Tanggal:05 May 2024
cara mengatasi kaki pecah-pecah

8 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah, Berikut Penjelasannya!

Kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang sangat umum dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti mengenakan sepatu terlalu lama, menggunakan sabun yang salah, atau merendam kaki dalam air terlalu lama sehingga menyebabkan tumit kehilangan kelembapannya.

Kaki pecah-pecah memang bukan masalah yang serius, tetapi kondisi tersebut tidak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan. Jadi, jangan biarkan begitu saja dan cari tahu cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut ini!

Obat dan Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Kaki Pecah-Pecah (Sumber: Gaeokon.com)

Tanda-tanda kaki kering antara lain tumit menebal atau bersisik, kulit pecah-pecah atau mengelupas, kaki gatal, berdarah, dan kapalan pada kaki. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera lakukan tindakan atau perawatan.

Kaki pecah-pecah dan kering dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman saat berdiri atau berjalan. Bahkan kaki kamu juga bisa berdarah karena terlalu kering. Di bawah ini adalah cara mengatasi kaki pecah-pecah:

1. Oleskan Bawang Putih dan Madu

Kamu bisa menyembuhkan tumit pecah-pecah secara alami dengan mengoleskan bawang putih dan madu. Sifat antibakteri dan antimikroba dari kedua bahan ini dilaporkan dapat membantu melembabkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Cara menggunakannya parut 4 siung bawang putih dan campurkan dengan sedikit air bersih. Oleskan bawang putih tersebut pada telapak kaki yang pecah-pecah sebelum tidur di malam hari. Saat bangun keesokan harinya, basuh tumit kamu dengan air dingin dan oleskan madu untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Baca Juga: 10 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

2. Gunakan Batu Apung dan Getah Pepaya Muda

Melansir Buku Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh ©Go Dok, jika kamu sudah mengalami tumit pecah-pecah, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan asupan nutrisi dan vitamin untuk mencegah kulit kering. Lotion yang mengandung pelembab sebenarnya sudah cukup untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah batu apung setelahnya.

Kamu bisa menggosok telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah dengan batu apung selama 10 menit. Kemudian, oleskan getah pepaya muda di atasnya. Kedua hal ini sangat membantu dalam mengangkat sel kulit mati pada telapak kaki dan tumit, jadi lakukanlah secara rutin dan teratur.

3. Oleskan Masker Pisang

Cara selanjutnya adalah dengan menumbuk pisang kecil dalam mangkuk dan menambahkan satu sendok teh madu di dalamnya. Kocok hingga membentuk pasta atau gel. Oleskan pasta tersebut pada tumit pecah-pecah dan gosok dengan lembut. Biarkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. 

Lakukan prosedur ini beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Pisang adalah pelembab kulit alami. Pisang mengandung vitamin A, B6, dan C, yang semuanya membantu menjaga elastisitas kulit dan mempertahankan kelembapan, serta membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Sementara madu akan membantu kulit tetap terhidrasi dengan menarik air dari jaringan dalam ke lapisan luar kulit.

4. Oleskan Minyak Zaitun

Selanjutnya, minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Minyak zaitun diklaim ampuh melembabkan kulit dan memperlancar aliran darah sehingga mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengoleskan minyak zaitun setelah merendam kaki, merupakan pilihan yang baik sebagai obat alami untuk mengatasi tumit kaki pecah-pecah.

5. Oleskan Minyak Kelapa

Dilansir melalui Healthline, minyak kelapa sering direkomendasikan untuk kulit kering, eksem, dan psoriasis karena membantu kulit mempertahankan kelembapan. Mengoleskan minyak kelapa setelah merendam kaki dapat membantu mengatasi tumit pecah-pecah secara alami. Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari minyak kelapa ini dapat memperbaiki tumit pecah-pecah yang rentan terhadap pendarahan dan infeksi.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih adalah cara yang bagus untuk menjaga seluruh tubuh kamu tetap terhidrasi. Mulai dari bibir, dari leher hingga kulit kaki. Minumlah air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh sehingga kamu dapat mengatasi kulit kering dan pecah-pecah di kaki.

Baca Juga: 9 Manfaat Infuse Water Untuk Kesehatan Tubuh

7. Gunakan Krim Kaki

Untuk merawat kaki pecah-pecah, pilihlah krim kaki dengan kandungan urea, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sakarida isomerat yang membantu kamu tetap lembap sepanjang waktu. Beberapa kandungan ini sangat bermanfaat untuk melembapkan kaki, mengatasi kulit kapalan atau tebal, dan menjaga agar kulit kaki kamu selalu terhidrasi.

8. Rendam Kaki Dalam Air Lemon & Garam

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan garam juga bisa mengobati kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dari kulit, dan garam bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi yang timbul pada kaki.

Tips Mencegah Kaki Pecah-Pecah

Ilustrasi Kaki Pecah-Pecah (Sumber: Orami.com)

Pemilihan sepatu merupakan faktor penting dalam mencegah kaki pecah-pecah. Jika kamu sering mengalami masalah kaki, kamu harus menemukan sepatu yang cocok dengan memberikan penyangga tumit yang baik. Bila perlu, kenakanlah sepatu yang lebar di area tumit dan yang kokoh untuk menopang dan melindungi tumit kamu. 

Selain itu, hindarilah sepatu ketat dan sepatu hak tinggi. Juga, jangan berdiri atau duduk bersila untuk waktu yang lama. Kamu juga perlu menjaga kelembapan kaki agar tidak kering dan pecah-pecah. Caranya adalah dengan banyak minum air putih dan mengoleskan pelembap kaki secara rutin.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Itu dia cara mengatasi kaki pecah-pecah. Masalah kaki ini tidak boleh dianggap enteng karena seiring berjalannya waktu, retakannya dapat semakin dalam dan meningkatkan risiko infeksi. Maka dari itu, ikuti tips dari Vocasia agar kaki kamu tidak pecah-pecah lagi!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *