Tanggal:19 May 2024

5 Perbedaan antara layar Oled dengan LCD, Mana yang lebih unggul?

Pada setiap smartphone, tv atau alat elektronik lainnya yang membutuhkan layar pada zaman ini pastinya menggunakan teknologi layar oled atau lcd.

Layar oled maupun lcd memiliki perbedaan yang sangat signifikan, Pada kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan pada kedua layar tersebut dan mana yang paling unggul.

Apa itu Layar OLED

Oled atau Organic Light Emitting Diode adalah suatu layar yang memiliki panel, tetapi pada panel oled memiliki kandungan elemen organik yang dapat memancarkan cahaya saat adanya aliran listrik.

Panel oled banyak diminati karena daya yang dihasilkan dari panel oled tidak boros atau efisien dan oled juga identik dengan kontras dan warna yang pekat membuat mata kita dimanjakan.

Kelebihan & Kekurangan pada panel Oled

Kelebihan pada layar oled ya tentu pada warna yang lebih pekat dan konsumsi daya yang lebih efisien, tetapi dibalik kelebihan tersebut ada juga kekurangan yang harus diperhatikan diantaranya adalah biaya yang lebih mahal, terdapat resik burn in, dan pada panel ini juga rentan sekali jika terkena air.

Apa itu Layar LCD

LCD sendiri merupakan salah satu jenis layar yang sudah populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya smartphone, beberapa perangkat elektronik lain seperti televisi dan tablet juga sering menggunakan teknologi ini. Berasal dari singkatan Liquid Crystal Display, LCD memang memberikan kualitas yang bagus pada setiap gambar yang dihasilkan. 

Konsep dari penggunaan layar ini adalah pemantulan cahaya menuju satu kristal cair. Nantinya, kristal cair itu akan mempolarisasikan warna sehingga bisa memberikan bentuk visual atau gambar.

Kelebihan & Kekurangan pada panel LCD

Kelebihan pada lay LCD adalah biaya pada layar tersebut cukup murah, dan resiko terjadinya burn in sangat kecil. Serta daya tahan untuk waktu yang panjang juga bisa dipertimbangkan untuk memilih layar LCD.

LCD juga mampu memberikan warna yang lebih natural sesuai dengan aslinya, Warna atau gambar bisa terlihat dengan jelas meski berada di bawah sinar matahari secara langsung sekalipun.

Tetapi, tentu juga memiliki kekurangan pada layar ini kekurangan nya ialah daya yang dikonsumsi jauh lebih besar dan tidak efisien, Kontras warna yang kurang begitu kuat.

Nah itulah perbedaan antara panel OLED dan LCD, tentunya dari kedua layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari si pengguna memilih kebutuhan yang mana.

Jika layar OLED dapat memberikan experience yang lebih baik mungkin bisa menjadi opsi untuk Kalian memilih layar tersebut, tetapi jika tidak mau mengeluarkan uang yang banyak atau tidak mau mengalami resiko burn in mungkin LCD bisa menjadi opsi yang dapat dipertimbangkan.

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *