Tanggal:17 June 2024

Tips Memulai Menjadi Pengusaha Muda Sukses Untuk Pemula

Ingin jadi pengusaha di usia muda tetapi masih belum tahu langkah-langkah yang harus diambil apa saja? Vocasia dengan senang hati akan memberikan tips-tips keren untuk kamu yang baru saja mau memulai menjadi pengusaha muda sukses, nih, kawan-kawan!

Kamu pasti selama ini sudah mengamati aktivitas toko-toko atau bisnis besar yang saat ini banyak digandrungi oran-orang, kan? Hal itu wajar dilakukan untuk meyakinkan dirimu jika berbisnis dan menjadi pengusaha itu juga hal yang bagus untuk kamu.

Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses:

Berikut Vocasia sudah merangkum tips-tips memulai menjadi pengusaha muda sukses untuk pemula:

1. Tekun dan kerja keras

Sifat tekun dan kerja keras sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis. Jika kamu menjalaninya malas-malasan dan setengah hati, maka bisnismu tidak akan berjalan sesuai bayanganmu.

Mulai sekarang coba untuk belajat tekun dan selalu bekerja keras, walau lelah itu akan membuatmu menjadi terbiasa. Kamu juga akan menjadi pribadi yang kuat karena hasil dari ketekunan dan kerja keras dapat mengubah mentalmu. Mentalmu akan lebih kebal dibanding hari sebelumnya.

2. Berani menantang diri sendiri

Kamu tipe yang maunya mengambil hal yang mudah dilakukan? Lebih baik kamu kurangi sifat seperti itu dan mulai ambil langkah lain yang lebih menantang!

Menantang diri sendiri adalah langkah bagus untuk menciptakan keberuntungan di depan sana. Kalau kamu sudah merasa ada di zona nyamanmu saat ini, kamu harus mencoba hal lain untuk mendapatkan progres yang jauh lebih besar langkahnya. Jangan diam di situ saja, ya!

3. Lakukan karena passion

Jangan dirikan sebuah bisnis hanya karena ikut-ikutan bisnis orang lain yang sudah hebat. Buatlah bisnis yang setidaknya kamu sukai dan kamu senangi saat menjalankannya. Dengan begitu, kamu akan senang dalam membangun bisnis barumu itu.

Baca juga: Kenali 9 Faktor Yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis Kamu!

4. Fokus pada satu peluang bisnis

Jika kamu masih ragu mau mengambil bisnis di bidang apa, mohon dipikirkan terlebih dahulu matang-matang. Kamu harus fokus pada satu bidang jika kamu baru ingin memulai sebuah bisnis.

Pernahkah kamu melihat pebisnis yang dari 0 memulai bisnisnya langsung dengan 3 bidang yang berbeda? Hal itu hampir tidak memungkinkan, sekalipun pebisnis itu keturunan konglomerat.

Baiknya, kamu fokus pada satu peluang bisnis. Misalnya pada bisnis baju, celana, topi, seragam, laundry, makanan, dll. Hal itu dapat membuat bisnismu lebih cepat berkembang daripada memilih lebih dari satu peluang bisnis, kamu akan kerepotan sendiri nantinya.

5. Berani mengambil risiko

Seseorang yang memiliki jiwa-jiwa orang sukses pasti berani mengambil risiko. Tidak berani mengambil risiko adalah tindakan yang dilakukan oleh orang malas dan pengecut. Ingat, kamu jangan jadi orang yang termasuk ke dalam golongan ini, kamu harus berani ambil risiko untuk kesuksesan bisnismu.

6. Pengusaha sukses itu percaya diri

Dalam berbisnis, kamu dipaksa untuk percaya diri untuk apa yang kamu jual. Jika kamu menjual jasa, jasa harus memastikan jasa yang kamu miliki adalah yang terbaik yang kamu usahakan. Kemudian jika kamu menjual produk, kamu harus yakin bahwa produk yang kamu jual adalah produk bagus yang bukan abal-abal.

Jika apa yang kamu jual adalah produk/jasa terbaik, maka kepercayaan dirimu semakin meningkat. Lalu jika kepercayaan dirimu meningkat, kamu akan dilihat calon customer-mu sebagai pebisnis yang baik dan keren.

7. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Menguasai segalanya tentang bisnis yang mau kamu mulai adalah hal terpenting. Kamu akan dihadapkan kegagalan di awal berbisnis ataupun di pertengahan. Jika kamu sudah menguasai apapun yang berkaitan dengan bisnismu, kamu akan percaya dengan pengetahuan yang sudah kamu miliki.

8. Selalu mau belajar dari orang lain

Jangan sombong dan belajarlah dari orang lain. Lihat ke sekelilingmu, pantaulah bisnis-bisnis orang lain yang saat ini sedang pesat. Kamu akan mengetahui tips dan trik bagaimana para penjual bisa menjalankan bisnisnya dengan baik.

9. Hiduplah dengan sederhana

Menjadi pebisnis itu jangan menjadi boros. Mentang-mentang omzetmu di awal melambung tinggi, kamu malah hobi menghambur-hamburkan uang dengan profitmu itu. Kamu harus menjadi sederhana jika ingin uangmu terus bertambah dan menjadi banyak.

10. Belajar dari kegagalan

Kegagalan bukan suatu akhir yang buruk melainkan sebuah batu krikil yang akan membuatkan berpikir dan memperbaiki diri. Kegagalan adalah sinyal bahwa kamu salah langkah. Jangan menyerah, teruslah berjalan!

Baca juga: Bisnis Franchise Di Bawah 5 Juta, Mau Coba?

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *