Tanggal:21 June 2024

Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

Apa Itu Surat Referensi Kerja?

Surat referensi kerja adalah dokumen yang dikeluarkan oleh administrator atau badan berwenang yang berisi rekomendasi atau referensi tentang kinerja pekerja di pekerjaan sebelumnya.

Surat referensi kerja biasanya diberikan kepada karyawan yang telah mengundurkan diri atau sedang mencari pekerjaan baru.

Tujuan dari Surat referensi kerja adalah untuk memberikan informasi kepada calon pemberi kerja tentang karakteristik, keterampilan, dan pengalaman kerja sebelumnya dari karyawan tersebut.

Surat referensi kerja biasanya berisi informasi tentang posisi, masa kerja, tugas, keterampilan, prestasi dan sikap kerja karyawan.

Penting untuk dicatat bahwa konten surat referensi kerja harus objektif, jujur, dan akurat. Surat referensi kerja dapat menjadi bagian penting dari proses perekrutan dan dapat memberikan keuntungan tambahan bagi karyawan yang mencari pekerjaan baru.

Lalu, bagaimana caranya membuat surat referensi pekerjaan? Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana caranya membuat surat referensi kerja. Berikut adalah beberapa tahap yang dilakukan untuk membuat surat referensi kerja.

Cara Membuat Surat Referensi Kerja

  • Tentukan Format Surat
    surat referensi kerja harus berisi alamat perusahaan, tanggal pembuatan, alamat penerima dan salam pembuka yang sesuai.
  • Tambahkan Informasi Perusahaan
    Tuliskan nama perusahaan, alamat dan contact person yang dapat dihubungi.
  • Perkenalkan Karyawan Tersebut
    Masukkan nama lengkap, jabatan, dan periode karyawan itu bekerja.
  • Jelaskan Kinerja Karyawan
    Berikan penjelasan secara singkat keterampilan, kemampuan dan prestasi karyawan selama bekerja di perusahaan.
  • Buat Rekomendasi
    Menyatakan dengan jelas bahwa perusahaan merekomendasikan karyawan tersebut dan mengapa perusahaan yakin karyawan tersebut akan menjadi aset berharga bagi perusahaan baru yang menerima rekomendasi tersebut.
  • Tawarkan Lebih Banyak Bantuan
    Sertakan informasi kontak sehingga penerima dapat menghubungi jika mereka memiliki pertanyaan tambahan tentang karyawan yang direkomendasikan.
  • Sampaikan Salam Penutup
    Surat diakhiri dengan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat kami,” diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap serta jabatan orang yang merekomendasikan karyawan ini di perusahaan.
  • Cek Ulang dan Pastikan Tidak Ada Kesalahan
    Pastikan untuk membaca kembali  dan cek ulang surat referensi kerja sebelum mengirimkannya dan tidak ada kesalahan tata bahasa atau informasi yang terlewat.

Contoh Surat Referensi

Surat Referensi Kerja untuk Karyawan Tetap

[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Tanggal]

Kepada Yth.,
[HRD/Manajer Rekrutmen]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami memberikan referensi kerja untuk [Nama Karyawan], yang telah bekerja di perusahaan kami selama [periode]. Selama masa kerjanya, [Nama Karyawan] telah menunjukkan dedikasi yang tinggi, kemampuan kerja yang baik, serta keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugasnya.

[Contoh-contoh pencapaian atau tanggung jawab karyawan]

Berdasarkan pengalaman kerja yang kami amati, kami merekomendasikan [Nama Karyawan] sebagai karyawan yang berdedikasi, bertanggung jawab, dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Kami yakin bahwa [Nama Karyawan] akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan Anda.

Demikianlah referensi kerja ini kami berikan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai [Nama Karyawan], jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap memberikan informasi lebih lanjut.

Hormat kami,

[Nama Atasan]
[Jabatan]
[Nama Perusahaan]
[Kontak]

Nah, itulah penjelasan bagaimana cara membuat surat referensi dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memahami apa itu surat referensi kerja serta mengetahui bagaimana caranya membuat surat referensi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *