Tanggal:20 May 2024

Tips Membuka Bisnis Foodcourt di Mall!

Saat ini, memiliki bisnis menjadi peluang untuk maju dan stabil dalam perekonomian masyarakat. Namun, tidak semua orang dapat memiliki basic dalam berbisnis, apakah kamu memiliki basic untuk berbisnis? Tapi, perlu kamu ketahui! Untuk memulai usaha dalam bisnis, harus membuat perencanaan yang matang sebelum memulai sebuah bisnis pastinya!

Nah, dalam membuat perencanaan, kamu perlu membutuhkan informasi yang lengkap dan terpercaya mengenai bidang bisnis kamu bukan? Serupa halnya dengan rencana membuka bisnis foodcourt di mall! Akhir-akhir ini, bisnis foodcourt menjadi bisnis yang diminati oleh masyarakat, loh!

Karena dengan bentuk pengelolaan yang baik, bisnis tersebut bisa berkembang dengan cepat! Peluang membuka bisnis foodcourt sangat besar. Berbicara soal foodcourt, apakah kamu tahu itu bisnis apa? Simak penjelasan berikut ini, ya! 

Apa Itu Bisnis Foodcourt?

Ilustrasi Tempat Bisnis Foodcourt (Pexels)

Foodcourt adalah salah satu tempat makan yang terdiri dari beberapa stand-stand atau counter-counter yang menyajikan berbagai jenis makanan. Stand makanan yang dimaksud merupakan tempat makan yang bersifat terbuka, yang biasa kita temui di pusat perbelanjaan (mall), perkantoran, kampus, dan masih banyak lagi.

Pemilik bangunan foodcourt biasanya mempekerjakan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang di setiap penjaga stand, atau biasanya pemilik gedung menyediakan tempat untuk disewakan para pengusaha kuliner. 

Dengan adanya ide bisnis foodcourt ini, selain dapat dengan mudah menarik para pengunjung, cara ini dianggap paling efektif dalam membuka pusat keramaian, loh! Di kalangan masyarakat Indonesia, membeli jajanan menjadi sebuah budaya gaya saat ini. Terutama pada saat hari libur, tempat makan di pusat perbelanjaan selalu ramai oleh pembeli. 

Ketika berada di foodcourt, banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya, anak muda yang hanya sekadar nongkrong, pekerja yang melakukan pertemuan bisnis, kumpul keluarga, ataupun menjadi tujuan saat ingin makan di stand-stand favorit. Oleh karena itulah, bisnis foodcourt ini sangat dianggap salah satu usaha yang menjanjikan. Lalu, bagaimana cara membuka bisnis foodcourt? Pelajari caranya dengan membaca tips membangun bisnis foodcourt berikut ini, ya! 

Tips Sukses Memulai Bisnis Foodcourt

Ilustrasi Pelayanan Foodcourt (Pexels)

1. Pilih lokasi yang strategis

Apapun bisnisnya, lokasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, salah satunya dalam berbisnis foodcourt, lokasi merupakan faktor yang paling menentukan. Kenapa bisa begitu? Karena peluang besar bisnis ini, tergantung pada pemilihan lokasi yang tepat. 

Nah, dalam pemilihan lokasi yang strategis dipengaruhi beberapa hal, di antaranya lokasi yang mudah dijangkau dan terpantau sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, dan biasanya terletak di mall pusat kota, pastinya dengan biaya sewa yang cukup mahal. 

Perhatikan kondisi situasi lingkungan lokasi, apakah tempat tersebut ramai atau sering dilintasi banyak orang agar peluang bisnis kamu dapat dilirik banyak orang. Bisnis foodcourt identik dengan konsep dine-in sehingga usahakanlah tidak membuka lokasi di zona merah, ya.

2. Berikan program dan fasilitas yang menarik

Salah satu cara dalam menarik para pengunjung untuk mau makan di foodcourt kamu adalah dengan memberikan fasilitas dan program yang menarik. Contohnya, karaoke bar, live music, maupun fasilitas main untuk anak-anak.

Selain itu, dekorasi yang menarik akan bisa meningkatkan minat pengunjung. Bahkan, mereka nantinya bisa berswafoto dan membagikannya di media sosial. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan exposure bisnis kamu.

Desain dan tata letak sangat memengaruhi selera orang untuk datang. Oleh karena itu, penataan kursi, warna cat, dan sirkulasi udara sangat penting diperhatikan. Maka penting sekali dalam mengatur agar penataan meja kursi terlihat nyaman dan bisa untuk lalu lalang.

Baca JugaCara desain menu makanan!

3. Perhatikan kebutuhan dan minat konsumen

Umumnya, seseorang yang akan memulai bisnis sudah memiliki ide utamanya, namun, belum berhasil menyeimbangkannya dengan realita. Jadi, penting untuk selalu mengecek dan melakukan riset untuk mengetahui apakah ide yang kamu miliki akan  berpotensi untuk sukses.

Kamu bisa melakukan riset, Focus Group Discussion (FGD), dan trial and error. Riset ini adalah sebuah proses validasi terhadap ide. Satu tips buat kamu, sebuah produk atau jasa yang biasanya berhasil sukses adalah produk atau jasa yang bisa menyelesaikan masalah masyarakat, atau mungkin memenuhi kebutuhan dan menawarkan apa yang menjadi minat masyarakat luas.

Baca Juga: Ide bisnis makanan khas Indonesia!

4. Memanfaatkan sistem jemput bola

Jika tempat lokasi kamu ternyata sepi, kamu bisa lakukan sistem jemput bola, loh! Apa yang dimaksud hal tersebut? artinya kamu yang berinisiatif untuk mencari pelanggan. Contoh yang bisa kamu lakukan, menyebarkan brosur pada lokasi yang cukup ramai, atau kamu juga bisa menyediakan sistem delivery, loh! 

Dengan begitu, kamu telah  mempermudah konsumen menjangkau produk yang disediakan. Selain itu, kamu juga bisa menyasar karyawan di mall sehingga bisnis pasar kamu semakin luas pastinya!

5. Menjaga keseimbangan stok bahan baku

Dalam berbisnis, terutama di bidang makanan, pastinya kamu harus memperhatikan stok bahan baku yang akan dipersiapkan nantinya! Agar menghindari terjadinya kehabisan stok bahan baku secara tiba-tiba, karena hal ini dapat menghambat bisnis yang sedang kamu jalani. 

Kamu bisa gunakan dua supplier sehingga selalu ada cadangan apabila stok bahan baku mulai menipis dalam bisnis kamu. Sistem yang diterapkan, yaitu sistem stok 2-3 hari yang telah turut memperhitung waktu pengiriman stok bahan baku. Tapi, kamu jangan lupa risiko keterlambatan bahan baku akibat kondisi jalan tentunya!

6. Pertimbangan pembiayaan

Tentunya kamu sudah tahu bukan? Dalam menjalani bisnis pasti memerlukan modal yang tidak kecil, terutama dalam menjalani bisnis makanan, karena nilai atau biaya untuk sewa lokasi sudah tergolong besar modalnya. 

Baca JugaTips memilih kemasan makanan & minuman!

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan dengan sebaik mungkin, bagaimana kemampuan finansial dan memikirkan pembiayaan kedepannya. Kamu jangan memaksakan karena risikonya terlalu besar, jadi siapkan kemampuan serta finansial biaya sebelum memulai berbisnis, ya!

Nah, itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis foodcourt. Kamu bisa, nih, ikuti kursus ” Bisnis Kemasan Makanan Untuk UMKM” hanya di Vocasia kamu bisa dapatkan manfaat kursus tersebut! jangan lupa mengaplikasikan ke dalam rencana bisnis yang sedang kamu jalani, ya! Semoga bermanfaat dan semangat dalam berbisnis! 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *