Tanggal:21 May 2024

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bisa Tingkatkan Performa!

Kopi memberikan rasa nikmat dan khas tersendiri. Bagi sebagian orang minum kopi di pagi hari sudah menjadi budaya. Pasalnya, kopi mengandung sejumlah khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu minuman populer ini merupakan sumber alami kafein, antioksidan, serta nutrisi.

Selain memiliki cita rasa yang enak, banyak diperbincangkan kopi baik untuk kesehatan jika dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Mengonsumsi kopi dalam jumlah dan waktu yang tepat dapat mencegah penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke, membantu mengatasi migrain, dan membuat tubuh lebih berenergi. Oleh sebab itu, sebagian orang membiasakan minum kopi sebelum melakukan olahraga dengan alasan mendapat stamina lebih. Wow, apa benar begitu? Simak, yuk!

Apa Itu Kopi?

Pengertian Kopi (Freepik)

Kopi merupakan minuman yang berasal dari seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Ini dipercaya mampu meningkatkan kinerja seseorang karena memiliki bahan aktif kafein yang sama dengan suplemen pre-workout. Secara alami khasiat kopi ternyata lebih baik dibandingkan suplemen olahraga yang dikemas dalam bentuk makanan maupun obat.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer dan terjangkau pada semua kalangan. Seringkali pemahaman banyak orang mengenai kopi adalah minuman yang digunakan untuk melawan rasa kantuk. Eits, tapi kamu harus tahu, di balik cita rasa yang pahit, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa aja sih manfaatnya?

Baca Juga | 9+ Jenis-Jenis Kopi Terbaik Dan Populer Di Indonesia

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Manfaat Minum Kopi (Freepik)

Minum kopi sebelum olahraga ternyata lebih baik daripada minum kopi sesudah olahraga. Setelah melakukan olahraga, tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk membantu memulihkan tubuh. Apabila kopi diminum sebelum melakukan olahraga, kandungan kafein dalam kopi dapat membuat aktivitas olahragamu menjadi lebih maksimal.

1. Mencegah nyeri otot

Menurut hasil penelitian, minum kopi satu jam sebelum melakukan olahraga mampu mengurangi dan mencegah nyeri otot. Dengan melakukan latihan berintensitas tinggi atau berolahraga dalam waktu yang cukup lama, kamu akan merasa lebih nyaman karena terhindar dari rasa nyeri otot.

Baca Juga: Apa Itu Suplemen Pre Workout: Pengertian, Kandungan, Manfaat, Dan Efek Samping

2. Membakar lemak

Kadar kafein tinggi yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kemampuan membakar lemak saat melakukan olahraga. Kopi membantu pembakaran lemak secara efektif selama dan setelah melakukan olahraga karena kafein berada di aliran darah sekitar 15 menit setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, minum kopi dapat mengurangi konsumsi kalori karena kafein mampu menekan nafsu makan.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Aliran darah memengaruhi jaringan-jaringan otot dan tulang pada seluruh bagian tubuh. Semakin lancar aliran darah maka jaringan otot dan tulang akan mendapat suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup pula. Minum kopi mampu melancarkan sirkulasi darah hingga sebesar 30 persen. Oleh karena itu, kamu akan mendapat performa olahraga yang lebih baik serta membantu kinerja otot dan tulang.

Baca Juga | Kamu Penikmati Kopi? Berikut 10 Rekomendasi Biji Serta Bubuk Kopi Yang Wajib Kamu Coba!

4. Meningkatkan ketahanan fisik

Kafein yang terkandung dalam kopi mampu menyegarkan pikiran serta membuat tubuhmu menjadi lebih bertenaga. Minum kopi sebelum berolahraga, dapat membantu meningkatkan ketahanan fisik. Kopi merangsang tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan selama melakukan aktivitas olahraga sehingga memungkinkan penggunaan otot yang bekerja dalam waktu lama. Jadi, kamu tidak mudah merasa lelah.

Baca Juga: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

5. Meningkatkan Konsentrasi

Dalam melakukan olahraga tentu kamu membutuhkan konsentrasi supaya olahraga lebih produktif dan efektif. Nah, ternyata kandungan kafein dalam kopi terbukti dapat meningkatkan fokus atau konsentrasi. Kafein menjadi stimulan alami yang berfungsi meningkatkan konsentrasi lebih pada otak.

Aturan Aman Minum Kopi Sebelum Olahraga

Aturan Aman Minum Kopi (Freepik)

Minum kopi sebelum olahraga harus memperhatikan aturan dan waktu yang tepat. Tidak sembarangan dalam meminum kopi sebelum olahraga. Lalu, bagaimana aturan minum kopi sebelum olahraga yang benar?

1. Minum kopi satu jam sebelum olahraga

Kafein yang terkandung dalam kopi diserap tubuh dalam waktu 15 hingga 14 menit setelah dikonsumsi. Namun, kafein tidak langsung mencapai efek stimulasi puncak. Efek stimulasi puncak kafein berada pada selang waktu 30 hingga 75 menit. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk minum kopi, yaitu sekitar 1 jam sebelum kamu melakukan olahraga. Hindari konsumsi kopi dalam waktu dekat sebelum berolahraga.

Baca Juga: Jangan Salah, Bahaya Olahraga Saat Perut Kosong!

2. Tidak berlebihan

Minum kopi sebelum melakukan olahraga memang memberikan efek positif, tetapi porsinya tidak boleh berlebihan. Minum kopi dengan porsi yang terlalu banyak akan memicu jantung berdebar, sakit perut, dehidrasi, dan gangguan lambung. Selain itu, minum kopi secara berlebihan juga dapat menyebabkan rasa cemas, tremor, gelisah, dan susah tidur. Nah, sobat Vocasia cukup minum kopi 1-2 cangkir kopi per hari saja untuk mendapat manfaat lebih baik.

3. Tetap minum air putih

Minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Perlu kamu ketahui, kopi bersifat diuretik atau memicu tubuh mengeluarkan cairan melalui keringat maupun lewat kencing. Jadi, kamu harus tetap minum air putih yang cukup selama melakukan olahraga.

Itu dia beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga. Perlu kamu ingat, meskipun kopi memberikan manfaat bagi tubuh jika diminum sebelum melakukan olahraga, tetapi terdapat aturan tersendiri, ya. Sobat Vocasia jangan asal dalam meminum kopi. Jaga kesehatanmu dengan berolahraga. Tetap semangat!

Baca Juga | Cara Membuat Kopi Americano Tanpa Mesin

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *