satu owner, Ferry, menjelaskan bahwa Haus sendiri bersifat umum. Mereka tidak berusaha menjadi brand yang identik dengan satu minuman tertentu. Kamu dapat melihatnya dari menu-menu yang disajikan, mulai dari thai tea, jus, hingga es kopi.

2. Janji Jiwa

Franchise Janji Jiwa

Perlu diakui bahwa es kopi susu made in Janji Jiwa memang memiliki rasa yang khas dan mungkin paling pas di lidah masyarakat Indonesia. Ditambah dengan harga yang sangat terjangkau, membuat Janji Jiwa sukses hadir dengan 800 gerai di Indonesia sejak berdirinya di tahun 2018.

Apabila kamu tertarik dengan franchise minuman Janji Jiwa, kamu harus menyediakan modal awal sampai dengan Rp115 juta. Mungkin modal ini terbilang mahal, sebab pihak Janji Jiwa memiliki kualifikasi khusus untuk outlet dan booth yang digunakan. Estimasi biaya yang diperlukan untuk desain outlet dan booth diperkirakan bisa menyentuh angka Rp30 juta. Namun, rasanya akan sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Street Boba

Franchise Street Boba

Di bawah manajemen Nikmat Grup, ada Street Boba yang banyak dilirik karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Boba di kedai ini juga beragam sehingga jadi daya tarik selanjutnya. Namun untuk harga franchise-nya cukup tinggi yaitu Rp 200 juta dengan biaya manajemen sebesar 5%. Harga tersebut termasuk lisensi selama 3 tahun, media promosi, design store, sistem POS kasir, training, dan buku SOP.

Tapi, masih ada yang belum termasuk yaitu perangkat kasur, bahan baku, sewa dan konstruksi, jasa design interior, perlengkapan untuk toko, dan sistem SOP. Meski terbilang cukup besar, namun pemilik gerai biasanya sudah bisa balik modal dalam jangka waktu 4-5 bulan saja, kok.

4. Jelly Potter

Franchise Jelly Potter

Jelly Potter merupakan usaha di bidang minuman es yang dijalankan dengan sistem waralaba. Brand ini hadir pada tahun 2018 di daerah Pademangan Timur, Jakarta Utara. Hingga tahun 2020, telah ada lebih dari dua ribu cabang franchise Jelly Potter di Indonesia. Berbeda dari franchise kebanyakan, Jelly Potter tidak menarget pasar menengah ke atas, lho.

Brand Jelly Potter justru sengaja menarget pasar bawah yang cenderung lebih suka produk yang ekonomis. Maka jangan heran jika set-up dan peralatannya pun sederhana. Meski sederhana dan ekonomis, bukan berarti produk yang dijual murahan. Terbukti dari kualitas bahan baku minuman yang dipilih dan diimpor, tidak ada bahan dengan pengawet atau pun gula sintetis.

Baca juga: 5 Franchise Makanan Korea Terlaris Saat Ini

5. Xie Xie Boba

Franchise Xie Xie Boba

Xie Xie Boba adalah minuman boba lain harganya tidak sampai Rp 15 ribu. Jika ingin membeli franchise-nya, harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 8,9 juta saja dan semua keuntungan 100% masuk untuk mitra.

Harga tersebut termasuk dengan magic com, porong, timbangan, sloki ukur, gelas ukur 1 liter, centong boba, tempat lada, torch, sendok takar, sendok stainless, botol, termos es, sekop es batu, saringan teh, gelas stainless, dan box bubuk. Sedangkan harga bahan bakunya adalah Rp 7.500 per cup. Tinggal dikalikan berapa banyak yang ingin kamu beli saja. Harga tersebut belum termasuk sewa tempat, ya!

6. Kopi Lain Hati

Franchise Kopi Lain Hati

Kopi Lain Hati adalah gerai franchise minuman milik artis Ririn Ekawati yang gerainya bisa kamu temukan di banyak lokasi di Indonesia, dengan jumlah total 500 outlet. Salah satu ciri khas kopi kekinian ini terletak pada konsep produk yang dipasarkan.

Dengan memiliki nama ‘Lain Hati’, menu Kopi Lain Hati menggunakan nama-nama yang berkaitan dengan relationship antar muda-mudi. Misalnya, es Kopi Lain Hati, es kopi Gemas, es kopi Valakor, es kopi Ketus, es kopi Cemburu, es Sakit Hati, es susu Kenyal, es Lekat, es Cuek.

Kopi Lain Hati juga menawarkan paket kemitraan jika kamu tertarik untuk memulai usaha ini. Paket yang ditawarkan dengan biaya Rp75 juta di awal dan pembayaran royalti keuntungan sebesar Rp1,5 juta per bulan.

7. Kopi Kulo

Franchise Kopi Kulo

Minuman Kopi Kulo merupakan salah satu brand yang terlaris di tahun 2020. Dengan branding media sosial dan produk flagship yang unik, mereka sukses membuat penggemarnya fanatik. Brand milik Kulo Group ini telah memiliki lebih dari 400 gerai di akhir tahun 2020.

Alih – alih menjagokan menu kopi susu sebagai andalan, franchise ini memiliki produk terlaris yaitu avocatto. Sajian ini merupakan minuman espresso based yang dicampur es krim seperti affogato tapi di atas jus alpukat

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis minuman yang satu ini paket usaha yang ditawarkan berada di angka 135 juta rupiah. Biaya tersebut diluar renovasi dan bahan baku. Tapi untuk renovasi, kamu bisa menggunakan vendor pribadi atau bahkan bangun sendiri agar lebih irit.

Baca juga: 5 Rekomendasi Franchise Bakso, Pasti Untung!

Nah itulah daftar 7 rekomendasi franchise minuman. Jadi, tertarik bermitra dengan brand yang mana? Bagi kamu yang hendak membuat minuman khas buatanmu sendiri, kamu bisa lho mendapatkan tipsnya di kursus “Bikin Minuman Ala Cafe Dari Rumah Aja”. Kursus online ini berisi tips tentang berbagai resep minuman yang dapat dibuat dengan mudah, dan tentunya dengan modal yang terjangkau.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *