Tanggal:14 May 2024

Ketahui 4 Tips cara merawat kamera Mirrorless

Jika sebelumnya kita membahas bagaimana cara untuk merawat kamera digital dan analog, Kali ini kita akan sama-sama membahas bagaimana cara untuk merawat kamera mirroless.

Mari disimak ulasan dibawah agar Kalian memahami betul bagaiamana cara merawat kamera mirroless dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kamera Mirrorless yang Benar Agar Tetap Awet

Merawat kamera adalah hal yang sangat penting bagi seorang fotografer, caranya juga tidak terlalu berbeda bahkan bisa sama saja meskipun kameranya berbeda tipe mau itu kamera digital, analog atau mirroless sekalipun.

Ada beberapa tips agar kamera mirroless dapat bertahan lama, diantaranya adalah :

Jauhkan Kamera Mirrorless dari Air

Usahakan untuk menjauhkan kamera mirrorless kesayangan Kalian dari paparan air.

Hal ini dikarenakan kamera mirrorless lebih sensitif jika bersentuhan dengan air. Hal ini dikarenakan air yang memasuki bagian dalam kamera dapat merusak komponen-komponen bagian dalam pada kamera mirrorless.

Di samping itu, endapan sisa air juga dapat membuat lensa kamera mirrorless berembun. Adapun untuk membersihkan lensa kamera mirrorless tanpa air ialah dengan menggunakan cleaning kit.

Dimana cleaning kit ini merupakan serangkaian alat untuk membersihkan kamera supaya tidak berdebu dan jamuran. tips ini juga berlaku pada setiap jenis kamera ya guys.

Menjaga Kebersihkan Lensa Kamera dan Body

Kalian juga harus memperhatikan kebersihan body dan lensa kamera itu sendiri. Menjadi bagian inti dari kamera, maka Kalian harus rutin membersihkan body dan lensa kamera agar selalu terjaga kondisinya.

Dengan menggunakan pembersih khusus kamera seperti cairan khusus pembersih untuk merawat body dan lensa kamera. Aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poleskan kain tersebut ke seluruh body juga lensa kamera. Jangkau seluruh bagian body dan lensa kamera, jangan sampai ada yang terlewatkan.

Bawa Kamera Selalu Dalam Tas Khusus

Pada tas khusus ini dilengkapi dengan bantalan empuk yang di dalamnya bisa menjaga kamera dari segala jenis benturan. Di dalam tas khusus ini tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger kamera, filter, dan perlengkapan lainnya yang akan mendukung aktivitas fotografi Kalian.

Simpan Kamera Pada Dry Box

Cara merawat kamera yang benar adalah dengan menyimpannya di dalam dry box. Penyimapanannya di dalam dry box bisa menjaga kamera terhindar dari jamur. Ya, bila kamu menyimpan kamera di tempat yang lembab bisa membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.

Dengan menyimpannya di dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera Kalian agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.

Begitulah cara merawat kamera digital, cukup mudah bukan?

Semoga ulasan diatas dapat membantu, Terima kasih!

Sukses karir profesional - personal development
Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *