Tanggal:02 May 2024

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Dewasa ini, MySQL adalah manajemen database terbaik yang dibutuhkan tiap situs web sebagai sistem pengelola data. Sebab tanpa kinerjanya, data yang tertampung dalam hosting dan web server tidak akan bisa diakses pengguna. Bahkan, karena kualitasnya yang terkenal mumpuni, MySQL kini selalu dibutuhkan untuk setiap proses kerja web dan application development yang kompleks.

MySQL ini merupakan salah satu jenis database yang bersifat open source. Namun sebagai program yang fleksibel dan kuat, MySQL dikenal sebagai database open-source yang paling populer di dunia. MySQL sering digunakan untuk menyimpan dan mengambil data dalam berbagai aplikasi, situs web, dan layanan tersohor di dunia. Seperti Facebook, Flickr, Twitter, Wikipedia, dan YouTube semuanya menggunakan backend MySQL.

Nah, dari pada kamu jadi penasaran dengan apa yang dimaksud MySQL ini, lebih baik dilanjut bacanya ke bawah, yuk. Kami sudah merangkumkan pengertian, fungsi, serta beberapa kelebihan dan kekurangan dari MySQL ini, lho. Simak penjelasannya, ya!

Baca juga: 10 Database Terpopuler di Dunia, Mana Pilihanmu?

Pengertian MySQL

Pengertian MySQL. Sumber: markey.id

MySQL adalah suatu Database Management System (DBMS) dengan perintah dasar Structured Query Language (SQL) yang seringnya dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi dan website. MySQL merupakan DBMS yang open source dengan dua bentuk lisensi, yaitu Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas).

Rilis pada tahun 1995, MySQL memiliki reputasi dan keandalan bernilai tinggi selama beberapa dekade. Apalagi penggunaannya cukup mudah karena skema database yang dimiliki MySQL telah ditentukan sebelumnya sesuai dengan kondisi dan aturan tertentu, serta data diatur dalam baris dan kolom yang menunjukkan hubungan antara berbagai bidang tabel. Dengan software ini, pengguna dapat menentukan, memanipulasi, mengontrol, dan membuat kueri data menggunakan Standard Query Language (SQL).

Baca juga: Apa Itu DBMS? Pengertian, Jenis dan Fungsi

Fungsi MySQL

Fungsi MySQL. Sumber: unsplash.com

Secara umumnya, fungsi dari MySQL adalah untuk membuat dan mengelola database pada sisi server yang memuat berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL. Fungsi lain yang dimiliki adalah memudahkan pengguna dalam mengakses data berisi informasi dalam bentuk string (teks), yang dapat diakses secara personal maupun publik dalam web.

Hampir seluruh penyedia server web atau host menyediakan fasilitas untuk MySQL dalam pengembangan aplikasi berbasis website untuk dikelola oleh web developer. Kemudian, antarmuka dari MySQL adalah PHPMyAdmin. Yang berfungsi untuk menghubungkan antara bahasa pemrograman PHP dengan MySQL untuk proses pengelolaan basis data pada web.

Baca juga: Cara Import Database MySQL di PhpMyAdmin

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Kelebihan dan Kekurangan MySQL. Sumber: unsplash.com

Meskipun menjadi database yang cukup populer, MySQL tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan database server lainnya. Adapun kelebihan dan kekurangan MySQL di antaranya.

Kelebihan MySQL

1. Mendukung Multi User

MySQL dapat dipakai oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja. Ini dapat kamu manfaatkan ketika mengerjakan proyek yang sifatnya tim sehingga seluruh tim dapat bekerja dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu user lain selesai.

2. Struktur Tabel yang Fleksibel

MySQL mempunyai struktur tabel yang mudah dipakai dan fleksibel. Contohnya saat MySQL memproses alter table dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL tergolong lebih mudah.

3. Tidak Membutuhkan RAM Besar

MySQL dapat dipasang pada server dengan spesifikasi kecil. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu hanya mempunyai server dengan kapasitas 1 GB, karena kamu masih bisa menggunakan MySQL sebagai database-mu.

4. Mendukung Integrasi dengan Bahasa Pemrograman Lain

Website atau perangkat lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, jadi kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan MySQL. Sebab MySQL bisa membantumu untuk mengembangkan perangkat lunak yang lebih efektif, dan tentu saja lebih mudah dengan integrasi antara bahasa pemrograman.

5. Data yang Bervariasi

Kelebihan lain dari MySQL adalah mendukung berbagai macam data yang bisa kamu gunakan di MySQL. Contohnya float, integer, date, char, text, timestamp, double, dan lain sebagainya. Jadi manajemen database sistem ini sangat membantu kamu untuk mengembangkan perangkat lunak yang berguna untuk pengelolaan database di server.

6. Keamanan yang Terjamin

Bersifat open source bukan berarti MySQL menyediakan keamanan yang buruk. Malah sebaliknya, MySQL mempunyai fitur keamanan yang cukup apik. Ada beberapa lapisan keamanan yang diterapkan oleh MySQL, seperti level nama host, dan subnetmask. Selain itu MySQL juga dapat mengatur hak akses user dengan enkripsi password tingkat tinggi.

Baca juga: Cara Menghapus Database di PhpMyAdmin

Kekurangan MySQL

1. Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile

Untuk kamu yang ingin mengembangkan aplikasi game atau perangkat mobile ada baiknya jika mempertimbangkan lagi apabila ingin menggunakan MySQL. Kebanyakan pengembang game maupun aplikasi mobile tidak menggunakannya, karena memang database manajemen sistem ini masih kurang bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.

2. Technical Support yang Kurang Memadai

Meski sudah banyak komunitas dan dokumentasi yang tersedia di internet, namun technical support MySQL masih tergolong minim. Sehingga tak jarang pengguna kesulitan selama pengoperasiannya.

3. Sulit Mengelola Data yang Besar

Sayangnya, MySQL masih belum cocok digunakan untuk mengelola data berukuran besar. Sebab DBMS ini memang ditujukan bagi perangkat berkapasitas kecil. Sebagai alternatif, kamu dapat memanfaatkan BigQuery atau Big Data.

Baca juga: Kenali Apa Itu Cloud Computing?

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian MySQL beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Apabila kamu ingin mengembangkan sebuah aplikasi atau website, MySQL adalah sistem manajemen database yang penting untuk kamu pelajari, lho. Semoga info ini bermanfaat, ya! Jangan lupa ikuti Vocasia di media sosial lainnya untuk mendapatkan informasi lain yang tentunya tidak kalah penting.

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *