Tanggal:22 May 2024

6 Cara Riset Hashtag Instagram Agar Viral

Apa Itu Hashtag?

Hashtag adalah simbol tanda pagar yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengorganisir konten di media sosial, termasuk Instagram, Twitter, dan beberapa platform lainnya. Fungsi utama dari hashtag adalah untuk mengelompokkan konten yang memiliki topik atau tema yang sama.

Ketika seseorang mengeklik atau mencari hashtag tertentu, mereka akan melihat semua konten yang menggunakan hashtag tersebut. Ini memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang relevan dengan topik yang sedang mereka cari.

Hashtag telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran media sosial karena membantu meningkatkan visibilitas konten, memperluas jangkauan, dan membangun komunitas pengikut yang terlibat.

Lalu, bagaimana caranya kita dalam memaksimalkan hashtag agar konten yang kita buat naik dan viral di Instagram. Artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam memaksimalkan fungsi dari hashtag itu sendiri.

6 Cara Memilih Hashtag Agar Konten Instagram Menjadi Viral

  • Pahami tujuan dan target audiens, sebelum memulai riset hashtag, pahami tujuan Anda dan siapa target audiens Anda. Identifikasi minat dan preferensi mereka untuk mengarahkan riset Anda ke hashtag yang relevan.
  • Gunakan fitur pencarian Instagram, platform ini menyediakan fitur pencarian hashtag yang memungkinkan kalian mencari hashtag populer dan terkait. Caranya mudah, kalian hanya perlu memasukkan kata kunci yang terkait dengan konten yang kalian posting dan memilih hashtag yang sesuai.
  • Analisis hashtag dari akun serupa lainnya, kalian dapat melihat akun lain dengan konten yang serupa dengan yang telah kalian unggah dan melihat tagar apa yang mereka gunakan dalam postingan mereka.  Hal ini dapat memberikan wawasan tentang hashtag populer di industri atau niche sosial media.
  • Gunakan alat riset hashtag, cara lainnya adalah menggunakan bantuan sistem ada beberapa alat riset hashtag yang dapat membantu kalian dalam menemukan hashtag yang sedang hangat. Beberapa contohnya adalah Display Purposes, Hashtagify, dan RiteTag. Alat-alat merupakan sistem yang dapat memberikan statistik dan saran hashtag berdasarkan popularitas dan relevansi konten kalian.
  • Perhatikan trending topic, Ikuti tren terkini di Instagram dan jadilah cepat tanggap terhadap peristiwa atau topik yang sedang hangat dan naik daun. Buat hashtag yang relevan dengan tren tersebut untuk meningkatkan peluang konten kalian menjadi viral.

Tinjau performa hashtag, setelah kalian menggunakan beberapa hashtag di dalam postingan yang kalian upload, periksa analitik Instagram dan lihat performa masing-masing hashtag.

Identifikasi hashtag yang memberikan hasil terbaik dalam hal eksposur dan pertumbuhan followers. Gunakan informasi ini untuk mengoptimalkan riset hashtag kalian di konten yang nantinya akan kalian upload.

Selalu ingat bahwa hashtag yang viral tidak selalu berarti sesuai dengan konten yang kalian upload. Selalu bijak dalam menggunakan hashtag yang sesuai dan menarik bagi target audiens.

Karena terlalu banyak menggunakan hashtag hal itu dapat merusak keestetikaan konten dan terlalu terlihat berlebihan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memilih hashtag yang akan kalian gunakan.

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *