Tanggal:23 April 2024

Sudah Tahu ? Ini 5 Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi dan Solusinya!

Remote mobil nampaknya sudah tidak lagi asing. Bahkan mereka yang belum memiliki kendaraan roda empat juga tahu keberadaan dan fungsinya remote mobil. Akan tetapi, seiring dengan semakin seringnya remote digunakan, remote mobil bisa saja tidak berfungsi dengan baik. Pernah mengalami masalah remote mobil tidak berfungsi?

Remote mobil memiliki berbagai fungsi seperti mempermudah dalam mengunci dan membuka kunci pintu. Benda ini bisa kamu andalkan untuk menyalakan alarm pada mobil. Tetapi, fungsi dari remote tersebut akan terganggu apabila terjadi sesuatu. Sayangnya, seringkali pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote. Lantas apa saja penyebabnya? Yuk simak berikut beserta solusinya.

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Remote mobil (Pexels)

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kini pemilik otomotif bisa menggunakan remote untuk membuka pintu mobil mereka. Akan tetapi, remote tersebut tidak selalu bisa digunakan dengan baik. Nah, apabila remote mobil tidak berfungsi, sebaiknya segera melakukan pengecekan. 

Dengan begitu, remote bisa kembali kamu gunakan seperti biasanya. Lalu, apa saja penyebab remote mobil tiba-tiba tidak dapat berfungsi? Berikut adalah beberapa alasan dibalik masalah umum yang sering terjadi satu ini:

1. Baterai Remote Habis

Remote mobil yang kamu gunakan sehari-hari untuk mempermudah dalam menggunakan serta menjaga keamanan mobil menggunakan tenaga dari baterai. Seperti baterai pada remote televisi maupun AC, baterai pada remote mobil juga akan habis seiring dengan berjalannya waktu dan seringnya penggunaan.

Jika remote mobil Avanza atau mobil jenis apapun tidak berfungsi, sebaiknya lakukan pengecekan di bagian baterai. Sebenarnya, kamu bisa mengenali apakah baterai sudah habis atau tidak dengan melihat lampu remote yang tidak menyala saat tombol ditekan.

Lampu remote yang tidak menyala bisa menjadi pertanda atau indikasi untuk segera mengganti baterai. Dengan baterai baru yang kamu pasang, sekarang kamu bisa mencoba menggunakan remote mobil kembali. Nah, jika kemudian menyala, berarti memang benar jika baterainya habis. Tentunya, kamu tidak perlu khawatir karena ini bukan merupakan masalah besar melainkan hal yang lumrah.

2. Receiver Remote Rusak

Rusaknya atau tidak berfungsinya remote mobil juga bisa jadi karena beberapa penyebab lain, seperti receiver remote yang rusak. Tidak ada produk yang mampu bertahan seumur hidup. Artinya, remote mobil juga bisa kapan saja rusak termasuk pada bagian receivernya. Receiver merupakan salah satu komponen yang tertanam di dalam remote mobil. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, kemungkinannya adalah remote kunci Mobilio tidak berfungsi seperti seharusnya.

Lalu, apa fungsinya receiver? Komponen satu ini akan menerima gelombang dari remote saat salah satu tombolnya ditekan. Kemudian, ia akan menginterpretasikan perintah agar mobil terkunci. Kerusakan pada komponen receiver remote harus segera kamu perbaiki. Semakin kamu menunda memperbaikinya, semakin lama juga remote dapat kamu gunakan kembali. Artinya, kamu harus menutup pintu mobil dengan cara manual.

3. Frekuensi Remote Terganggu

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kinerja remote mobil yang mereka gunakan. Alhasil, remote mobil tetap tidak berfungsi bahkan setelah ganti baterai. Apabila hal ini terjadi, berarti kamu harus mencari tahu penyebab rusaknya remote lainnya. Tahukah kamu? Daerah dengan gelombang elektromagnetik tinggi dapat mempengaruhi performa remote mobil.

Oleh karena itu, sangat masuk akal jika kamu tidak dapat mengunci pintu meski tidak ada kerusakan pada remote mobil. Umumnya, daerah tersebut berada di sekitar menara Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi atau SUTET, menara radio atau televisi, dan sejenisnya. Untungnya, gangguan tersebut hanya sementara. 

Saat kamu berada di daerah lain, remote akan kembali bekerja sehingga sangat bisa kamu andalkan demi kemudahan. Agar tidak terjadi hal semacam ini, pastikan untuk menghindari area bergelombang magnetik tinggi agar frekuensi remote mobil tidak terganggu.

4. Komponen Remote Mengalami Kerusakan

Receiver bukanlah satu-satunya komponen pada remote mobil. Itu berarti remote hanya akan bekerja apabila semua komponen berjalan dengan baik. Dengan kata lain, apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen lain, remote mobil mungkin tidak dapat berfungsi.

Untuk menjaga setiap komponen tetap baik, hindari beberapa hal yang dapat merugikan kamu seperti menjatuhkan remote mobil. Remote yang sering tertekan juga bisa membuat remote rusak sehingga kamu harus memperbaiki atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

5. Terlalu Sering Disimpan Dalam Saku

Sering menyimpan remote mobil di dalam saku celana atau baju? Jika benar, maka segera ubah kebiasaan ini. Mengapa demikian? Saat berada di dalam saku atau di tempat yang tidak tepat, bukan tidak mungkin remote akan sering tertekan. Sehingga dapat menyebabkan remote mobil tidak berfungsi.

Solusi Remote Mobil yang Tidak Berfungsi

Saat remote mobil tidak lagi berfungsi, maka kamu harus menemukan cara tepat untuk memperbaikinya. Tapi tunggu sebentar! Seberapa sering kamu menekan atau memainkan remote tersebut? Sebaiknya kamu harus mengurangi kebiasaan tersebut. Tombol kunci yang sering kamu tekan dapat mengakibatkan terputusnya koneksi antara mobil dan remote tersebut.

Remote mobil menggunakan transmitter 40-bit. Jadi, apabila ditekan secara terus menerus bahkan hingga sebanyak 257 kali, remote akan mencari kombinasi untuk membuka mobil secara otomatis. Kombinasi yang terlewatkan dapat membuat remote tidak lagi berfungsi. Saat remote mobil tidak berfungsi, ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan, termasuk:

1. Baca Manual Atau Buku Panduan

Pada dasarnya, membuka dan mengunci pintu mobil secara otomatis merupakan fungsi dari remote mobil. Namun, seringkali pemilik kendaraan menghadapi masalah seperti remote mobil tidak bisa buka pintu padahal sebelumnya masih bisa mereka gunakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang turut menyebabkan kerusakan pada benda mungil ini. Jadi, saat remote tidak berfungsi sebagaimana mestinya, coba baca manual book atau buku panduan. Buku panduan biasanya memberikan informasi seputar cara mengatasi kerusakan pada remote mobil. Kerusakan ringan bisa kamu tangani sendiri tanpa bantuan penyedia service remote mobil rusak. 

Ikuti setiap langkah tutorial yang dijelaskan oleh buku panduan. Namun, jika remote masih belum berfungsi kembali, sebaiknya tidak membongkar remote. Tujuannya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah serta risiko lain yang tidak diharapkan.

2. Cek Baterai Remote Mobil

Sudah mengecek baterai saat remote mobil tidak berfungsi? Jika belum, kamu bisa segera melakukannya. Bisa jadi remote mobil tidak benar-benar rusak melainkan perlu penggantian komponen bagian baterai. Biasanya, benda mungil yang sering ada dalam genggaman tangan ini memiliki usia pakai sekitar tiga tahun.

Untuk mengecek kondisi baterai, coba tekan tombol alarm. Suara yang lemah mengindikasikan jika kamu harus segera mengganti baterai remote mobil. Untuk melakukannya, buka penutup baterai yang ada di bagian belakang menggunakan obeng. Kemudian, pilih baterai yang sesuai dengan jenis baterai mobil kamu. Baterai mobil umumnya memiliki dua model baterai yaitu konvensional dengan ukuran A27 dan model pipih CR2016.

3. Cek Fungsi Setiap Tombol Pada Remote

Selain mengecek baterai, kamu juga bisa mengecek setiap tombol pada remote. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah tombol tersebut masih berfungsi atau tidak. Apabila ada tombol tertentu yang tidak berfungsi padahal kamu sudah mengganti baterai remote, kerusakan mungkin terjadi di bagian tombol remote.

Untuk mengatasinya, lihat jalur kabelnya. Buka remote dan lihat apabila ada kabel yang kendor atau lepas. Kerusakan terjadi karena arus listrik tidak terhubung sehingga kamu harus menyambungkan kabel yang terputus tersebut.

4. Cek Jalur Kabel

Cara memperbaiki remote mobil tidak berfungsi selanjutnya adalah mengecek jalur kabel. Umumnya hal ini dapat kamu lakukan apabila remote tidak dapat kamu gunakan padahal baru saja mengganti baterai remote. Kerusakan pada jalur kabel bisa menyebabkan tombol remote tidak berfungsi. Artinya, ada salah satu fungsi remote yang terhambat. Misalnya, lampu remote menyala dan alarm berbunyi tetapi pintu mobil tidak bisa terkunci.

Solusi untuk masalah satu ini adalah dengan mendapatkan unit remote baru. Biasanya, bengkel mobil terdekat menawarkan produk yang kamu cari. Dengan begitu, kamu bisa kembali menggunakan remote mobil seperti biasanya.

5. Lakukan Pengecekan Frekuensi di Sekitar Mobil

Ada hal yang mempengaruhi fungsi remote yaitu frekuensi di sekitar mobil. Mobil yang kamu parkirkan di sekitar tower listrik atau tower pemancar radio dapat membuat remote mobil tidak berfungsi.

Untuk masalah satu ini, kamu tidak perlu melakukan service apapun. Dekatkan saja remote ke mobil dan tunggu hingga remote berfungsi normal kembali. Atau kamu bisa memilih tempat parkir mobil yang lebih jauh dari area tower tersebut.

6. Lakukan Service Remote Mobil di Bengkel

Saat remote mobil tidak dapat berfungsi, kamu tentu tidak bisa menggunakan benda tersebut. Jika tidak bisa memperbaikinya sendiri karena beberapa pertimbangan, sebaiknya kamu segera mendatangi bengkel yang menyediakan jasa service remote mobil.

Adapun biaya service mobil terkait remote di bengkel sangat bervariasi. Jadi, sebaiknya kamu terlebih dahulu menanyakan informasi harga service. Namun, pada umumnya biaya tersebut berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab remote mobil tidak berfungsi, ada baiknya bila terus memperhatikan kondisi mobil kamu agar selalu terjaga.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *