Tanggal:17 May 2024

Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Sebuah pertanyaan yang sering diperdebatkan, sebenarnya lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga, sih? Nyatanya, saat kita berolahraga, tubuh kita membutuhkan energi untuk bergerak. Jadi, gak jarang sebagian orang menyehatkan tubuhnya dengan mengonsumsi beragam makanan untuk bekal energi.

Namun, beberapa orang merasa tidak nyaman untuk makan sebelum berolahraga. Maka dari itu, mereka memilih untuk makan setelah latihan berolahraga. Buat kamu yang bingung memilih lebih baik makan dulu atau olahraga dulu, yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui perbandingannya!

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Skinny Fat!

Funfact Makan Sebelum Olahraga

Ilustrasi Olahraga (Sumber: freepik.com)

Faktanya, beberapa orang lebih suka makan sebelum berolahraga karena satu dan lain alasan. Hal ini juga diakui dalam dunia kesehatan, dan tidak akan berpengaruh besar atau signifikan ketika tubuh bergerak. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang makan sebelum berolahraga:

1. Memilah-milah Sumber Makanan

Berdasarkan penelitian dari University of Limerick di Irlandia, menemukan bahwa mereka yang makan lebih awal melaporkan kinerja olahraga yang lebih baik saat berolahraga selama lebih dari satu jam. Tetapi untuk produksi energi yang optimal, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.

Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi makanan atau snack yang tinggi karbohidrat, protein, dan rendah lemak. Mengapa? Ini karena karbohidrat memberi tubuh senyawa glikogen yang dibutuhkan untuk latihan. Di sisi lain, makan protein lengkap seperti ayam atau daging sapi tanpa lemak sebelum berolahraga meningkatkan pemulihan otot di tubuh kamu, loh.

Baca Juga: 10 Makanan Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet!

2. Waktu yang Direkomendasikan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan olahraga kamu, cobalah untuk makan sekitar 2-3 jam sebelum latihan. Namun, beberapa orang tidak bisa makan makanan “berat” sebelum berolahraga. Untuk itu, Sobat Vocasia bisa mengonsumsi camilan sehat, seperti oatmeal, produk gandum utuh, yogurt, atau buah segar sekitar 30 menit sebelum latihan. Eits, tetapi waktu-waktu tersebut akan berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing orang, ya!

Baca Juga: 10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Penting Banget Untuk Tubuh!

3. Berisiko Sakit Perut

Makan sebelum berolahraga adalah hal yang normal, tetapi kamu juga harus mewaspadai risiko yang dirasakan. Bagi sebagian orang, makan terlalu banyak sebelum berolahraga dapat menyebabkan sakit perut atau menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman. Sensasi seperti mulas ini disebabkan oleh gas “naik” di perut bagian atas. Untuk mencegahnya, istirahatlah antara makan dan berolahraga. Makanlah setidaknya satu jam sebelum kamu mulai berolahraga.

Selain itu, pada pendirian Klinik Cleveland, hindari jenis makanan berikut untuk mencegah sakit perut sebelum olahraga:

  • Makanan berminyak dan tinggi lemak
  • Alkohol
  • Minuman tinggi kafein
  • Pasta dalam jumlah banyak
  • Minuman soda atau berkarbonasi
  • Makanan yang dipanggang
  • Makanan dengan tambahan gula atau pemanis buatan
  • Terlalu banyak serat
  • Susu

Funfact Makan Sesudah Olahraga

Ilustrasi Olahraga (Sumber: freepik.com)

Lalu, bagaimana jika dibandingkan dengan makan sesudah berolahraga? Tenang, makan sebelum dan sesudah berolahraga sebenarnya tidak memiliki efek khusus pada tubuh kamu. Pengisian energi pasca-latihan tidak begitu penting bagi kesehatan kamu.

Bahkan menurut Jennifer McDaniel, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip dari dailyhealth.com, sangat penting untuk memulihkan nutrisi penting setelah latihan ketahanan atau latihan kekuatan yang intens. Olahraga berintensitas tinggi yang dimaksud, seperti bersepeda selama 90 menit atau angkat beban. Nah, berikut ini beberapa fakta unik tentang makan sesudah olahraga:

1. Membantu Memulihkan Otot

Saat kita berolahraga, terutama saat berolahraga dengan intensitas tinggi, otot kita menggunakan glikogen sebagai “sumber bahan bakar”. Asosiasi Olahraga Internasional mengatakan ini dapat menyebabkan pengecilan otot, penipisan, dan bahkan penipisan glikogen. Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan protein untuk mengisi kembali glikogen. Salah satunya adalah makanan setelah berolahraga. Mendapatkan nutrisi yang tepat setelah berolahraga akan membantu tubuh kamu memperbaiki otot yang rusak.

Baca Juga: Perbedaan Bulking Vs Cutting, Mana Yang Cocok Untuk Membentuk Tubuh Idealmu? 

2. Perbanyak Protein dan Karbohidrat

Lalu, makanan apa yang harus dimakan setelah berolahraga? Buat Sobat Vocasia yang belum tau, makan banyak karbohidrat dan protein setelah berolahraga sangat penting, loh. Seperti yang diketahui, olahraga menyebabkan pemecahan protein pada otot kamu.

Maka dari itu, menurut Journal of the International Society of Sports Nutrition, mengonsumsi protein dalam jumlah yang tepat setelah berolahraga, dapat memberi tubuhmu asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan membangun kembali protein itu. Hal yang sama berlaku untuk konsumsi makanan kaya karbohidrat. Tubuhmu membutuhkan “persediaan” energi, seperti karbohidrat, untuk membuat kamu tetap bergerak setelah berolahraga.

Baca Juga: Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

3. Jangan Menunda Waktu Makan

Sama seperti aturan makan sebelum berolahraga, waktu makan juga harus diperhatikan. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein sesegera mungkin setelah latihan. Sekitar 45 menit setelah latihan kamu, atau hingga 2 jam.

Menunda makan terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, pemulihan bukan hanya tentang apa yang kamu makan setelah berolahraga. Pastikan untuk makan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein seimbang setiap tiga sampai empat jam sekali.

Baca Juga: Jangan Salah, Bahaya Olahraga Saat Perut Kosong!

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tahukah kamu? Minum cukup air sebelum dan sesudah berolahraga itu penting banget, loh. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, ini memastikan tubuh dapat bekerja sesuai fungsinya. Selama berolahraga, tubuh kehilangan air dan elektrolit melalui keringat.

Mengisi ulang dengan minum air putih setelah latihan membantu pemulihan dan kinerja fisik. Bergantung pada intensitas latihan individu, kebutuhan hidrasi kamu untuk menebus apa yang “hilang” tentu akan bervariasi. Tetapi, cara terbaik untuk mengisi kembali cairan dengan cepat adalah ketika memasuki waktu ke 90 menit olahraga.

So, Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Ilustrasi Olahraga (Sumber: freepik.com)

Berbagai fakta tentang makan sebelum dan sesudah berolahraga sudah dibahas, makan sebelum dan sesudah berolahraga sama-sama baik untuk tubuh. Semua kembali ke pilihan dan preferensi kamu. Yang paling penting adalah memperhatikan asupan dan aturan lainnya, seperti yang disebutkan di atas. Kira-kira, Sobat Vocasia pilih yang mana, nih? 

Demikian penjelasan terkait makan sebelum atau sesudah olahraga. Sebenarnya, makan sebelum atau sesudah berolahraga tergantung pada suasana hati dan pada apa yang kamu rasakan. Sebaiknya, setiap orang harus mengukur sendiri apakah makan sesuatu sebelum atau sesudah berolahraga membuat mereka merasa lebih baik atau sebaliknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *