Tanggal:06 May 2024

Bisnismu Lesu? Yuk, Terapkan 6 Strategi Jualan Ini Agar Untung Banyak!

Strategi jualan untuk mendatangkan banyak pembeli.

Ketika seseorang mulai mendirikan sebuah usaha, tentu yang menjadi tujuannya saat itu adalah meningkatkan angka penjualan. Namun, bagaimana jika dirinya tak bisa mewujudkan tujuannya tersebut? Angka penjualan per bulannya yang sangat rendah dan akhirnya tak ada aktivitas sama sekali. Bisnisnya tersebut pun akhirnya menjadi lesu dan terancam untuk gulung tikar. Nah, tentu saja hal tersebut sangat tidak diinginkan untuk terjadi di bisnismu juga, kan? Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar kondisi demikian tidak terjadi? Satu jawabannya yaitu dengan merencanakan strategi penjualan sedini mungkin sebelum kamu membuka usaha tersebut. Mulai pikirkan strategi jualan seperti apa yang akan diterapkan dalam usahamu tersebut untuk meningkatkan pembelian. Nah, untuk membantumu, berikut akan dijabarkan beberapa strategi penjualan yang akan mendatangkan untung banyak dan bisa kamu terapkan di usahamu nantinya. Langsung saja, check it out!

1. Memperhatikan Target Pasar

Target pasar.
Target pasar. Sumber: Pexels

Strategi jualan #1 yang bisa kamu terapkan dalam usahamu sehingga akan mendatangkan untung yang banyak adalah dengan memperhatikan target pasar. Sebelum membuka usaha tersebut, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. Perhatikan bagaimana potensi pasar, daya beli, dan kebutuhan pasar yang akan dituju. Apa yang sedang diminati dan diinginkan oleh pasar? Atau apa produk atau jasa yang sedang dibutuhkan oleh pasar? Berapa harga yang harus dipatok dan sesuai dengan daya beli mereka? Nah, dari adanya analisis potensi pasar tersebut, kamu bisa melihat keadaan dan menentukan strategi yang tepat seperti menentukan produk dan harga yang sesuai, sehingga nantinya dapat mendatangkan banyak pembeli.

  • Baca juga : 8 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion, Ayo Raih Keuntungannya!
  • 2. Buat Identitas Toko dan Produk yang Menarik

    Buat branding yang menarik.
    Buat branding yang menarik. Sumber: Pexels

    Strategi jualan #2 yang juga harus kamu terapkan sehingga bisa mendatangkan banyak pembeli adalah dengan membuat identitas toko dan produk yang menarik. Buat branding yang menarik dan unik, sehingga pembeli akan selalu mengingat akan tokomu tersebut. Branding tersebut tidak hanya sekadar membuat nama toko, logo, nama produk, dan sebagainya secara unik saja, tetapi juga melakukan pelayanan dan strategi marketing. Darinya, tentu saja setiap kali seorang pembeli ingin membeli produk tertentu (sepatu misalnya), yang akan muncul di otak mereka adalah tokomu yang juga menjual sepatu.

  • Baca juga : Banyak Orang Kelaparan, Ini 21 Ide Bisnis Kuliner di Pagi Hari Untukmu!
  • 3. Gunakan Sistem Pemasaran yang Tepat

    Sistem pemasaran.
    Sistem pemasaran. Sumber: Pexels

    Strategi jualan #3 yang bisa kamu terapkan untuk memperbesar keuntungan adalah dengan menggunakan sistem pemasaran yang tepat. Promosi atau kegiatan pemasaran ini dianggap menjadi cara yang paling efektif untuk meningkatkan jualan seseorang. Namun, tidak semua kegiatan promosi bisa mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu, kamu harus memilih dan menggunakan sistem promosi yang tepat dan efektif. Kamu bisa menggunakan seluruh media sosial yang dimiliki untuk melakukan promosi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa berpromosi mulut ke mulut dengan relasi, tetangga, keluarga, teman, dan sebagainya. Meskipun dianggap kuno, promosi dengan cara ini masih dianggap efektif untuk meningkatkan penjualan. Nah, terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan SEO dan SEM, sehingga ketika seseorang mencari sebuah produk atau jasa, toko milikmu itulah yang akan muncul paling atas.

  • Baca juga : 5 Cara Mengelola Bisnis Burjo, Dijamin Semakin Menambah Keuntungan!
  • 4. Pilih Lokasi yang Strategis

    Lokasi usaha.
    Lokasi usaha. Sumber: Pexels

    Strategi jualan #4 yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu sehingga mendatangkan banyak pembeli adalah dengan memilih lokasi usaha yang strategis. Strategi ini khususnya diperuntukan untuk kamu yang membuka usaha secara offline ya! Nah, usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan pemukiman, dekat dengan jalan raya, memiliki aksesibilitas kendaraan, dan banyak orang lalu-lalang. Tentunya dengan adanya hal tersebut, tokomu akan laris order karena banyaknya pembeli yang berkunjung. Bayangkan jika lokasi tokomu berada di daerah yang sepi dan pedalaman? Tentunya sepinya pembeli dapat kamu rasakan.

  • Baca juga : 5 Program Kerja Public Relation dalam Suatu Organisasi
  • 5. Terapkan Standar Pelayanan yang Baik

    Standar pelayanan.
    Standar pelayanan. Sumber: Pexels

    Strategi jualan #5 yang akan mendatangkan banyak pembeli dan bisa kamu terapkan di dalam usahamu adalah dengan menerapkan standar pelayanan yang baik. Banyak usahawan menganggap remeh strategi kelima ini. Padahal kenyataannya, pelayanan yang baik akan mendatangkan banyak pelanggan yang loyal. Oleh karena itu, sebelum membuka dan memulai usaha, kamu harus menerapkan standar pelayanan yang bagaimana di dalam menjalan usahamu tersebut.

  • Baca juga : 5 Laptop Gaming Termurah & Berikut Cara Memilih Laptop Gaming Yang Benar
  • 6. Berikan Promo, Voucher, dan Lain Sebagainya

    Beri promo atau voucher.
    Beri promo atau voucher. Sumber: Pexels

    Strategi jualan #6 yang dianggap jitu dalam mendatangkan banyak pembeli adalah dengan memberikan voucher, promo, diskon, dan lain sebagainya. Strategi ini juga dinilai sangat efektif dalam mendatangkan pembeli. Lagipula, pembeli mana yang tak akan tertarik untuk melakukan check out ketika ada voucher, diskon, promo, dan lain sebagainya tersebut? Nah, oleh karena itu, sesekali lakukan strategi jualan ini di tokomu tersebut ya!

  • Baca juga : 10 Cara Bisnis Jajanan Ringan, Dijamin Langsung Banyak Pembeli!
  • Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

    Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

    Public relation masterclass
    jadwal kerja terstruktur
    Share

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *