Tanggal:16 May 2024

5 Tipe Data MySQL

Untuk mempermudah kamu dalam melakukan manajemen database, ada satu tools penting dalam sistem komputer yang wajib kamu kuasai yaitu MySQL. Pada dasarnya, sistem ini membantu kamu dalam mengatur informasi yang berbeda dengan menggunakan tipe data dalam MySQL. Jika kamu seorang programmer, ketahui tipe data apa saja yang ada pada MySQL. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang MySQL dan tipe-tipe datanya, boleh simak penjelasan berikut.

Apa Itu MySQL?

Sebelum membahas pengertian MySQL, kamu harus mengetahui pengertian dari SQL. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, yang berguna sebagai bahasa khusus dalam mengakses dan mengelola data-data yang ada di dalam sebuah basis data relasional. Saat pengaksesan atau pengelolaan data menggunakan perintah-perintah khusus sehingga data bisa dimanipulasi atau dikelola dengan baik.

Sedangkan, MySQL adalah sebuah database management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL yang cukup terkenal. Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 4 juta pengguna. Sederhananya, MySQL adalah tools yang digunakan untuk menjalankan printah SQL.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan MySQL

Tipe-tipe Data MySQL

MySQL memiliki banyak tipe data. Tipe-tipe data ini berfungsi untuk mendefinisikan setiap kolom pada tabel di database MySQL. Tipe data yang sudah ditentukan dari awal pada setiap kolom pada tabel akan memberitahu MySQL jenis data yang dapat disimpan, berapa banyak ruang yang disediakan untuk data, serta jenis operasi yang dapat dilakukan dengan tipe data ini. Namun, secara garis besar tipe-tipe data tersebut dikelompokkan menjadi 5 kategori utama sebagai berikut.

Photo: Pixabay

1. Numerik (Tipe data angka)

Numerik atau tipe data angka merupakan tipe data yang dapat kita gunakan pada suatu variabel konstanta yang dapat menyimpan nilai berupa angka. Namun, seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap bentuk angka memiliki kegunaan dan kategori yang berbeda-beda. MySQL menempatkan beberapa kategori numerik sebagai berikut.

  • Integer “INT”: Untuk setiap data numbering dengan kategori bilangan bulat, baik positif maupun negatif. 
  • Float “FLOAT”: Syntax ini berguna untuk menyimpan tipe data numerik yang berbentuk pecahan positif dan negatif dengan presisi tunggal. 
  • Double “DOUBLE”: Anda bisa menggunakan perintah ini untuk menyimpan kategori bilangan pecahan positif maupun negatif dengan presisi ganda.
  • Real “REAL”: Tipe data Mysql dengan syntax seperti ini memiliki fungsi yang sama dengan Double, yaitu menyimpan data pecahan dengan presisi ganda.
  • Decimal “DECIMAL”: Menyimpan seluruh data dengan bentuk bilangan pecahan, baik yang positif maupun negatif.
Tipe DataJangkauanUkuran
INT-2.147.483.648 s/d 2.147.483.6484 byte (32 bit).
FLOAT-3.402823466E+38 s/d -1.175494351E-38,0 dan 1.175494351E-38 s/d 3.402823466E+384 byte (32 bit)
DOUBLE-1.79….E+308 s/d -2.22….E-308.0 dan 2.22….E 308 s/d 1.79….E+3085 byte (64 bit)
REAL-1.79 E-308 s/d-222. E-308,0. dan 2 22 E-308 s/d 1.79E+3086 byte (64 bit)
DECIMAL1.79 E-308 s/d 222 E-308,0 dan 222 E-308 s/d 179E-3087 byte (64 bit)

Baca juga: Sudah Tahu Database PostgreSQL? Berikut Penjelasannya

2. STRING (Tipe data Teks)

Tipe data string adalah tipe data pada MySQL yang digunakan untuk menyimpan data yang berupa huruf/karakter text. Tipe data string sendiri dalam database MySQL sering digunakan untuk menyimpan data seperti nomor telepon, nama, username , password dan lain-lain. Di MySQL sendiri tipe data string dibagi kedalam tiga jenis yaitu :

  • Character “CHAR”: Berfungsi untuk menyimpan seluruh teks atau karakter (huruf, angka, simbol) yang punya ukuran tetap dan kecil, daya tampungnya hanya sampai 255 karakter saja.
  • Variable Character “VARCHAR”: Berbeda dengan syntax sebelumnya, Varchar mampu menyimpan data teks dengan ukuran yang dinamis. Bahkan, untuk jangkauan maksimalnya bisa mencapai 65.535 karakter.
  • Text “TEXT”: Untuk menyimpan data teks atau huruf saja, jangkauannya juga cukup besar, yaitu 0 hingga 65.536 karakter.

3. Date and Time

Tipe data date & time pada MySQL sering digunakan pada MySQL. Tipe data ini berfungsi untuk menyimpan data tanggal dan waktu.

NamaFungsiJangkauanUkuran
DATEMenyimpan data tanggal1000-0101 s/d 9999-12-31 WYY-1I-DD3 byte
TIMEMenyimpan data waktu38505 1 +885059 HHISS3 byte
DATETIMEMentimpan data waktu dan tempat1000-10-100.00.00 s/d 10123124908 byte
YEARMenyimpan data tahun dari tangga1900 s/d 21551 byte

4. BLOB

BLOB merupakan versi biner dari tipe data char dan varchar, kali ini kita akan mengenal tipe data BLOB pada MySQL dimana tipe data ini merupakan tipe data versi biner dari tipe data TEXT sehingga tipe data BLOB ini juga bersifat case-sensitif (membedakan huruf besar dan kecil).

Selain itu, jenis tipe data ini kamu bisa memasukkan media mulai dari gambar, video, musik maupun data lain. Konsep tipe data ini adalah mengubah file menjadi data biner yang tersimpan dalam database. Tipe data BLOB juga dibedakan menjadi beberapa tipe data yaitu.

NamaFungsi Jangkauan
BITMenyimpan data biner64 digit biner
TINYBLOBMenyimpan data biner / gambar ukuran kecil255 byte
BLOBMenyimpan data biner / gambar4
MEDIUMBLOBMenyimpan data biner / gambar ukuran sedang224-1 byte
LONGBLOBMenyimpan data biner / gambar ukuran besar232-1 byte

Baca juga: Cara Import Database MySQL Di PhpMyAdmin

5. Spasial

Basis data spasial adalah basis data yang mampu mendukung penyimpanan data spasial. MySQL saat ini sudah mendukung penyimpanan tipe data spasial. Data spasial adalah data yang berkaitan dengan bidang dan ruang seperti lokasi / titik koordinat, posisi, jarak, luas area, dan lain sebagainya. Tipe data spasial pada MySQL sendiri sering digunakan dalam penyimpanan data geografis dan lain-lain.

Pada MySQL terdapat tipe data POINT yang di dalamnya dapat menyimpan informasi koordinat geografis menggunakan satuan degree decimal. POINT merupakan salah satu tipe data spasial. Tipe data spasial adalah tipe data spesifik yang digunakan dalam penyimpanan data spasial.

Tipe data spasial dibagi menjadi 2 kelompok yaitu tipe data spasial bernilai geometri tunggal dan tipe data spasial berisi seluruh koleksi geometri. Tipe data spasial untuk geometri tunggal diantaranya adalah:

  • POINT (satu titik)
  • LINESTRING (memiliki setidaknya 2 poin)
  • POLYGON (memiliki setidaknya emapt titik, poligon harus ditutup)
  • GEOMETRI (bidang data universal, dapat menyimpan POINT, LINESTRING atau
    POLYGON)

Tipe data spasial untuk menyimpan nilai dari collection adalah :

  • MULTIPOINT
  • MULTILINESTRING
  • MULTIPOLYGON
  • GEOMETRYCOLLECTION

Sebenarnya masih banyak tipe data yang dimiliki MySQL. Jika artikel ini belum bisa memenuhi kepuasan kamu mengenai informasi tentang MySQL, selebihnya kamu bisa mengikuti kursus Training intensive pemrograman PHP dan database MySQL || NOVEMBER HUJAN PROMO !!! sekaligus meningkatkan skill praktik SQL mu. Akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan karena kamu akan dibimbing langsung oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Penasaran? Yuk, daftarkan dirimu!!

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *