Tanggal:15 May 2024

7 Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

Dalam dunia bisnis, memiliki rekan bisnis merupakan suatu hal yang menguntungkan jika kerja sama yang dilakukan berhasil. Rekan bisnis memiliki peranan penting dalam proses pengembangan bisnis. Kontribusi, strategi serta pemikiran yang diberikan oleh rekan bisnis akan turut menentukan kesuksesan bisnis yang kamu miliki.

Sebab itu, memilih rekan bisnis yang tepat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan seperti persiapan bisnis, strategi, dan penghitungan modal yang sangat kompleks. Sudah banyak contoh bisnis yang gagal karena salah memilih rekan bisnis untuk diajak bekerja sama. Untuk itu, berikut tips-tips memilih rekan bisnis yang tepat agar bisnis kamu bisa berjalan lancar.

1. Memiliki Kesamaan Visi dan Misi

Pastikan rekan bisnismu memiliki visi misi yang sama. Sumber: pexels.com

Tips pertama untuk menjadi pertimbangan saat memilih rekan bisnis yang tepat adalah pastikan orang yang memiliki kesamaaan visi dan misi. Ketahuilah apakah calon rekan bisnis kamu memiliki visi dan misi bisnis yang sama dengan kamu. Jika hal tersebut tidak terpenuhin dari calon rekan bisnismu, maka sebaiknya kamu tidak memilihnya. Sebab dengan adanya kesamaan visi dan misi antara dua rekan bisnis, akan menghasilkan sikap saling mendukung, saling membantu, dan kompak dalam membangun bisnis. Dengan demikian, bisnis yang dikelola akan lebih cepat berkembang.

2. Dapat Berkomitmen

Dalam urusan bisnis tidak sekadar memulai, mengeluarkan modal, menjalani, lalu keberhasilan dan keuntungan akan datang begitu saja. Dalam perjalanannya tentu kamu akan menemukan tantangan atau masalah. Jika kamu berhasil melewatinya, tentu bisnismu akan mulai berhasil. Tapi jika tidak, kamu harus siap menghadapi kegagalan. Sebab itu memilih rekan bisnis yang dapat berkomitmen merupakan suatu keharusan. Komitmen kamu dan rekan bisnismu menjadi penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan kegagalan yang pasti datang. Selain itu, komitmen juga penting agar kalian terus bertahan walaupun sedang dihadapkan dengan masalah.

3. Dapat Dipercaya

Rekan bisnis harus dapat dipercaya. Sumber: pexels.com

Tips ketiga dalam memilih rekan bisnis yang tepat adalah pilihlah seseorang yang dapat dipercaya. Kepercayaan merupakan modal awal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Pilihlah rekan bisnis yang tidak hanya dapat dipercaya karakternya, tetapi juga bisa dipercaya dalam menjalani tugas dan tanggung jawab. Rekan bisnis yang dapat dipercaya akan membuat kamu lebih nyaman mengelola bisnis tanpa adanya rasa curiga atau keraguan apapun.

4. Memiliki Keterampilan yang Saling Melengkapi

Selanjutnya tips dalam memilih rekan bisnis yang tepat ialah pilihlah seseorang yang memiliki memiliki keterampilan khusus yang dapat melengkapi keterampilan. Dalam melakukan kerjasama dengan rekan bisnis, kamu dan rekan bisnis diharuskan untuk saling melengkapi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebab itu, kamu dan rekan bisnis harus dapat bekerjasama baik dengan cara saling melengkapi berbagai kekurangan dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan memiliki keterampilan khusus yang berbeda denganmu, sehingga keterampilan tersebut akan saling melengkapi dan dapat menyempurnakan bisnis yang kamu miliki.

5. Memiliki Kondisi Keuangan yang Cukup Stabil

Pastikan rekan bisnis kamu memiliki keuangan yang stabil. Sumber: pexels.com 

Dalam berbisnis tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga dibutuhkan rekan bisni yang mempunyai kondisi keuangan yang stabil. Dengan modal yang cukup dapat menggerakkan dan memajukan bisnis kearah yang lebih baik. Selain itu, dengan perputaran modal yang baik tentunya akan banyak inovasi yang tercipta. Hal ini tentunya akan memicu pertumbuhan serta potensi perkembangan bisnis yang pesat. Namun, perlu diperhatikan untuk memiliki komitmen di awal untuk berbagi modal dan keuntungan dengan seadil-adilnya untuk menghindari kesalahpahaman kedepannya.

6. Jujur & Bertanggung Jawab

Tips keenam yang dapat kamu pertimbangan dalam memilih rekan bisnis adalah pilihlah rekan bisnis yang jujur dan bertanggung jawab. Dalam bisnis tentu pernah mengalami konflik, tetapi dengan rekan kerja yang bertanggung jawab masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Dalam hal ini jujur bukan hanya mengenai masalah keuangan atau finansial saja, tetapi juga keseluruhan aspek bisnis. Rekan bisnis yang dapat dipercaya dan terbuka akan bisa memberikan maupun menerima masukan atau kritik yang jujur. Pastikan pula rekan bisnis yang kamu pilih juga bertanggung jawab sehingga pembagian kerja bisa benar-benar ditangani dengan baik dan tidak berhenti di tengah jalan.

7. Menerima Kritik Serta Masukan

Pastikan rekan bisnimu dapat menerima kritik dan saran. Sumber: pexels.com

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan harus terus belajar agar kesalahan yang sama tidak terulang. Ketika menjalani usaha bersama tentunya akan ada banyak masukan atau kritik yang harus dihadapi saat menjalankan bisnis bersama. Sebab itu, maka dalam milih rekan bisnis pastikan orang tersebut dapat terbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Maka, seluruh permasalahan yang timbul dapat diselesaikan secara baik dan akan meningkatkan kualitas bisnis kamu.

Nah, itu tips-tips memilih rekan bisnis yang tepat yang dapat kamu praktekan. Pastikan Anda memilih rekan bisnis yang tepat agar bisnis kamu dapat berkembang dengan baik dan meraih kesuksesan.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *