Tanggal:11 May 2024
Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

WIB Tokopedia merupakan salah satu program promosi yang bertujuan untuk meningkatkan minat beli masyarakat. Bagaimana cara daftarnya?

WIB sendiri adalah singkatan dari Waktu Indonesia Belanja. Ini merupakan program promosi dari Tokopedia yang bisa membantu pebisnis online untuk meningkatkan penjualannya.

Campaign WIB Tokopedia ini diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir bulan. Selama event, pelanggan bisa berbelanja produk incarannya dengan harga terbaik. Hal ini pun dijadikan sebuah ajang bagi para seller untuk mempromosikan produknya. Jadi, bisa meraup keuntungan yang maksimal.

Selama event promosi WIB dari Tokopedia ini, ada beragam jenis penawaran menarik yang bisa seller bagikan kepada para pelanggan, di antaranya:

  • Flash Sale

Flash sale ini merupakan jenis penawaran produk dalam jumlah tertentu dengan waktu yang terbatas. Dengan mengikuti program ini, produk-produk toko online kamu yang berpartisipasi akan muncul pada halaman pertama Tokopedia.

Jadi, pelanggan bisa menemukan produk kamu secara lebih cepat dan mudah. Biasanya, flash sale di Tokopedia berlangsung setiap 2 jam sekali. Mulai dari pukul 08.00-00.00.

  • Kejar Diskon

Jenis penawaran lain yang bisa kamu ikuti selama event WIB dari Tokopedia, yakni Kejar Diskon. Ini merupakan program penawaran khusus yang bisa diikuti oleh berbagai brand. Dengan menawarkan berbagai diskon produk.

Mirip dengan flash sale, Kejar Diskon juga berlaku pada jam-jam tertentu. Namun, nominal diskonnya jauh lebih besar hingga 90% dari harga aslinya. Oleh karena itu, program Kejar Diskon bisa membantu kamu untuk memperoleh lebih banyak penjualan.

Ada berbagai kategori produk yang bisa mengikuti program Kejar Diskon. Mulai dari produk kecantikan, produk kesehatan, produk rumah tangga, elektronik, makanan dan minuman, kebutuhan ibu dan anak, kebutuhan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

  • Promo Cashback

Selama periode Waktu Indonesia Belanja (WIB) dari Tokopedia, kamu sebagai seller juga bisa memberikan promosi cashback. Promosi cashback yang bisa didapatkan oleh pelanggan ini mencakup berbagai metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit, kartu debit, pembayaran melalui GoPay, dan lainnya.

Nominal cashback yang kamu bagikan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini bisa jadi strategi penjualan yang cukup efektif karena penjual dan pembeli akan sama-sama diuntungkan.

Apalagi pelanggan, mereka bisa mendapatkan harga produk lebih murah ditambah dengan cashback yang dapat digunakan kembali untuk berbelanja.

  • Gratis Ongkir

Jenis penawaran lainnya yang bisa seller berikan kepada pelanggan agar banjir orderan selama periode WIB dari Tokopedia, yakni promo gratis ongkir. Dengan mengaktifkan promo ini, pelanggan yang berbelanja di toko online kamu bisa mendapatkan produk incarannya tanpa harus mengeluarkan biaya pengiriman.

Adanya promo gratis ongkir biasanya menjadi kesempatan bagi pelanggan untuk berbelanja lebih banyak. Sebab, mereka tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk ongkos kirim.

Jadi, ini bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat bagi penjual jika ingin meningkatkan pendapatan usaha.

Keuntungan Daftar WIB Tokopedia bagi Seller

Ada tiga jenis keuntungan yang bisa diperoleh seller selama berpartisipasi dalam event Waktu Indonesia Belanja dari Tokopedia, di antaranya:

1. Mendapat Atribut Promosi

Ketika kamu mendaftarkan toko online dalam program Waktu Indonesia Belanja dari Tokopedia, produk yang lolos seleksi akan mendapatkan atribut promosi. Berupa label di halaman pencarian produk dan halaman produk.

Atribut promosi akan otomatis dipasang pada produk yang sudah didaftarkan melalui Promo Tokopedia dengan syarat:

  1. Jumlah produk yang akan diberikan atribut promosi tergantung pada Paket Promosi yang dipilih:
  • Program WIB Lite: 5 produk (Promo Hari Ini)
  • Program WIB Premium: 10 produk (WIB)
  • Program WIB Premium MAX: 10 produk (WIB)
  1. Produk yang didaftarkan harus sesuai dengan kriteria kampanye yang tertera di halaman Promo Tokopedia dan tetap akan melalui proses kurasi dari tim Tokopedia. Tim Tokopedia berhak untuk menerima atau menolak pengajuan produk. Apabila produk tidak sesuai kriteria, Seller tidak akan mendapatkan atribut promosi.

Perlu kamu ketahui juga bahwa atribut promosi ini akan terus disematkan di produk Seller selama masa promosi berlangsung dan tidak bisa dihilangkan.

2. Mendapat Banner Khusus di Halaman Toko dan Etalase WIB

Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh jika berpartisipasi dalam program WIB Tokopedia, yakni mendapatkan banner khusus di halaman toko dan etalase. Untuk Seller dengan program WIB Premium dan Premium MAX, Banner dan Etalase ini akan terus ada di halaman toko kamu selama promosi Waktu Indonesia Belanja berlangsung.

Melansir laman resmi Tokopedia, Banner dan Etalase akan otomatis dipasang pada Halaman Toko. Dengan syarat minimal 1 produk terdaftar sesuai dengan kriteria Promo Tokopedia dan lolos seleksi oleh Tim Tokopedia.

Apabila semua produk yang didaftarkan tidak sesuai kriteria, maka Seller tidak akan mendapatkan keuntungan ini.

3. Mendapat Kesempatan Tampil di Halaman Strategis

Seller Tokopedia yang mendaftar event WIB juga akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di halaman strategis. Jadi, toko online kamu dapat dilihat oleh banyak calon pembeli, asalkan produk sesuai dengan kriteria.

Produk dari Program WIB Lite akan muncul di halaman Promo Hari Ini bagian Serba Promo, sedangkan produk dari Program WIB Premium & Premium MAX akan muncul di halaman WIB.

Penulis: Ahmad Rayyan

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok A

Vocasia – Batch #4

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *