Tanggal:04 May 2024

Simulasi Bisnis: Apa Itu, Manfaat dan Pentingnya Bagi Perusahaan!

Sobat Vocasia, kira-kira apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata “Simulasi Bisnis”? Apakah kamu membayangkan hitung-hitungan kalkulator bisnis atau game simulator gitu? Eits, keduanya gak ada yang salah kok! Karena dalam menjalankan simulasi bisnis, kamu akan bersinggungan dengan perhitungan terkait forecasting bisnis yang menggunakan asumsi sebagai faktor yang mendasarinya. 

Selanjutnya, alat simulasi bisnis berbasis artificial intelligence dapat digunakan untuk menyederhanakan perhitungan forecasting bisnis dan menguji model bisnis saat dijalankan. Nah, dari sini, apakah Sobat Vocasia sudah mendapatkan gambaran kasar tentang simulasi bisnis? Agar kamu lebih memahaminya, berikut penjelasan dari Vocasia!

Apa Itu Simulasi Bisnis?

Ilustrasi Simulasi Bisnis (Sumber: freepik.com)

Simulasi bisnis adalah metodologi untuk bereksperimen dengan skema bisnis menggunakan program komputer terintegrasi. Program ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan rencana bisnis, dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan perubahan kondisi bisnis yang mungkin kamu hadapi, baik kondisi internal maupun eksternal.

Kondisi internal dan eksternal dalam simulasi ini merupakan asumsi yang dibuat berdasarkan data nyata yang ada. Hasil simulasi dapat digunakan untuk mengukur seberapa kuat dampak potensial yang terjadi secara internal maupun eksternal terhadap keputusan bisnis.

Dengan mengetahui signifikansi potensi dampak dari masing-masing asumsi, manajemen dapat mengidentifikasi potensi peluang dan masalah dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, kamu dapat menghilangkan aktivitas yang dapat berkontribusi pada kerugian perusahaan. Ini juga memungkinkan kamu untuk meningkatkan aktivitas yang menguntungkan bagi perusahaan kamu.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Digital Marketing Agency Untuk Bisnis Kamu!

Manfaat Simulasi Bisnis

Ilustrasi Manfaat Simulasi Bisnis (Sumber: freepik.com)

Pembahasan dalam memahami pengertian dari simulasi bisnis menunjukkan bahwa manfaat terpenting dari simulasi bisnis adalah memetakan potensi masalah dan potensi keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan. Kedua hal ini memungkinkan manajemen perusahaan untuk membuat atau memodifikasi strategi bisnis untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian. Tetapi, bukan hanya itu aja, loh, terdapat berbagai manfaat lain dari menjalankan simulasi bisnis, meliputi:

1. Membuat Aktivitas Belajar Bisnis Menjadi Menyenangkan

Dalam menjalankan simulasi bisnis, kamu seakan-akan dibawa terjun langsung sebagai Chief Executive Officer (CEO) atau pemilik bisnis yang perlu memahami seluk-beluk operasi bisnis dan memahami strategi bisnis yang akan dijalankan. Dengan begitu, kamu tidak hanya melampaui teori belajar saja, tetapi juga mengimplementasikan dan menerapkan teori dalam perencanaan perusahaan.

2. Meningkatkan Kemampuan Leadership dalam Bisnis

Selain itu, dalam mempraktikkan simulasi bisnis, kamu juga akan belajar bagaimana menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat. Ini adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh para pemimpin atau leader bisnis untuk memastikan bahwa bisnis mereka berhasil di tangan orang yang tepat.

3. Merasakan Pengalaman sebagai Businessman

Ilustrasi Businessman (Sumber: freepik.com)

Melalui kegiatan simulasi bisnis, kamu dapat merasakan dan memiliki pengalaman tentang rasanya menjadi seorang pebisnis atau sebagai businessman. Kamu harus terbiasa dengan risiko kerugian, menghindarinya, dan berusaha memaksimalkan potensi keuntungan kamu. Sekalipun risiko kerugian tidak secara langsung memengaruhi kehidupan nyata kamu, setidaknya bisa membuat kamu lebih sadar akan hal itu.

4. Mengetahui Kompetensi dan Soft Skill yang Dibutuhkan

Selain penerapan pengetahuan teoritis dalam simulasi bisnis, pengambilan keputusan juga membutuhkan intuisi dan kemampuan analitis yang rasional. Dari sana, kamu dapat mengukur seberapa kompeten kamu dalam menjalankan perusahaan atau mengelola sebuah bisnis.

5. Mendorong Kooperasi

Karena simulasi bisnis meniru situasi dunia nyata, peserta didorong untuk bekerja secara kolaboratif dengan anggota tim lainnya. Kolaborasi ini mendukung pembelajaran peer-to-peer dan memungkinkan peserta untuk memahami perspektif yang berbeda dalam perusahaan.

6. Mempercepat Pembelajaran

Seperti yang telah disebutkan, simulasi ini memberikan gambaran lengkap tentang kegiatan bisnis perusahaan kepada peserta. Dengan cara ini, peserta dapat dengan cepat membiasakan diri dengan materi dan konsep bisnis.

Baca Juga: Service Marketing: Pengertian, Karakteristik Dan Strategi Kesuksesan Bisnis!

Pentingnya Simulasi Bisnis Bagi Perusahaan

Ilustrasi Pentingnya Simulasi Bisnis (Sumber: freepik.com)

Setelah mengetahui beragam manfaat dari simulasi bisnis, terdapat beberapa faktor atau alasan yang mendorong perusahaan atau bisnis untuk melakukan simulasi bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan dalam Permintaan Bisnis

Perubahan tuntutan bisnis telah secara dramatis meningkatkan kompleksitas pelatihan pengembangan kepemimpinan. Hasil pelatihan pengembangan kepemimpinan saat ini mengharuskan peserta untuk memiliki: strategic thinking, analytical thinking, ketajaman bisnis, kepemimpinan efektif, dan resiliensi terhadap perubahan. Beberapa keterampilan ini tentu membutuhkan waktu yang lama untuk diajarkan.

Sementara itu, perusahaan sekarang berada di bawah tekanan untuk mengembangkan pemimpin masa depan seefektif dan secepat karyawan mereka pensiun atau pindah. Oleh karena itu, simulasi bisnis diberikan untuk memberikan pengalaman kepada peserta menjadi pemimpin bisnis. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan siap untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari dalam situasi bisnis yang nyata.

2. Kebutuhan untuk Melakukan Perubahan Strategis dengan Cepat

Faktor lain yang mendorong kebutuhan perusahaan untuk simulasi bisnis adalah kebutuhan untuk membuat perubahan strategis dengan cepat. Simulasi ini memungkinkan semua komponen perusahaan, termasuk pemangku kepentingan, untuk mengetahui bagaimana perubahan strategis akan terungkap.

Simulasi ini juga memungkinkan para pemimpin bisnis untuk melihat apa, mengapa, dan bagaimana perubahan dilakukan sebelum dibuat. Para pemimpin bisnis juga dapat menyesuaikan pola pikir dan sikap mereka dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Selain itu, para pemimpin dan manajer perusahaan juga dilengkapi dengan mindset berkembang dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berhasil dan mempercepat proses perubahan strategis.

Baca Juga: 10 Inspirasi Bisnis Usaha Di 2022, Auto Cuan!

Itu dia semua hal yang perlu kamu ketahui tentang simulasi bisnis. Pada dasarnya, praktik pembelajaran ini juga membantu perusahaan mempersiapkan karyawan mereka untuk posisi kepemimpinan di masa depan. Plus, peserta yang mengikutinya bisa belajar banyak dengan cepat.

Tetapi, simulasi bisnis bukanlah satu-satunya cara untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Ada metode lain yang dapat kamu temukan di Vocasia! Kamu dapat mengetahuinya dengan mengikuti kelas tentang pengembangn bisnis. Klik di sini untuk menemukan beragam kelasnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *