Tanggal:15 May 2024
Kata mutiara untuk bertemu kembali - @pexels.com

6 Ide Usaha Cocok Kamu Coba Bareng Sahabat!

Memiliki sahabat yang begitu mengenal pribadi masing-masing tentunya adalah salah satu hal terindah dalam hidup. Ketika kamu tahu ada yang bersedia disampingmu dalam keadaan suka dan duka, disitulah kamu bisa sebut sebuah persahabatan

Pernah berpikir, kedekatan kamu dengan sahabat ini dapat menghasilkan hal yang menguntungkan? Sepertinya akan sangat menyenangkan menjalankan bisnis bersama orang terdekat yang kamu miliki. Walaupun begitu, risiko yang tidak dapat dihindari adalah bisnis yang kalin kelola mungkin saja membuat kalian berkonflik dan membuat hubungan persahabatan menjadi renggang.

Usaha yang cocok bersama teman

Kamu perlu memiliki keyakinan, bahwa sahabatmu layak untuk dijadikan rekan bisnis. Hal tersebut bisa kamu pertimbangkan ketika melihat kehidupannya sehari-hari. Bagi kamu yang sudah mengetahui rekan kerja yang tepat untuk bisnis, kamu bisa buat perencanaan terlebih dahulu. Nah, bagi kamu dan sahabatmu yang sedang berencana untuk membuat usaha tapi masih kebingungan usaha apa yang akan dibuat, berikut 7 ide usaha bersama teman atau sahabat yang bisa kamu coba!

1.      Kafe

Kafe menjadi usaha yang cocok bersama teman. Sumber: pixabay.com

Kamu dan sahabatmu punya kebiasaan menjelajahi kafe di setiap kota? Pernah memiliki mimpi untuk mengelola kafe sesuai dengan konsep kamu dan sahabat? Membuka kafe bisa jadi pilihan yang tepat, nih.

Dengan membuka kafe dengan sahabat, kamu bisa memiliki kafe dengan konsep dan menu sesuai yang kalian buat. Buat kamu yang hobi nongkrong dan kuliner, membuka kafe bisa jadi pilihan yang tepat, lho!

Kamu juga perlu pikirkan modal yang nantinya akan dikeluarkan. Modal untuk membuat kafe ini bisa dibilang cukup besar. Namun, jika kafe tumbuh secara pesat bisa dimungkinkan kamu membangun banyak cabang di setiap kota.

Baca juga: Daftar penyanyi jazz Indonesia

2.      Franchise

Membeli franchise bisa digunakan untuk membangun usaha yang cocok bersama teman. Sumber: pixabay.com

Ketika kamu dan sahabat sangat ingin membangun suatu usaha dengan cara yang praktis, kamu bisa berbisnis dengan membeli franchise atau waralaba yang berpotensi dalam suatu daerah. Modal yang akan kamu keluarkan cukup setara dengan persiapan bisnis yang terlalu merepotkan dan memakan banyak waktu. Memiliki sahabat sebagai partner juga akan membuat kamu tidak menanggung biaya modal yang terlalu besar. Kamu bisa mulai  patungan dengan sahabatmu dan tentukan franchise atau waralaba apa yang akan kamu beli, ya!

Baca juga: Apa itu SEO marketing

3.      Jasa titip

Buka jasa titip untuk usaha yang cocok bersama teman. Sumber: pixabay.com

Kamu dan sahabat senang berjalan-jalan dan menghabiskan waktu untuk mengunjungi berbagai tempat? Mulai buka jasa titip saja! Usaha ini akan berhasil bagi kamu dan rekan kerja yang senang jalan-jalan.

Sistem kerja bisnis jasa titip ini bisa kamu dan sahabat lakukan dengan cara membelikan barang titipan yang tersedia di tempat tujuan kamu. Ketika sedang berada di suatu tempat atau lokasi, kamu dapat mempromosikan produk yang tersedia kedalam media sosial untuk jasa titip. Tarif yang digunakan untuk menitipkan suatu barang beragam. Jasa titip biasanya menawarkan barang yang ikonik dan branded  di suatu tempat.

Baca juga: Desain rumah di HP

4.      Travel agent

Travel agent untuk membangun usaha yang cocok bersama teman. Sumber: pexels.com

Bila kamu dan sahabatmu memiliki hobi jalan-jalan atau travelling ke suatu tempat mungkin usaha travel agent adalah pilihan yang tepat. Travel Agent bisa kamu buat dengan kelengkapan perjalanan domestic maupun perjalan luar negeri. Hal tersebut akan membuat kamu dan sahabatmu berkesempatan juga untuk mengunjungi berbagai belahan dunia.

Namun, kamu perlu memastikan bahwa travel agent yang kamu buat menyediakan service yang bagus dan profesional. Jasa yang bisa kamu tawarkan kepada pelanggan antara lain pemesanan pada tiket perjalanan, hotel, tempat rekreasi, dan penyedia tour guide.

Baca juga: Tips mengatur waktu

5.      Event organizer

Event organizer juga dapat menjadi usaha yang dikelola bersama teman. Sumber: pexels.com

Kamu dan sahabatmu yang punya karakteristik gaul dan lincah bisa mencoba usaha event organizer, nih. Kamu bisa mengelola usaha event organizer yang fokus pada satu konsep acara misalnya acara musik, pernikahan, atau acara-acara yang memerlukan bantuan decoration planner. Sesuaikan hal tersebut berdasarkan diskusi kamu dengan sahabatmu, ya!

Baca juga: Bisnis modal kecil

6.      Industri kreatif

Buat industri kreatif bersama sahabat. Sumber: pexels.com

Memiliki ketertarikan yang sama dalam industri kreatif juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan, lho! Kamu dan sahabatmu bisa saling berkolaborasi untuk melakukan ide-ide kreatif kalian. Industri kreatif yang bisa kamu bangun adalah jasa fotografi, kerajinan tangan, clothing line, advertising, dan sebagainya. Kamu dan sahabatmu bisa membuat brand sendiri dan menampilkan kreativitas versi kalian. Menarik bukan?

Nah, itu dia 6 ide usaha yang cocok kamu coba bersama teman atau sahabat! Untuk meningkatkan usaha yang sedang kamu rintis, kamu dapat mengikuti kelas Scale-Up Miracle untuk merencakan segala pengembangan usaha yang akan kamu buat disini. Butuh pelatihan lainnya seputar bisnis dan pemasarannya? kamu bisa akses dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Sejarah musik pop di Indonesia

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *