Tanggal:15 May 2024

Teknik Analisis Data Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Dalam sebuah penelitian kualitatif diperlukan teknik analisis data. Tujuannya adalah agar dapat menyusun data laporan yang baik dan juga benar. Berdasarkan sumber buku Penelitian Kualitatif edisi ke-2 (2007). Berikut adalah penjelasan mengenai teknik analisis data kualitatif. Simak dibawah ini, yuk!

Teknik Analisis Data Kualitatif

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Semua teknis analisis data kualitatif berkaitan erat dengan metode pengumpulan data. Yaitu observasi dan wawancara ataupun focus group discussion. Bahkan terkadang suatu teori yang dipilih berkaitan erat secara teknis. Dengan metode pengumpulan data dan metode analisis data. Karena suatu teori biasanya pula menyediakan prosedur metode dan prosedur analisis data. Maka dengan demikian, pengumpulan data dilakukan (wawancara dan observasi) melalui tradisi teknik analisis data tersebut. Peneliti seharusnya memilih teknik analisis data apa yang digunakan. Dikarenakan jumlahnya sama sesuai dengan kecocokannya dengan objek penelitian. Seperti metode pengumpulan data dan strategi analisis data, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga : Penerapan Metode Penelusuran Data Online dalam Penelitian

Metode Pengumpulan Data dan Strategi Analisis Data

Pengumpulan data kualitatif menggunakan metode pengamatan yang umumnya digunakan dari tradisi kualitatif. Seperti wawancara bertahap dan mendalam (in-depth interview). Atau observasi partisipasi (participant observer), dan lain-lain. Penjelasan tentang metode pengumpulan data akan dilakukan pada bagian tentang metode pengumpulan data.

Terpenting dalam penjelasan ini adalah alasan (reasoning) mengapa metode itu dipilih atau digunakan. Pada bagian masalah yang mana harus dilakukan wawancara mendalam. Serta bagian masalah yang mana dilakukan observasi partisipasi, atau keduanya dilakukan bersama-sama. Atau, pengumpulan data perlu dilakukan dengan melibatkan beberapa orang penting untuk dilakukannya diskusi terfokus. Bisa juga diskusi-diskusi ini akan dilakukan untuk triangulasi saja dan sebagainya. Semua harus ada alasan yang jelas dan meyakinkan.

Pada dasarnya, metode-metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif sekaligus juga adalah metode analisis data. Dengan kata lain prosedur metodis sekaligus juga adalah strategi analisis data itu sendiri. Sehingga proses pengumpulan data juga sekaligus adalah proses analisis data. Dan demikian, proses pengumpulan data juga adalah proses analisis data. Dikarenakan setelah itu data dikumpulkan maka sesungguhnya sekaligus peneliti sudah menganalisis datanya.

Baca juga : Metode Dokumentasi dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Fleksibilitas Desain Penelitian Kualitatif

Idealnya bahwa desain penelitian kualitatif memuat hal-hal dasar seperti yang telah dijelaskan di atas. Tetapi kadangkala pada suatu penelitian. Seorang peneliti membuat desain penelitian tanpa mencantumkan keseluruhan hal seperti yang dijelaskan itu. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa desain penelitian kualitatif tidak memiliki ukuran-ukuran dan model yang seragam. Hal tersebut tergantung pada perlukah atau tidak bagian itu dicantumkan dalam desain penelitian.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai teknik analisis data kualitatif. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *