Tanggal:17 June 2024

10 Website Jurnal Gratis 2022

Bagi kaum akademis, mungkin mencari jurnal ilmiah atau jurnal akademik sudah seperti makanan sehari-hari. Biasanya jurnal ilmiah digunakan sebagai sarana komunikasi akademik antar ilmuwan, diseminasi hasil penelitian, pengembangan budaya akademik, sebagai bentuk pertukaran informasi untuk menghasilkan ide baru dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Selain itu, jurnal ilmiah juga digunakan sebagai dasar referensi penyusunan tugas akhir atau skripsi, tesis, disertasi, hingga artikel ilmiah. Sebab itulah jurnal memiliki keterkaitan yang erat dengan dunia pendidikan. Nah, jika kamu merasa sulit untuk menemukan sumber referensi, jangan khawatir!

Lantaran saat ini sudah banyak website penyedia jurnal ilmiah yang dapat diakses secara online dan gratis. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu. Mau tahu apa saja website jurnal gratis?  Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Situs Serta Aplikasi Pembuat Daftar Pustaka Dan Sitasi Bagi Mahasiswa

10 Daftar Website Jurnal Gratis

10 Daftar Website Jurnal Gratis. Sumber: pexels.com

1. E-resources.perpusnas.go.id

Website jurnal gratis pertama yang bisa kamu kunjungi untuk mencari jurnal nasional adalah melalui website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Sebelum kamu mengunduh jurnal yang tersedia di sana, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendaftar sebagai anggota dan membuat akun terlebih dahulu.

Lalu setelah akunmu sudah jadi, kamu bisa login kembali dengan nomor anggota yang telah terdaftar. Apabila kamu sudah resmi terdaftar, maka kamu bisa mengunduh jurnal di mana pun dan kapan pun secara gratis.

2. Google Scholar

Kamu tentunya sudah sering menggunakan situs Google, kan? Nah, Google Scholar juga mempunyai cara kerja dan fungsi yang sama dengan mesin pencarian tersebut. Bedanya, hasil pencarian di Google Scholar nantinya akan langsung diarahkan ke berbagai koleksi referensi ilmiah,  seperti buku, jurnal, artikel, dan karya-karya ilmiah lainnya.

Kemudian, setiap hasil pencarian juga dilengkapi dengan keterangan mengenai berapa kali karya tersebut dikutip, jumlah versinya, serta related articles untuk menelusuri lebih dalam artikel yang berkaitan dengan karya tersebut. Situs ini hadir dengan filter berdasarkan tahun penerbitan dan juga relevansi topik, sehingga memberikanmu kemudahan untuk menemukan jurnal dalam waktu singkat.

3. Oxford Academic

Tidak dapat dipungkiri, sumber referensi tidak harus berbahasa Indonesia. Seringkali, jurnal-jurnal asing banyak yang memberikan wawasan baru. Dari segi pembahasan pun, jurnal dari luar lebih menarik.

Namun, bukan berarti jurnal dari dalam negeri kurang menarik, ya. Hanya saja karena beda negara, maka banyak permasalahan yang berbeda pula. Maka tidak heran jika banyak peneliti yang memilih jurnal luar negeri. Salah satunya di Oxford Academic.

Oxford academic adalah situs tempat mencari jurnal internasional yang direkomendasikan. Sesuai dengan namanya, situs ini dikelola atau dimiliki oleh salah satu universitas yang cukup terkenal, yaitu Oxford University. Tentunya, jurnal pada website ini dapat kamu unduh secara gratis.

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Kuliah S1 Dan S2 2022

4. Microsoft Academic

Microsoft academic salah satu website jurnal nasional dan internasional yang tidak tidak kalah seru. Di website ini, kamu bisa menemukan lebih dari 48 ribu jurnal dengan banyak pilihan topik, mulai dari ekonomi, bisnis, sejarah, matematika, sosiologi, dan berbagai bidang ilmu lainnya.

Microsoft Academic juga mempunyai fitur filter yang sangat lengkap, di antaranya adalah pencarian berdasarkan topik dan subtopik, tahun terbit, author, institusi, reputasi, hingga seberapa banyak kutipan yang didapatkan oleh karya tersebut. Cara mendapatkan jurnal di Microsoft Academic pun relatif mudah. Cukup dengan mengetikan kata kunci atau topik jurnal yang dicari, maka akan keluar secara otomatis.

5. Researchgate.net

Website jurnal yang selanjutnya adalah researchgate.net. Portal ini berbentuk komunitas online yang berisi para peneliti. Di Tempat ini pula, para peneliti dibolehkan mengupload karya jurnal mereka. Kelebihan komunitas ini, bagi anggota yang sudah tergabung dapat mengajukan request jurnal secara gratis.

Syarat untuk masuk ke komunitas researchgate.net wajib menggunakan email institusi atau kampusmu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi IPTIK atau ICT kampus atau institusi masing-masing, maka nanti akan mendapatkan email student atau email khusus mahasiswa.

Kelebihan dari Researchgate memiliki proses kerja seperti social networking. Di mana situs ini menawarkan banyak fitur yang memudahkan pengguna fokus pada bidang-bidang tertentu. Penulis juga dapat berinteraksi dengan cara mengajukan pertanyaan ataupun melakukan diskusi dengan member yang tergabung di sana.

6. Lipi.go.id

LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia adalah salah satu lembaga pemerintahan non kementerian yang bergerak di bidang keilmiahan. LIPI menyediakan berbagai macam jurnal yang dapat diakses di “jurnal.lipi.go.id”.

Di situs online LIPI, berbagai jurnal dari beragam tema disediakan, seperti Kimia dan Fisika. Selain itu, jurnal-jurnal ini juga bisa diakses secara gratis. Dengan sarana ini, penerbit jurnal bisa menerbitkan jurnalnya secara full online.

7. Injern.com

Memang ada banyak tempat mencari jurnal Indonesia maupun luar negeri yang bisa kamu kepoin. Salah satunya web Ijern.com yang tidak lain dari International Journal of Education and Research.

Jurnal yang dipublikasikan di sini dikelola langsung oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications) yang mendedikasikan diri untuk menyediakan jurnal-jurnal yang membantu bagi peneliti, professional, mahasiswa ataupun para akademisi.

Baca juga: 8 Universitas Termahal Di Dunia, Biayanya Sampai 1 Milliar!

8. Doaj.org

Doaj atau Directory of Open Access Journal merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai jurnal internasional. Situs ini menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas tinggi dan bersifat open access, sehingga dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Semua jurnal yang disediakan disimpan pada directory website mereka dan dapat diakses secara gratis.

Doaj pun menyediakan sekitar 15 ribu jurnal dan 5 juta artikel dari 134 negara, termasuk Indonesia. Hebatnya, website ini hadir dengan tampilan sederhana dan fitur search yang komplit. Kamu dapat mencari jurnal sesuai judul, kata kunci, negara penerbit, bahasa yang digunakan, subjek, hingga nama penerbit.

9. Freefullpdf.com

Rekomendasi website jurnal gratis berikutnya yaitu freefullpdf.com. Selain jurnal, di sini juga ada paper dalam bentuk pdf. Jadi buat kamu yang lebih nyaman membaca versi pdf daripada versi secara online langsung, maka situs inilah yang pas.

Freefullpdf.com menyediakan berbagai jurnal publikasi ilmiah gratis dari berbagai bidang yang tersedia seperti Ilmu Kesehatan, Ilmu pengetahuan, Matematika, Fisika, Sosial dan Humaniora. Sebagai catatan, freefullpdf ini lebih mengkhususkan pada paper dan publikasi.

10. Academia.edu

Website jurnal yang satu ini dapat disebut sebagai media sosialnya para akademisi di dunia. Cara kerja Academia sendiri hampir mirip dengan Facebook. Hanya saja, dokumen yang mereka bagikan lebih fokus ke tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan.

Cara mengakes situs ini cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan akun melalui akun Google atau Facebook. Setelah itu, kamu dapat menjelajah seluruh jurnal yang ada di Academia.edu dengan bebas. Ada jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang bisa kamu akses melalui situs ini.

Baca juga: Wajib Datang! 7 Perpustakaan Terbaik Dan Nyaman Di Jakarta

Nah, itulah beberapa website jurnal gratis yang dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari-cari jurnal ilmiah sebagai referensi. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi yang kamu gunakan, ya. Karena mencantumkan sumber referensi salah satu bentuk pertanggungjawaban penulis akan keabsahan dan keoriginalan karya. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *