Tanggal:22 June 2024
makanan terenak di Indonesia

7 Makanan Terenak Khas Indonesia, Bisa untuk Ide Bisnis

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang heterogen. Keadaan tersebut disebabkan oleh letak geografis Indonesia yang terpisah oleh perairan dan tersebar di pulau-pulau. Akibatnya, negara Indonesia memiliki keberagaman suku, adat istiadat, hingga kebudayaan. Bahkan, bahasa dan warna kulit dari masyarakat Indonesia juga bermacam-macam.

Letak daerah yang tersebar di berbagai titik dengan keadaan alam berbeda, ternyata juga memberi dampak cukup signifikan terhadap makanan khas daerahnya. Terdapat beberapa tanaman yang hanya dapat tumbuh di pegunungan dan beberapa lainnya di wilayah pesisir. Sehingga, tidak semua bahan masakan dapat diperoleh dengan mudah di seluruh daerah. Meskipun demikian, makanan-makanan Indonesia tidak ada yang tidak sedap. Semua makanan tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang dapat memikat para penikmatnya. 

Namun, terdapat beberapa makanan yang diklaim enak dan cocok pada lidah seluruh masyarakat Indonesia, lho. Apa saja makanan-makanan tersebut? Di bawah ini akan dibahas mengenai makanan terenak di Indonesia yang dapat kamu coba. Jika tertarik, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: 7 Kemasan Ramah Lingkungan yang Buat Produkmu Makin Keren

Daftar Makanan Terenak di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap makanan memiliki ciri masing-masing yang sesuai dengan selera masyarakatnya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa makanan yang disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia lantaran rasanya yang enak.

Terdapat makanan yang juga masuk dalam makanan paling enak khas Indonesia dan diakui kenikmatannya oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia. Berikut adalah daftar makanan terenak di Indonesia yang dapat kamu coba:

1. Rendang

Rendang (Source: iStock)

Di urutan pertama ada makanan olahan daging sapi bernama rendang. Makanan khas Sumatera Barat ini, kenikmatannya sudah diakui di mata dunia. Bahkan, ia bertengger dalam jajaran makanan terenak di dunia mengalahkan makanan Indonesia lainnya. 

Rendang memiliki ciri bumbu yang pekat dan berwarna kecoklatan. Rasa gurih dari rempah dan lembutnya daging membuat rendang sangat digemari dan menjadi makanan yang wajib dicoba.

2. Soto

Soto Ayam (Source: pixabay)

Makanan khas Indonesia yang kedua adalah soto. Di Indonesia, soto memiliki banyak jenisnya. Ada yang menggunakan bahan dasar ayam, daging sapi, hingga babat atau jeroan. Meskipun memiliki bentuk dan bahan yang berbeda, kenikmatan dan kesegaran kuah soto menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Jika ingin mencicipi soto dengan bahan utama ayam, kamu dapat mencoba soto lamongan yang sangat terkenal. Selain itu, soto daging dan soto babat juga tak boleh kamu lewatkan.

3. Gudeg

Gudeg (Source: iStock)

Makanan khas Jogja ini menjadi salah satu yang tak boleh dilewatkan. Apalagi saat menjelajah di kawasan Malioboro yang menjadi tempat para penjual gudeg melakukan persaingan ketat. 

Cita rasa manis dan keunikan rasa dari nangka yang direbus menjadikan gudeg berbeda dari makanan lainnya. Meskipun memiliki rasa manis, ia tetap dapat menjadi makanan berat yang cocok dinikmati saat lapar melanda.

Baca juga: 10 Makanan Rendah Lemak, Cocok untuk Diet!

4. Pempek Palembang

Pempek Palembang (Source: iStock)

Tentu kamu pernah melihat penjual pempek keliling di sekitar rumah dengan tarif harga yang cukup murah. Ternyata, makanan dengan rasa gurih dan asin tersebut merupakan makanan khas daerah Palembang, lho. 

Pempek disajikan secara hangat dengan siraman kuah cuko yang segar. Agar menggugah selera, ia kerap disajikan dengan potongan acar. 

5. Gado-Gado

Gado-Gado (Source: iStock)

Banyak orang menyebut makanan khas yang satu ini dengan istilah salad jawa. Bentuk dan bahan yang digunakan memang hampir sama dengan salad pada umumnya. Bedanya hanya terletak pada saus siramannya. 

Jika salad luar negeri disajikan dengan mayonaise, gado-gado disiram menggunakan saus kacang dengan tambahan kerupuk di atasnya. Kombinasi sayur segar, saus kacang, sambal, dan kerupuk membuat makanan ini sukses mengambil hati para penikmatnya.

6. Bakso

Bakso (Source: pixabay)

Banyak orang mengira bahwa bakso berasal dari luar negeri. Padahal, bakso adalah makanan khas dari Indonesia. Daerah yang memiliki bakso terenak jatuh kepada kota Malang. Setiap orang yang sedang menikmati bakso, pasti teringat dengan suasana sejuk kota wisata tersebut.

Makanan ini memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Beberapa jenis bakso antara lain adalah bakso sapi, bakso ayam, hingga bakso ikan. Bahkan akhir-akhir ini, tak jarang ditemukan bakso dengan isian yang bervariasi.

7. Rawon

makanan terenak di Indonesia

Rawon (Source: iStock)

Daging yang diolah hingga menjadi lembut dengan kuah hitam pekat menjadi ciri utama dari makanan ini. Saat menikmatinya, jangan lupa untuk menambahkan kecambah dan sambal agar suasana membara kota Pahlawan lebih terasa.

Penutup

Nah, itulah beberapa makanan khas Indonesia terenak menurut Vocasia. Sebagai masyarakat yang mencintai negaranya, tentu kamu wajib menikmati kelezatan seluruh makanan tersebut. 

Tak perlu repot-repot datang ke daerah asalnya karena penjual makanan tersebut sudah ada hampir di seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya juga tersedia di market place dan dapat dipesan secara online, lho. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, temukan dan nikmati sekarang juga!

Baca juga: 5 Franchise Makanan Korea Terlaris Saat Ini

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *