Tanggal:23 July 2024

Jangan Salah Pilih! Berikut Tips Memilih Sepeda Road Bike

Akhir-akhir ini, bersepeda santai menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat, lho. Bagaimana tidak, selain menyehatkan, bersepeda santai juga asik dilakukan sambil jalan-jalan bersama teman, keluarga, ataupun pacar. Setuju gak, nih, Sobat Vocasia?

Tentu saja, membeli sepeda berdasarkan kebutuhan kamu adalah langkah pertama untuk memulai. Nah, jika kamu ingin membeli sepeda road bike murah dan berkualitas, kamu harus tau cara memilihnya terlebih dahulu. Berikut ini Vocasia akan membagi tips memilih sepeda road bike. Baca terus sampai habis!

Tips Memilih Sepeda Road Bike Terbaik

Ilustrasi Road Bike (Sumber: Freepik.com)

Bersepeda menjadi salah satu olahraga paling populer di masa pandemi Covid-19. Bahkan, semakin banyak muncul seiring berjalannya waktu. Lebih dari sekadar rekreasi bersepeda, banyak orang menghabiskan liburannya dengan bersepeda bersama teman dan komunitas. Nah, berikut adalah tips memilih sepeda road bike buat kamu yang ingin membelinya!

1. Sesuaikan Kebutuhan

Ilustrasi Road Bike (Sumber: Freepik.com)

Sepeda road bike terdiri dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan kamu. Masing-masing memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri, dan memahami perbedaan itu penting untuk membuat acara bersepeda kamu lebih nyaman. Kalau kamu hanya ingin berkendara di trotoar atau off-road, membeli sepeda cyclocross atau gravel adalah pilihan yang terbaik.

Sedangkan sepeda road bike tipe endurance cocok untuk bersepeda jarak jauh. Karena didesain dengan komponen yang berbeda untuk meredam goncangan di medan tertentu. Posisi pengemudi juga dinilai lebih rileks dan nyaman saat berkendara secara langsung.

Baca Juga : Sudah Tahu Perbedaan Olimpiade Musim Panas Dan Dingin ?

2. Pertimbangkan Bobot dan Kenyamanan

Bobot dan kenyamanan menjadi pertimbangan penting sebelum memutuskan memilih sepeda road bike yang murah. Karena kendaraan ramah lingkungan ini terbuat dari bahan baku, seperti aluminium, karbon, chromoly atau baja. Ketiga jenis bahan tersebut masing-masing memiliki kelebihan, salah satunya terkait dengan berat bahan.

Jika ingin menjaga harga tetap murah, membeli road bike aluminium adalah pilihan yang tepat. Sepeda road bike dari karbon relatif ringan. Untuk pengendara yang lebih menyukai penyerapan goncangan yang baik, lebih baik kamu membeli sepeda balap yang terbuat dari material steel.

3. Gearing

Ilustrasi Gearing (Sumber: Freepik.com)

Tentu saja, bagi pengendara sepeda balap, kecepatan dan kekuatan motor mereka adalah kunci dalam menentukan kemenangan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui gearing untuk sepeda road bike yang kamu pertimbangkan untuk dibeli. Secara umum, semua gearing sepeda balap dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan kamu.

Dengan kata lain, jangan tergiur dengan harga road bike murah. Sebelum membelinya, sebaiknya kamu melakukan riset tentang spesifikasi dan keunggulan sepeda ideal kamu. Metode ini akan membantu kamu menemukan sepeda balap terbaik untuk kebutuhan kamu.

Baca Juga: 10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Penting Banget Untuk Tubuh!

4. Handlebars

Sepeda biasanya terlihat rapi dan bersih karena kabel-kabel sudah dimasukan ke dalam frame sepeda, yang terlihat di setang (handlebars) sepeda hanyalah tuas rem/shifter/brifter saja. Jadi, jika kamu ingin memasang perangkat, gadget, GPS, atau kamera GoPro, area stang cukup besar dan aman dari kabel.

Bentuk lekukan pada setang road bike juga bervariasi. Hal ini tentu sulit untuk merasakan efeknya, tetapi biasanya jika kamu sudah lama menggunakannya atau sudah terbiasa, kamu bisa merasakan dan membayangkan perbedaannya setelahnya.

Handlebars yang lebih tua cenderung memiliki penurunan yang lebih dalam dan jangkauan yang lebih panjang. Khusus untuk orang Asia, mereka biasanya memegang gagang atas lebih panjang daripada yang bawah karena jangkauan setang yang lebih rendah. Sedangkan sepeda baru, memiliki reach dan drop yang sedikit lebih pendek. Posisi yang lebih nyaman saat menunduk membuat tubuh kita semakin nyaman dalam posisi aerodinamis.

baca juga : Pertama Kali Lari Maraton? Berikut Tipsnya!

5. Penawaran Harga

Semakin tinggi kualitas produk yang ditawarkan, otomatis harga yang ditawarkan juga semakin tinggi. Ini juga berlaku untuk sepeda road bike, dengan harga eceran produk berkualitas tinggi. Jika kamu tertarik dengan sepeda road bikeyang berkualitas, kamu harus secara otomatis merencanakan sedikit lebih banyak uang daripada membeli sepeda biasa.

Memiliki sepeda berkualitas memang menggiurkan, tetapi pastikan itu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sepeda jalan yang berkualitas lebih cocok untuk atlet yang ingin bertanding di lapangan. Tapi, kamu tidak perlu takut isi kantong akan ludes seketika, karena kamu bisa membeli sepeda balap di toko online dengan penawaran menarik yang tersedia.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bisa Tingkatkan Performa!

6. Tes Ride Sebelum Membelinya

Bermacam-macam sepeda balap murah memang menggiurkan, tetapi pelanggan yang cerdas tentu tidak tergiur untuk segera membelinya. Tidak ada salahnya mencoba mengendarai sepeda balap untuk mengetahui kualitas dan kenyamanan ketika menggunakannya. Cara ini dapat kamu lakukan untuk menemukan sepeda terbaik yang pernah dicoba.

Siapa yang mengira bahwa membeli sepeda jalan tidak akan semudah kedengarannya? Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perbedaan medan yang harus kamu taklukkan. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa road bike impian kamu telah hadir dan dilengkapi dengan fitur dan aksesoris yang sesuai kebutuhan.

baca juga : sudah tahu sepakbola amputasi ?

7. Ukuran yang Sesuai dengan Postur Tubuh

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui ukuran road bike yang sesuai dengan postur tubuh kamu. Model sepeda biasanya datang dalam berbagai ukuran, tetapi tidak semua sepeda jalan memiliki semua ukuran. Namun, yang terpenting adalah mengetahui ukuran sepeda yang akan kamu gunakan.

Ukuran sepeda dapat ditentukan dengan huruf XS (ekstra kecil), S (kecil), M (sedang), L (besar), XL (ekstra besar) atau dengan angka (ukuran rangka) dan ukuran roda, tidak ada standar khusus terkait ukuran tersebut. Merek sepeda yang berbeda dapat menghitung ukuran secara berbeda. Jadi, bacalah panduan untuk merek yang kamu beli untuk menemukan ukuran yang tepat. Namun, jika kamu mengukur sendiri, kamu dapat menggunakan tabel ukuran sepeda untuk menemukan ukuran yang tepat.

Untuk rangka sepeda, yang diukur adalah panjang seat tube rangka sepeda, yaitu jarak dari titik pusat pedal (bottom bracket) ke titik tempat masuknya seat post (tempat duduk). Rangka sepeda jalan diukur dalam sentimeter, dan rangka sepeda gunung dalam inci. Cara termudah lain adalah pergi ke toko sepeda dan minta diukurkan, cepat dan praktis. 

Baca Juga: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? 

Demikian tips memilih sepeda road bike versi Vocasia. Jangan lupa untuk membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya. Tetapi, selain melakukan aktivitas produktif olahraga rutin, kamu juga dapat mengikuti kelas Productivity Hacks yang disediakan oleh Vocasia agar kamu lebih produktif lagi dan terhindar dari menunda-nunda pekerjaan. Yuk, ikuti kelasnya sekarang juga!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *