Tanggal:12 May 2024
Badge Power Tokopedia

Badge Power Tokopedia

Apa itu Badge Power di Tokopedia?

Tokopedia memiliki layanan khusus terkait pemberian reputasi yaitu Reputasi Toko. Apabila toko online Anda mendapatkan reputasi yang semakin tinggi, tandanya toko Anda dipercaya betul oleh konsumen, sekaligus Tokopedia pun akan menyediakan berbagai akses fitur yang dapat mempercepat proses penjualan Anda. 

Apa itu Reputasi Toko?

Nah, bagi kalian yang belum tahu, reputasi toko adalah salah satu fitur didalam Tokopedia yang berfungsi sebagai bentuk penghargaan kepada gerai tersebut sebagai gerai kepercayaan berdasarkan penilaian konsumen, penilaian Tokopedia, dan lainnya. Reputasi toko dalam Tokopedia dibuat dengan bentuk badge dengan berbagai tingkatan. Semakin tinggi badge yang kalian miliki, akan memperbesar peluang untuk meraih pembeli yang lebih luas dan semakin terpercaya juga toko anda di platform Tokopedia. 

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Reputasi Toko? 

Ada dua yaitu penilaian pembeli dan penilaian sistem Tokopedia.

Faktor yang pertama yaitu penilaian atau reputasi dari pembeli. Apabila proses pembelian telah selesai, maka pembeli dapat memberikan penilaian terhadap kualitas produk serta pelayanan toko Anda dengan menggunakan simbol smiley. Simbol smiley punya tiga jenis penilaian yaitu Puas, Netral, dan Kecewa. Penilaian puas akan menambahkan 2 poin untuk badge Anda, Netral berarti tambah 1 poin, sedangkan Kecewa berarti berkurang 1 poin. Faktor yang kedua adalah Tokopedia akan memberikan penilaian dengan dua metode, yaitu order berturut-turut dan kenaikan badge Reputasi Toko dalam kurun waktu tertentu. Anda sebagai penjual akan mendapatkan tambahan poin jika mampu menyelesaikan order, tanpa adanya pembatalan dari pihak pembeli maupun Anda sendiri. Jika badge Anda naik dalam kurun waktu tertentu, maka Anda memiliki hak untuk memperoleh tambahan poin Reputasi Toko berdasarkan level.

Tips Menghindari Penalti Reputasi Toko

Yang pertama, untuk menghindari ignore shipping, sebaiknya Anda selalu rutin melakukan pengaturan Tokopedia seperti memeriksa bagian Konfirmasi Pengiriman dan jangan lupa untuk upload resi pengiriman sebelum deadline atau jatuh tempo.

Kedua, untuk menghindari reject shipping, Anda harus memastikan bahwa stok produk toko Anda masih tersedia. Sebab, pembatalan pesanan kerap kali terjadi akibat stok produk yang tertera ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya, alhasil, pembeli berpikir bahwa produk Anda itu masih bisa dipesan.

Yang terakhir, ketahui informasi terbaru dari Tokopedia, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan batas waktu proses pesanan dan konfirmasi pengiriman, fitur penjualan, sampai sistem penalti Reputasi Toko. Hal ini berguna supaya Anda bisa mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

Penulis: Ahmad Rayyan

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok A

Vocasia – Batch #4

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *