Tanggal:13 May 2024

Service Marketing: Pengertian, Karakteristik dan Strategi Kesuksesan Bisnis!

Tahukah kamu? Perusahaan yang menawarkan layanan atau penyediaan jasa harus mengembangkan strategi pemasaran yang menarik dalam kampanye mereka. Nah, service marketing adalah salah satu strateginya.

Hal ini dikarenakan suatu jasa atau layanan tidak memiliki bentuk fisik yang pasti. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang digunakan harus berbeda dari biasanya.

Nah, kali ini Vocasia akan menjelaskan banyak hal tentang service marketing. Yuk, langsung saja simak artikel yang satu ini!

Apa Itu Service Marketing?

Ilustrasi Service Marketing (Sumber: Freepik.com)

Service marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan jasa atau layanan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan penjualan.

Tidak seperti product marketing, service marketing berfokus pada kegiatan promosi nonfisik yang diberikan oleh perusahaan sekaligus memberikan nilai kepada para konsumen. 

Layanan pemasaran memungkinkan kamu membangun kepercayaan konsumen dan menunjukkan bahwa jasa atau layanan kamu dapat menguntungkan mereka. 

Kamu dapat menggunakan strategi ini dengan memberikan ide, manfaat, dan janji yang dapat diberikan layanan atau jasa kepada konsumen.

Baca Juga: 7 Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Bisnis

Apa Saja Manfaat Service Marketing?

Ilustrasi Service Marketing (Sumber: Freepik.com)


Beberapa manfaat dari service marketing adalah sebagai berikut:

  1. Membantu perusahaan dalam melakukan customer retention

  2. Mempermudah perusahaan dalam mencapai target konsumen atau audiens

  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek perusahaan

  4. Membantu bisnis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif

  5. Memastikan layanan atau jasa yang diberikan konsisten dengan visi dan misi perusahaan

Baca Juga: Apa Itu Gimmick Marketing?

Karakteristik Service Marketing

Service marketing dapat digambarkan sebagai sebuah strategi atau konsep baru dalam dunia pemasaran. Nah, untuk mengetahui cara mempraktikkannya, kamu perlu memahami karakteristik unik yang kamu miliki terlebih dahulu. Beberapa karakteristik dari service marketing adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Bentuk Fisik atau Intangible

Perusahaan layanan atau jasa tidak memiliki bentuk fisik dan tidak dapat disentuh atau dilihat. Hal ini tentu berbeda dengan produk yang berwujud.

Maka dari itu, hal ini mengarah pada fakta bahwa penyedia layanan atau penyedia layanan harus mengambil pendekatan pemasaran yang berbeda.

2. Tidak Ada Kepemilikan

Sebuah jasa atau layanan tidak akan bisa menjadi milik konsumen, meskipun dibayar atau dibeli oleh konsumen. Ini karena konsumen hanya mendapatkan pengalaman menggunakan layanan ini. Dengan demikian, layanan pemasaran akan terkait erat dengan pengalaman konsumen.

3. Tidak Dapat Dipisahkan

Artinya, ketika memasarkan suatu jasa maka layanan atau jasa yang dibeli pelanggan tersebut dibuat dan digunakan secara bersamaan dan tidak dapat dipisahkan dari perusahaan penyedia layanan atau jasa tersebut.

Oleh karena itu, perusahaan harus dapat membuktikan bahwa layanan atau jasa yang ditawarkan sebagai bagian dari upaya pemasarannya sangat menarik dan menguntungkan untuk digunakan.

4. Tidak Bisa Disimpan

Dikarenakan suatu jasa atau layanan bisa saat itu juga digunakan maka hal tersebut tidak bisa disimpan oleh konsumen. Hal ini juga membuat pelanggan sulit untuk percaya atau memercayai layanan yang mereka berikan.

Oleh karena itu, service marketing dibutuhkan untuk meyakinkan pelanggan kamu bahwa layanan atau jasa yang kamu berikan sangat penting bagi mereka.

5. Biaya yang Dikeluarkan

Tidak seperti produk fisik yang berbasis harga tetap, layanan atau jasa tidak memiliki biaya standar yang harus ditanggung pelanggan untuk membelinya. Misalnya, hotel bintang satu dengan harga murah dan kualitas pelayanan rendah.

Hal ini tentunya berbeda dengan hotel bintang 5 yang harganya lebih mahal namun kualitas, pengalaman dan pelayanannya jauh lebih unggul.

Oleh karena itu, ketika memberikan service marketing, biaya atau harga yang dikenakan ditampilkan lebih menonjol untuk menarik perhatian calon pelanggan.

6. Variabilitas

Sekalipun menerima layanan atau jasa yang sama, pengalaman yang dirasakan setiap pelanggan tentu berbeda.

Alasannya adalah dasar pengalaman sangat subjektif. Untuk alasan ini, service marketing digunakan untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka akan terus memiliki pengalaman positif dengan layanan atau jasa.

7. Keterlibatan Manusia

Service marketing adalah kegiatan pemasaran yang memberikan solusi atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, partisipasi manusia memainkan peran penting dalam strategi ini, terlepas dari perkembangan teknologi.

Layanan pemasaran menggabungkan lebih banyak Price, Place, Promotion, Product, People, Process dan Physical evidence (7P) ke dalam aktivitas perencanaan dan pemasaran.

Strategi Service Marketing

Ilustrasi Strategi Service Marketing (Sumber: Freepik.com)


Setelah kamu mengetahui karakteristik dari service marketing, kamu juga perlu mengetahui tentang strategi service marketing. Yuk, disimak informasi di bawah ini!

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik sangat penting dalam service marketing. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka proses pemasaran atau pelayanan dijalankan pada titik ini.

Konsumen yang puas terus menggunakan layanan bisnis yang kamu jalankan, meningkatkan dampak pendapatan bisnis kamu.

2. Kualitas yang Sebanding dengan Harga

Kamu harus menyesuaikan harga tinggi atau rendah bergantung pada layanan atau jasa yang  diberikan. Jika manfaat layanan yang kamu berikan besar, menetapkan harga yang tinggi tidaklah salah. 

Sebaliknya, jika manfaat yang diberikan sedikit maka sebaiknya tetapkan harga yang rendah. Dikarenakan jika kamu menerapkan harga tinggi, konsumen akan pergi dan kamu akan kehilangan pendapatan.

3. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sebagai seorang wirausahawan, kamu harus mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini karena kehadiran teknologi mempercepat layanan yang diberikan.

4. Kinerja Sumber Daya Manusia yang Maksimal

Untuk melakukan pemasaran, kamu tentu membutuhkan orang. Orang yang melayani konsumen membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik. Jika kinerja mereka maksimal dan menarik perhatian konsumen maka pendapatan perusahaan meningkat. 

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Apa Itu Gamification Dalam Marketing!

Itu adalah beberapa penjelasan dari Vocasia terkait service marketing yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya, jika bisnis kamu menjual layanan atau jasa kepada pelanggan, strategi service marketing sangat cocok untuk bisa diterapkan.

Namun, sevice marketing saja tidak cukup, loh. Ada banyak hal lain yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis dan usaha marketing-mu sukses. Yuk, pelajari lebih lanjut terkait marketing dengan mengikuti kursus online dari Vocasia. Klik di sini sekarang!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *